12 Pasukan Elit Terkuat di Dunia dan Terhebat

Sebuah negara bisa berdiri dengan tegak karena berbagai bidang seperti ekonomi, sosial, budaya. Namun semua itu tidak terlepas dari yang namanya pertahanan. Fungsinya? untuk melindungi segala bidang lainnya sekaligus untuk melindungi kedaulatan negara. Nah guna melindungi negara, dibentuklah pasukan yang bernama pasukan militer. Tingkatan seperti Tentara Angkatan Darat, Laut, dan Udara di negara nampak tidak asing bagi kita bukan, namun apakah anda sudah tahu ada pasukan yang lebih kecil lagi dari itu?

Pasukan itu dibentuk dengan nama Pasukan Elit/Pasukan Khusus. Pasukan ini biasanya beranggotakan oleh regu yang sedikit, anggotanya mungkin bisa dihitung dengan jari. Pasukan khusus ini dibuat untuk menjalankan misi-misi tertentu. Karena misi-misi yang akan dilakukan tergolong cukup sulit, maka tingkat seleksi anggotanya diperketat. Hal itulah yang menyebabkan hanya sedikit dari calon anggota yang berhasil mengikuti seleksi, karena seleksi yang tergolong sadis dan keras, banyak dari mereka yang tidak sanggup menyelesaikan seleksinya. Oleh karena itu, anggota yang masuk di dalam tim khusus tersebut adalah orang yang cakap, cekatan, dan mempunyai kemampuan yang mumpuni untuk menjalankan segala misi.

Baca juga : Negara dengan Militer Terlemah

Lalu, apa saja pasukan pasukan khusus yang ada di dunia? Mari kita simak bersama

12. Black Cat Commandos/NSG ( India)

Pasukan ini juga disebut National Security Guard, pasukan yang mengemban ugas untuk melindungi ketahanan nasional. Dibentuk untuk melindungi India dari berbagai ancaman, baik itu terorisme atau ancaman dalam bidang lainnya. Namun berbeda dengan pasukan elit terkuat di dunia lainnya yang melakukan seleksi dan perekrutan, anggota dalam pasukan ini kebanyakan terdiri langsung dari personil militer.

11. Pakistan Special Service Group (Pakistan)

Mungkin sebagian dari kita masih awam tentang Pakistan Special Service Group (atau bisa disebut SSG). Walaupun namanya masih kurang terdengar di telinga kita, ternyata pasukan ini sudah melakukan misi-misi berbahaya yang setingkat dengan US Navy Seal. Sebut saja misi penyelamatan pesawat yang di teror, lalu penyelamatan sebuah bisa yang tengah dibajak oleh teroris. Hal-hal tersebut mampu dilakukan tim ini karena bekal dari latihan fisik yang amat keras.

10. India  Marcos (India)

Negara yang kaya akan penduduk ini juga memiliki pasukan elit yang bernama India Marcos. Walau sering diremehkan oleh sebagian orang karena namanya kurang terkenal, bukan berarti pasukan ini tidak terampil. Faktanya, India Marcos menjadi momok yang menakutkan bagi para teroris di India, karena pasukan pasukan ini tidak segan untuk membabat habis teroris tanpa ampun.

India marcos juga memiliki julukan unik, yaitu “Pasukan Berkumis”. Mengapa? karena dibalik helm yang mereka pakai ada kumis yang indah di tiap wajah anggotanya. Inilah yang menjadi pembeda fisik antara pasukan elit India Marcos dengan pasukan elit lainnya. Selebihnya, karena ia memang berkiblat pada Navy Seal dalam urusan pelathian, maka kemampuan India Marcos juga tidak bisa diremehkan.

9. Sayeret Markal (Israel)

Pasukan ini dibentuk sebagai pasukan elit di Israel. Paling utama dibentuk sebagai pasukan pengintai dan pasukan counter-terorism. Awalnya perekrutan pasukan ini dibuka secara rahasia, namun dengan berjalannya waktu, perekrutan pasukan berjalan lebih transpran sehingga banyak orang lebih mengetahuiya. Karena latihan yang cukup keras juga (Para anggota tidak dibolehkan tidur saat menjalani serangkaian seleksi), mereka melakukan keberhasilan dengan aksi heroik untuk menyelamatkan sandra dari teroris.

[AdSense-B]

8. Den harin (Indonesia)

Pasukan Den harin atau pasukan khusus yang memiliki nama lain Detasemen Khusus Harimau Indonesia adalah salah satu pasukan khusus yang ada di Indonesia. Ia dibentuk untuk menjalankan tugas tugas seperti memberantas aksi terorisme, melindungi presiden, dan juga sebagai salah satu pasukan intel. Anggota dari tim ini juga sedikit, hanya sekitar setengah kompi pasukan bisa lainnya. Identitas para anggotanya pun amat dirahasiakan, namun ada satu nama yang bocor yaitu Bobby Meidianto yang aman adalah anggota termuda tim tersebut.

Anggota dalam grup ini diberi kewenangan untuk melakukan pembunuhan, walau dengan sebab atau tanpa sebab. Hal itu juga dapat mereka lakukan pada saat misi atau di luar misi. Mereka dapat melakukannya karena yang bersangkutan merupakan musuh negara, atau bahkan musuh pribadi sekalipun. Namun, apabila mereka melanggar aturan yang ada di dalam Den Harin sendiri, maka sanksi yang amat berat akan menunggu mereka. Walaupun sempat dibubarkan pada sekitar tahun 1995, namun tim ini berdiri kembali hingga saat ini.

