Sponsors Link

Dampak Positif Perang Dunia 2 yang Dirasakan Banyak Orang

Sponsors Link

Kita sudah membahas mengenai perang dunia pada artikel-artikel kami yang bisa anda temukan pada akibat Perang Dunia 2. Dalam perang dunia kedua sendiri terdapat beberapa peperangan yang sudah terkenal, salah satunya adalah perang dingin yang membawa dampak dan dampak Perang Dingin.

ads

Selain itu, ada juga ciri-ciri perang dingin yang juga menarik untuk kembali ditelusuri. Untuk bisa mengetahui penyebabnya, kita juga perlu lebih tahu dahulu mengenai penyebab khusus Perang Dunia 1. Kurang lebih, beberapa penyebab yang pernah ditemukans sebelumnya juga bisa kta lihat kembali pada perang ini. Namun bukan itu yang akan kita bahas kali ini. Pada perjumpaan ini, kita akan mengulas tentang apa saja dampak positif yang dibawa oleh Perang Dunia kedua. Tentunya sebuah peperangan tidak hanya meninggalkan efek negatif saja, namun juga ada beberapa efek baik seperti pada informasi di bawah ini :

1. Pentingnya Peran Wanita

Salah satu dampak positif dari perang duni yang paling bisa dirasakan adalah peran serta wanita yang sangat membantu sekali dikala perang dunia. Dengan begitu, wanita bisa lebih dihargai lagi dan hampir bisa disetarakan dengan laki-laki mengenai pekerjaan. Awalnya, mayoritas pria akan ditugaskan untuk membantu negara dalam prang dunia. Oleh  karena tu beberapa sektor dalam negara mengalami kekosongan. Lalu, para wanita berinisiatif untuk akhirnya memenuhi kekosongan itu dengan tenaga mereka sendiri. Dan dari situlah, ternyata pendapat wanita yang selalu lemah dibandingkan laki-laki bisa terpatahkan.

Pada masa ini, kita bisa melihat peran serta wanta juga dalam sektor kemiliteran. Di dunia sendiri, sudah dibentuk beberapa pasukan elit wanita terbaik. Pada negara kita sendiri, ada salahs atu perangkat militer Indonesia yang beranggotakan wanita, yakni syarat masuk TNI Wanita.

2. Timbulnya Negara Adidaya yang Lainnya

Negara Jepang, Inggris, dan beberapa negara Eropa lainnya merupakan negara-negara adidaya yang terus berkembang di era pre Perang Dunia ke dua. Setelah perang berlangsung, perekonomian mereka tentunya mengalami krisis. Kesempatan ini membuat negara-negara yang tidak dijajah mempunyai tingkat ekonomi yang amat stabil, seperti Amerika dan Uni Soviet.

Alhasil, kedua negara tersebut kembali membangun sektor militer mereka dengan keuangan yang ada, namun tentunya tidak sepenuhnya. Dari situlah, angkatan bersenjata terbaik di dunia dan personel militer terbaik di dunia mereka terlahir. Mereka terus mengembangkan aset yang mereka miliki dengan baik, berkiut dengan segala potensi dari mereka yang selalu ditingkatkan.

Sponsors Link

3. Lahirnya PBB

Pada masa post-Perang Dunia pertama, lembaga perdamaian dunia sudah terbentuk, dengan mana Liga Bangsa-bangsa, dimana disana hanya ada pembagian dua atau tiga kekuasaan saja. Hal ini justru yang menjadi pemciu terjadinya konflik pada perang dunia ke dua. Untuk mencegah hal tersebut kembali setelah perang dunia ke dua berakhir, akhirnya pada tahun 1945 dibentuklah PBB, atau Persertikatan Bangsa-Bangsa yang mencakup beberapa kekuatan besar. Kekuatan besar  tadi dibagi menjadi lima kekuasaan, Inggris, Perancis, Cina, Uni Soviet, dan Amerika Serikat. Tentunya dengan pembagian kekuasaan tersebut, tidak ada lagi pihak yang mengklaim bahwa kekuasaannya lah yang paling besar, karena semua sudah dibagi rata. Dengan dibaginya kekuasaan-kekuasaan tadi, hasilnya adalah rundingan PBB selalu bisa menyelesaikan mayoritas masalah-masalah yang ada di dunia. Dan ahsilnya pun juga tidak mengecewakan.

ads
4. Negara-negara Terjajah yang Merdeka

Salah satu dampak paling positif dari perang dunia ke dua adalah negara-negara yang terjajah akhirnya bisa merdeka, entah itu karena perjuangan mereka sendiri atau dengan melalui konsensus dengan lembaga perdamaian dunia. Namun sebagai contoh nyata, negara kita Indonesia bisa memanfaatkan ide ini dengan baik.

Kekosongan kekuasaan yang terjadi bisa dmanfaatkan demi kemerdekaan negara Indonesia. Memang hal itu bukan merupakan hal yang mudah. Namun atas jasa para pemuda yang kerap mendesak pemimpin kala itu, akhirnya kemerdekaan Indonesia bisa dicapai. Selain Indonesa, ada juaga negara-negara di Asia Tenggara yang berhasil merdeka, seperti Sri Langka dan juga Filipina.

