Syarat Masuk TNI Wanita Negara Republik Indonesia

Di Indonesia ada beberapa konflik yang terjadi karena berbagai sebab seperti penyebab konflik Poso dan penyebab konflik Ambon. Lalu kita sebagai warga negara Indonesia, tentunya kita ingin sekali memberikan sesuatu untuk negeri. Sesuatu itu dapat datang dari berbagai wujud, rasa syukur, rasa cinta tanah air, dan juga pengorbanan yang dilakukan secara langsung yang juga bisa digunakan untuk menyelesaikan penyebab pelanggaran HAM Vertikal. Biasanya TNI diisi oleh laki- laki yang tangguh. Namun, tidak hanya lelaki yang memiliki peran penting untuk pembangunan bangsa, namun wanita juga turut memiliki fungsi yang sama. Sebagai wanita, peran sebagai seorang ibu sangatlah diperlukan untuk pembangunan bangsa. Karena, seorang ibu yang disertai dengan ayah dapat melahirkan dan membangung bibit-bibit unggul bangsa untuk masa yang akan datang. Namun selain itu, wanita Indonesia juga dapat ikut serta untuk melaksanakan tugas melindungi negara bila ikut serta untuk masuk ke dalam TNI Wanita.

Untuk masuk ke dalam pasukan TNI Wanita Kowad ini, anda harus memenuhi beberapa persyaratan dimana persyaratan tersebut tidaklah semudah itu untuk dicapai seperti dalam syarat masuk TNI Angkatan Laut. Namun, berbekal keinginan yang kuat, anda pasti bisa meraihnya. Jadi apa sajakah syarat-syarat untuk masuk ke dalam TNI Wanita Kowad? Simak selengkapnya dalam informasi berikut :

Di sini akan disampaikan tiga syarat, yaitu syarat umum, persyaratan lain dan syarat tambahan. Hal yang pertama anda lakukan adalah memenuhi persyaratan umum. Persyaratan umum di sini bisa dilihat pada diri anda sendiri jauh hari sebelum pengujian berlangsung. Pada dasarnya, persyaratan umum ini menyangkut tentang histori kesehatan anda sendiri dan juga kebugaran jasmani. Untuk bisa menjadi TNI yang termasuk dalam angkatan bersenjata terbaik di dunia anda bisa mulai berlatih.Tentunya anda dapat menyiapkan hal-hal ini mulai dari sekarang, ada beberapa langkah yang dilakukan untuk memperoleh tubuh yang sehat. Olahraga dan mengonsumsi makanan sehat adalah cara yang utama. Seluruh kesehatan di sini sangat diperlukan untuk membentuk prajurit yang terbaik, termasuk juga kesehatan mata. Sayangnya, bagi anda yang berkacamata, anda perlu melakukan berbagai hal untuk membuat mata anda sembuh total dari rabun. Salah satunya adalah dengan operasi lasik, yang mana juga menggunakan biaya yang tidak sedikit. Selebihnya, anda hanya perlu menjaga kebersihan diri anda dan juga status anda agar bisa lolos ke tahap berikutnya. Anda pada akhirnya nanti juga bisa berbangga karena TNI Wanita Kowad di Indonesia adalah salah satu gerakan militer terkuat di Indonesia yang mana diisi oleh para wanita yang gagah berani dan sebenarnya juga bisa masuk pasukan elit wanita terbaik se-Asean.

Persyaratan Umum yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut :

  1. Calon Anggota adalah Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia
  2. Memiliki Agama dan melaksanakan tugasnya kepada Tuhan yang Maha Esa
  3. Umur minimal 18 sampai 22 tahun
  4. Menjunjung tinggi rasa setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar
  5. Sehat dari segi jasmani dan rohani
  6. Tidak Berkacamata
  7. Memiliki SKCK yang bersih (Tidak ada catatan kriminalitas)
  8. Tidak sedang kehilangan hak untuk menjadi anggota dikarenakan keputusan pengadilan

Selain persyaratan umum di atas, adapula persyaratan lainnya yang harus dipenuhi oleh calon prajurit. Persyatan ini harus dipenuhi calon anggota setelah berhasil memenuhi persyaratan umum yang telah disampaikan di atas. Pada persyaratan ini akan lebih menyangkut tentang pendidikan dan psikologis calon anggota sendiri. Persyaratan lain ini juga ada sangkut pautnya dengan berbagai ujian yang dilakukan setelah memenuhi syarat umum. Adapun persyaratan lain untuk masuk ke dalam pasukan kita ini yang juga sebagai militer terkuat di Asia Tenggara  juga memiliki andil  yang selengkapnya akan dijelaskan di bawah ini :

  1. Wanita bukanlah mantan anggota TNI, Polri, atau PNS TNI
  2. Memiliki tingkat pendikikan terakhir SMP atau sederajat
  3. Belum menikah dan sanggup untuk tidak menikah selama pendidikan pertama dan dalam dua tahun setelah diangkat menjadi prajurit
  4. Tinggi badan minimal 163 cm
  5. Sanggup untuk menjalani Ikatan Dinas Pertama dengan waktu 7 tahun
  6. Sanggup untuk ditempatkan dalam seluruh wilayah di Indonesia
  7. Mendapat persetujuan dari orang tua atau wali
  8. Mengikuti serangkaian pengujian yang meliputi berbagai tahap diantaranya tahap Administrasi, Pemeriksaan Kesehatan, Pengujian Jasmani, Tes Wawancara, dan Tes Psikologi.

