Sponsors Link

16 Negara Dengan Militer Terkuat di Dunia

Sponsors Link

Sejak dulu militer digunakan sebagai alat peperangan untuk mempertahankan wilayah, kekuasaan, atau harga diri suatu kelompok. Dahulu pasukan militer yang dimiliki oleh kekaisaran Romawi dan Persia adalah beberapa kerajaan yang disegani. Dengan kekuatan militer mereka, kerajaan-kerajaan tersebut memiliki daerah kekuasaan yang sangat luas.

ads

Di era-modern, khususnya pasca Perang Dunia II dimana ada mimpi tentang penghapusan penjajahan di muka Bumi, militer menjadi perangkat negara sebagai garda terdepan untuk melindungi kedaulatan. Baik untuk melindungi dari ancaman luar atau pun dari dalam negeri yang mengancam pemerintahan. Karenanya militer adalah satu elemen penting bagi suatu negara.

Berdasarkan jumlah anggota PBB, ada 193 negara di dunia yang berdaulat. Diantara ratusan negara itu berikut adalah negara-negara yang miliki kekuatan terbaik.

1. Kanada

Memiliki serdadu aktif sebanyak 92.000 personel, Kanada merupakan partner AS dalam operasi militer di Afganistan dan Iraq. Selain itu, bersama As pula Kanada mengerjakan proyek pesawat tempur F-35. Kanada tidak memiliki banyak konflik dalam negaranya dan relatif damai. Kanada mengerahkan pasukan militernya untuk menjaga perdamaian dunia. Negara yang memiliki 181 perangkat tank , 420 pesawat tempur dan 8 buah kapal selam ini adalah anggota aktif NATO.

2. Jerman

Sejak era Holy Roman Empire yang adalah cikal bakal Jerman, mempunyai pasukan perang yang sangat ditakuti. Holy Roman Empire berjaya di kawasan eropa tengah selama 8 abad sebelum akhirnya pecah akibat peperangan Napoleon. Kejayaan Holy Roman Empire menjadi salah satu inspirasi Adolf Hitler untuk kembali membangkitkan militer Jerman melalui NAZI paska kekalahan pada Perang Dunia I. Tentara NAZI dengan cepat menjelma sebagai pasukan yang sangat besar dan memiliki andil besar dalam penguasaan NAZI terhadap kawasan-kawasan Eropa di Perang Dunia II. Kekalahan Jerman pada Perang I dan II membuatnya menjadi negara yang bangkrut dan lemah secara ekonomi dan militer. Namun dengan mental moyang mereka dari Holy Roman Empire, Jerman saat ini tetap memiliki kekuatan militer yang disegani di dunia.

3. Polandia

Negara yang pada masa Perang Dunia II berada di bawah kekuasaan NAZI, kini menjadi salah satu kekuatan yang militer juga disegani. Bahkan memiliki alutsista yang lebih kuat dibanding Jerman saat ini. Dengan serdadu aktif sebanyak 120.000 personil, 1.000 tank, 467 pesawat tempur, dan 5 kapal selam, Polandia bahkan berani menantang Rusia dalam konflik Crimea.

4. Thailand

Negara di Asia Tengara yang tidak pernah merasakan penderitaan kolonial memiliki pengalaman unik di sejarah militernya. Bukan melawan serangan asing, militer Thailand lebih sering terlibat dalam krisis politik dalam negeri. Tercatat ada 30 kali upaya kudeta militer sejak Revolusi Siam di 1932. Meskipun lebih banyak menangani krisis dalam negeri, namun militer Thailand memiliki alutsista membuat gentar. Memiliki 306.000 personel serdadu, 722 tank, dan 573 pesawat tempur menjadi modal pasukannya untuk menjaga agresi dari luar.

Sponsors Link

5. Italia

Di masa perang dunia II, Italia merupakan partner Jerman untuk menaklukan benua eropa. Dengan kekuatan militer Italia yang ditakuti saat itu mampu menguasai kawasan eropa tengah. Namun setelah kekalahannya bersama Jerman, kedigdayaan militer Italia melemah. Namun itu tidak menjadikannya negara yang tidak memiliki keuatan militer. Saat ini bahkan memiliki alutsista yang membuat negara lain tetap gentar. Italia memiliki pesawat tempur anti-kapal selam terbaik di dunia militer. Dengan memiliki 576 pesawat tempur, Italia kini siap membantu menjaga perdamaian dunia.

6. Jepang

Pada masa perang Dunia II, Jepang adalah momok menakutkan di kawasan Asia. Level militernya sejajar bahkan di atas Italia dan Jerman, yang tergabung dalam poros Axis. Tidak akan dilupakan oleh dunia bagaimana Jepang meluluh-lantahkan Pangkalan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii. Sebagai negara kalah perang bersama Italia dan Jerman, Jepang yang dinilai memiliki alutsista strategis yang sangat canggih nan berbahaya, dilarang mengembangkan militernya tanpa pengawasan. Bagaimana kekuatan militer sekarang? Kini Jepang memiliki tiga kapal induk, ribuan pesawat tempur, dan 16 kapal selam. Walaupun kini terkesan pasif, namun dengan alutsista seperti itu militer Jepang tetap sangat disegani.