5. Terpecahnya Beberapa Negara

Selain itu, ada juga efek-efek lainnya yakni perpecahan antara kedua negara. Namun efek ini bisa dibilang efek positif bagi sebagi masyarakat, karena mereka bisa terpisah dari otoriter pemerintahan yang tidak adil. Untung bagi masyarakat satu, namun buruk bagi masyarakat yang lainnya. Salah satu contohnya bisa kita lihat pada Konflik Korea Utara dan Korea Selatan dan juga dampak negatif Perang Dingin.

6. Dibentuknya Colombo Plan

Selain PBB, ada juga badan yang sangat berguna untuk mendukung kehidupan masyarakat di duni, yakni Colombo Plan. Badan ini dibentuk oleh Inggris guna untuk memajukan pembangunan nasiona di berbagai darah di Asia Pasifik. Sumber Daya Manusia yang harus dikembangkan dengan baik merupakan salah satu tujuan dari Colombo Plan.

7. Dilahirkannya Nato dan Pakta Warsawa

Selain badan kemanusiaan, dibentuk juga badan-badan untuk menjaga keamanan Internasional. Ada dua organisasi yang dibentuk oleh negara yang berbeda, NATO yang disponsori oleh Amerika Serikat, dan juga Pakta Warsawa, hasil dari ide Uni Soviet. Badan-badan tersebut difokuskan untuk menjaga keamaan bersama di negara-negara sekitarnya.

8. Lapangan Pekerjaan yang Bertambah

Lalu, dengan berakhirnya perang dunia ke dua, negara-negara yang terkait tentunya berusaha untuk membangun kembai ekonominya. Dari beberapa sektor yang dibangun, tentunya perlu diisi oelh sumber daya manusia yang banyak jumlahnya. Oleh karena itu, banyak orang akhirnya bisa mendapatkan kesempatan kerja setelah perang dunia berakhir.

9. Adanaya Point Four Truman

Program ini merupakan program penigngkatan kembali, atau bisa dibilang sebagai langkah pemulihan untuk wilayah-wilayah yang masih dibilang terbelakang di Asia. Dengan dibantunya negara-negara tersebut, diharapkan pada tahun-tahun berikutnya, negara tersebut bisa berdiri sendiri dengan mandiri.

10. Makanan Kaleng Kembali Eksis

Dengan praktinya makanan kaleng yang digunakan oleh tentara, mobilitas dan keefektifan makanan menjadi kembali populer dan bisa dinikmati oleh semua orang. Tentunya hal ini menjadi salah satu revolusi makan di dunia, dan tentunya dikembangkan hingga saat ini.

11. Teknologi Semakin Canggih

Dengan menyadari dampak teknologi yang begitu pesar dalam perang dunia, banyak negara berusaha untuk mengalihkan beberapa dana yang dimilikinya ke bagian tekbologi. Mereka bisa membuat teknologi yang lebih cangging untuk membantu hidup masyarakat. Sayangnya, bila teknologi tidak digunakan dengan hati yang baik, maka yang tercipta adalah senjata pemusnah masal yang bernama nuklir. Anda bisa melihat dampak lebih lanjut dari teknologi dan nuklir pada dampak nuklir terhadap lingkungan dan  dampak teknologi persenjataan.

12. Negara-negara Mulai Bersaing

Banyak negara yang tidak mau selalu mengalami keterpurukan pasca berakhirnya perang. Banyak sekali dari mereka yang memutuskan untuk memajukan negaranya dalam segala bidang, dan itu menimbuljan suatu persaingan positif antar negara.

13. Pendidikan Mulai Maju

Sumber daya manusia adalah hal yang penting, oleh karena itu kita bisa melihat bahwa setelah perang berakhir, maka kesempatan untuk meningkatkan sumber daya manusia dengan cara menyediakan pendidikan yang baik berhasil dilakukan. Dengan berdirinya sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, maka masyarakat bisa mengambil kesempatan untuk lebih cerdas dan bijak.

Sponsors Link

Itulah tadi beberapa dampak positif dari perang dunia ke dua. Segala peperangan dunia ini sebenarnya membawa dampak posifif, seperti pada penyebab perang Vietnam dan Amerika dan dampak positif perang Korea bagi Indonesia. Namun selain dampak-dampak positif tersebut, dampak negatif lah yang selalu tampil di muka umum, karena memang perang-perang tersebut menyebabkan dampak negatif yang jauh lebih banyak dari dampak positifnya, seperti dampak Perang Vietnam bagi Vietnam. Mengerikan memang, namun itulah keadaan di bumi kita sekarang ini, yang perlahan-lahan jatuh karena ulah manusianya sendiri yang berusahan untuk menghancurkan manusia lainya namun meningglkan bekas luka pada lingkungan dan sekitarnya.

, ,
Post Date: Thursday 08th, February 2018 / 13:31 Oleh :
Kategori : Internasional