[AdSense-B]

Itulah tadi berbagai persyaratan umum dan persyaratan lain yang harus dipenuhi yang mana bisa anda penuhi dengan mudah bila anda betul-betul memiliki keinginan yang kuat untuk masuk ke dalam TNI Wanita Kowad. Ingat, setelah masuk ke dalam pasukan, bukan berarti anda bisa bersantai menikmati jerih payah anda mengikuti berbagai ujian dan latihan. Masih banyak hal yang harus anda tekuni, termasuk rasa sabar. Rasa sabar di sini sangat diperlukan untuk membentuk pribadi prajurit yang tenang dan tidak tergesa-gesa. Apabila pasukan terjun langsung ke lapangan dengan rasa emosi di dada, maka dapat dipastikan bahwa pelaksanaan tugas akan kurang berjalan lancar karena kurangnya rasa fokus dan kehati-hatian. Konflik kecil karena penyebab konflik sosial ataupun penyebab konflik horizontal bisa bertambag parah. Oleh karena itu, persyaratan tadi diperlukan untuk membentuk pasukan Indonesia sebagai personel militer terbaik di dunia.

[AdSense-A]

Namun bukan berarti setelah berhasil memenuhi persyaratan lain anda langsung begitu saja masuk ke dalam pasukan TNI Wanita Kowad. Adalagi persyaratan tambahan yang akan dilihat juga. Persyaratan tambahan ini bersifat kondisional, jadi tidaklah wajib dipenuhi jika memang tidak memiliki keterikatan dengan calon anggota. Sebenarnya persyaratan tambahan hanya mencakup beberapa hal saja, yang mana cukup sederhana saja. Dua hal ini menyangkut tentang pendidikan dan juga tampilan fisikal calon anggota yang bisa dilihat secara langsung. Persyaratan-persyaratan tersebut adalah :

  1. Jika memperoleh ijazah pendidikan dari negara lain, calon anggota harus mendapatkan pengesahan yang dapat diperoleh dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Tidak memiliki tato atau tindik ataupun bekas dari keduanya pada anggota badan , kecuali bila itu merupakan ketentuan dari agama atau adat.

Selain ketiga persyaratan di atas, adalagi persyaratan yang ditujukan untuk calon anggota yang sudah bekerja, entah itu bekerja pada sektor pemerintah, ataupun swasta. Terkadang dalam diri kita ada dorongan tersendiri dari dalam atau yang bisa kita sebut sebagai panggilan jiwa untuk melindungi negara kita sendiri. Kita nantinya juga bisa membantu konflik yang terus berlanjut karena penyebab konflik antar agama yang terus berlanjut di Indonesia. Selain agama, konflik juga bisa dikarenakan penyebab konflik antar etnis yang sekarang sedang marak di Indonesia.Terpaksa, untuk menuruti jiwa, kita harus rela untuk meninggalkan profesi yang sudah kita tekuni. Untuk bisa benar-benar keluar dari profesi anda untuk masuk sebagai salah satu prajurit TNI Wanita Kowad, anda tidak bisa begitu saja masuk ke dalam pendaftaran tanpa seijin instansi anda. Oleh karena itu, anda harus memenuhi syarat-syarat berikut ini :

  1. Menunjukkan surat persetujuan dari dinas atau instansi yang terkait
  2. Sanggup untuk menaati peraturan anti KKN, apabila ditemukan melanggar peraturan ini maka calon anggota dinyatakan tidak lulus dan akan dikeluarkan dari TNI Wanita bila terbukti melakukan tindakan KKN di kemudian hari.
  3. Bersedia untuk meninggalkan profesi saat ini bila diterima masuk ke dalam Tamtama PK TNI Angkatan Darat.

Itulah berbagai persyaratan yang harus anda penuhi bila anda ingin masuk ke dalam pasukan TNI Wanita Kowad. Cukup banyak memang, namun kita harus bisa mengerti untuk apa syarat-syarat tersebut bisa dibilang cukup rumit. Indonesia ingin mencetak pasukan-pasukan yang kuat untuk melindungi negara, pasukan yang tabah berada di garis depan saat negara berada dalam kondisi terancam dan bangkit dari sebutan negara-negara dengan militer terlemah, dan juga melindungi negara dari ciri-ciri agresi militer, bukan hanya pasukan yang berleha-leha menikmati pangkat. Pada akhirnya Indonesia bisa memiliki pasukan elit terkuat di duniaTapi walaupun sulit, pasti anda bisa melaluinya dengan berbekal ijin dan doa, serta usaha terus menerus untuk menjadi bahan persediaan yang kuat untuk menghadapi berbagai ujian.