7. Cina

Masa perang dunia II, negara sebesar Cina tak luput dari kolonialisme Jepang. Sebagai negara yang memiliki sejarah peradaban yang besar dan panjang, penaklukan atas Jepang ini menjadi coreng bagi sejarah Cina. Tapi kini kekuatan militer Cina jauh mengungguli Jepang. Memiliki 2.333.000 personil tentara, 9510 Tank, dua ribuan pesawat tempur dan 67 kapal selam, rasanya tidak ada yang berani menantan Cina saat  ini.

8. Indonesia

Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, Indonesia memiliki jumlah personil yang besar. Walaupun alutsista Indonesia sangat kecil di banding negara lain, namun ketahanan fisik dan kemampuan beradaptasi para tentara Indonesia patut di waspadai. Pasukan khusus Indonesia, Kopassus, adalah salah pasukan yang disegani di dunia.

ads

9. Australia

Australia merupakan partner Amerika Serikat untuk menjaga kepentingan-kepentingannya di kawasan Asia dan Pasifik. Tak jarang dukungan politis dan militer diberikan Amerika Serikat untuk negara ini. Negara yang juga ikut bagian dalam operasi militer AS di Iraq saat ini memiliki 58,000 personil serdadu, 59 tank, 408 pesawat tempur, dan 6 kapal selam.

10. Israel

Negara yang sering dikecam karena penjajahannya atas Palestina ini memiliki industri perlengkapan militer yang menjadi salah satu terbaik di dunia. Senjata mesin seperti Uzi dan Negev lahir dan diproduksi di negara ini. Pasukan khusus militernya yang bernama Sayeret Matkal juga menjadi salah satu pasukan kusus terbaik di dunia. Pada masa perang dingin, Israel adalah salah satu aktor utama dalam perang teluk.

11. Mesir

Pada masa perang dingin, Mesir adalah salah satu aktor utama dalam beberapa perang proxy. Kekuatannya cenderung didukung blok timur, dan lawannya kebanyakan adalah Israel yang didukung oleh blok Barat. Salah satu konfliknya adalah Perang Yom Kipur yang berlangsung selama 2 minggu di Oktober 1973. Berada di daerah rawan konflik, Mesir harus terus memperkuat militernya. Saat ini mereka memiliki 468 ribu serdadu aktif, 4 ribu tank, seribu pesawat tempur, dan 4 kapal selam untuk menjaga negaranya.

12. Pakistan

Negara yang kerap mendapat perlawanan dari kelompok Taliban ini memiliki pasukan khusus militer yang merpakan salah satu terbaik di dunia yang bernama Spesial Service Group. Salah  satu prestasi pasukan yang dijuluki Black Storks ini adalah pada tahun 2009 ketika menyelamatkan 39 sandra dalam sebuah gedung yang dikuasai oleh Taliban. Negara yang mengembangkan senjata nuklir ini memiliki 617.000 prajurit, 2.900 tank 1000 pesawat tempur dan 8 kapal selam.

13. Inggris

Negara yang terlibat perang dunia I dan II ini adalah mitra Amerika Serikat dalam beberapa operasi militernya saat ini. Memiliki pasukan khusus SBS dan SAS yang mempunyai peran penting pada perang Iraq untuk menjatuhkan Saddam Hussein. Saat ini Inggris memiliki 146.980 prajurit, 407 tank, 936 pesawat tempur dan 10 kapal selam.

14. Korea Selatan

Meskipun terkenal dengan budaya popnya, namun Korea Selatan memiliki perangkat militer yang besar. Negara yang mewajibkan militer bagi para pemuda dan pemudinya ini kerap bersitegang dengan negara tetangga yang juga saudara lama, Korea Utara. Memiliki prajurit aktif sebayak 624,465 personil, 2300 tank, 1400 pesawat tempur, dan 13 kapal selam menjadikan pasukan militernya disegani saat ini.

15. Rusia

Sewaktu masih dalam bentuk Uni Soviet, bersama Amerika menjadi pemenang Perang Dunia II yang kemudian menjelma sebagai negara adidaya. Perbedaan ideologi dengan mitra perangnya, Amerika Serikat, memicu perang dingin yang menghabiskan dana untuk perlombaan senjata sebagai antisipasi jika meletus perang dengan Amerika. Walaupun Uni Soviet telah bangkrut dan bubar, namun keteganggan itu masih diwarisi oleh Russia hingga saat ini. Untuk menjaga keamanan negaranya saat ini Russia memiliki 766.000 prajurit aktif, 15.300 Tank, 3.400 pesawat tempur, dan 55 kapal selam.

16. Amerika Serikat

Kehebatan prajurit-prajurit militer Amerika sudah banyak mereka gambarkan dalam film-film Hollywoodnya. Kehebatan US Navy Seal dan US Marine yang dipertontonkan pada dunia itu ditenggarai juga sebagai alat propaganda Amerika Serikat agar tidak bertindak ceroboh dengan negaranya. Pada kenyataannya memang perangkat militer Amerika yang terbaik saat ini. Sebanyak 1.400.000 personil militer, 8.400 tank, 13.000 pesawat tempur, dan 72 kapal selam menjadi modalnya untuk melakukan operasi militer di timur tengah.

, , ,
Post Date: Thursday 27th, July 2017 / 04:46 Oleh :
Kategori : Militer