7. 1er Resimen de Parachutistes d’Infantri de Marine, 1er RPIMa (Perancis)

Pasukan yang agak sulit menyebutnya ini adalah pasukan khusus yang dibentuk oleh kemiliteran perancis. Seperti namanya, resimen ini tergolong dalam resimen parasut. Pasukan ini juga terlibat dalam operasi-operasi penting dunia, Operasi Enduring Freedom di Afghanistan salah satunya. Apabila ada gangguan terhadap negara Perancis, pasukan ini akan sigap berada di garis depan dengan motto nya Qui Ose Gagne (Siapa yang bertindak, berani untuk menang)

6. 707th Special Mission Battalion (Korea Selatan)

Tidak hanya terkenal akan boy band nya saja, Korea Selatan juga memiliki aset penting dalam bidang militer, yaitu Pasukan 707th. Pasukan ke 707 ini awalnya dibentuk karena tragedi Munich, terorisme yang terjadi pada olympic yang ada pada tahun 1988. Ternyata, pasukan ini menjalankan tugas dengan baik lewat latihan keras, dan tetap konsisten mempertahankan kinerjanya sampai 30 tahun. Tidak hanya lewat kinerja, pasukan ini juga terkenal karena dedikasi luar biasa terhadap latihannya, seperti berenang di kolam es yang bersuhu 0 derajat, tanpa pelindung termal apapun.

[AdSense-A]

5. JTF 2 (Kanada)

Lalu ada pasukan JTF2 dari Kanada. Bukan berarti Kanada yang terkenal dengan negara damai dan penduduk ramah tidak memiliki konflik, justru karea keadaan itulah yang menjadi mangsa empuk bagi teroris. Itulah sebab kenapa JTF2 ini dibentuk. Umumnya mereka dikerahkan untuk mengawal orang-orang penting, namun dibalik itu jumlah operasi di luar yang telah mereka lakukan sudah tidak terhitung lagi banyaknya.

4. Kopasus ( Indonesia)

Pasukan yang amat diandalkan sekaligus salah satu yang terkenal di Indonesia. Pasukan ini adalah pasukan khusus yang dibentuk oleh TNi Angkatan Darat. Pasukan ini terkenal karena kinerjanya yang cepat menyelesaikan segala misi, termasuk terorisme sekalipun. Namun tugas-tugas di Kopasus tergolong rahasia, jadi misi yang bersifat khusus hanya diketahui oleh mereka.

Pasukan ini juga dikenal dengan Pasukan Red Barret, karena anggotanya yang memakai baret berwarna merah.

Kunjungi : Pasukan Intel Terhebat Di Dunia

3. KSK Komando Spezialkräfte (Jerman)

KSK merupakan pasukan khusus yang mana anggotanya dipilih sendiri dari jajaran pasukan militer Jerman. Karena dedikasinya serta kierja yang baik, KSK sering mendapat pujian dari pasukan Amerika, NATO. Kerja sama itu lah yang membuat hubungan mereka dekat, hingga kerapkali mereka melakukan aksi bersama, terutama di daerah Timur Tengah.

2. British SAS ( Inggris)

Terkadang ada saja orang yang menyebut British SAS sebagai Navy seal nya inggris, ya memang betul namun ada sedikit perbedaan diantara mereka. Namun ada juga berpendapat bahwa SAS ini lebih kuat dari Navy Seal. Sebabnya? mungkin dikarenakan oleh latihan fisik yang cukup keras di dalam tim ini.

Sebut saja berenang sejauh 2 mil hanya dalam waktu 10 menit, berlari 40 mil (yang notabene sekitar 64km) hanya dalam beberapa menit. Mendengarnya saja sudah membuat kita gila, apalagi melakukannya secara nyata. Hal-hal seperti itulah yang dilakukan oleh calon anggota British SAS saat seleksi. Bagaimana, cukup berat bukan?

1. US Navy Seal (Amerika)

Yang terakhir, sekaligus yang di klaim sebagai yang terkuat adalah US NAvy Seal. Pasukan ini selalu berhasil menarik hati lewat “cameo” nya di film-film holywood. Bila ada suatu konflik yang terjadi di Amerika, pasukan khusus yang dikirimkan pasti US Navy Seal. Tidak hanya dalam film saja, ketahanan serta keterampilan para anggotanya memang cekatan di dunia nyata. Bagaimana tidak, dengan latihan yang teramat keras, mereka dibina dan dibentuk untuk menjadi pasukan yang memiliki fisik dan mental yang kuat.

Dengan pelatihan yang cukup gila tadi, US Navy Seal mampu menuntaskan misi-misi berbahaya.

Baca juga : Negara Dengan Militer Terkuat

Nah, itulah pasukan pasukan elit yang ada di dunia. Kita patut berbangga, karena kita juga memiliki pasukan pasukan Elit yang siap siaga melindungi kita. Dengan adanya para kestaria pelindung negara, negara ini akan terjamin keamanannya dari berbagai ancaman yang ada.