Sponsors Link

15 Pasukan Intel Terhebat Di Dunia Paling Ditakuti

Sponsors Link

Untuk menjaga keamanan negara dari bahaya asing atau pun dari dalam negeri, tidak hanya dibutuhkan kekuatan militer yang kuat tapi juga strategi intelijen yang hebat. Badan intelijen ini bertugas mengumpulkan data yang berguna bagi pemerintah, dengan wujud yang tak kasat mata. Para agennya dapat membaur di tengah masyarakat sipil tanpa diketahui sebagi agen intel. Berikut adalah beberapa badan intelijen terbaik dunia yang dimiliki negara-negara di dunia.

ads

1.  INTER-SERVICE INTELLIGENCE, (ISI) PAKISTAN

Badan intelijen yang didirikan tahun 1948 ini diklaim American Crime News sebagai badan intelijen terbaik dan terkuat di dunia. Alasannya adalah para agen ISI tidak pernah tertangkap kamera ataupun tertangkap hidup-hidup sebagai agen ketika sedang menyusup ke luar negeri.

Lembaga yang berkantor di Shahrah-e-Soharwardi di Islamabad ini adalah lembaga yang paling dikenal diantara tiga lembaga yang ada di Pakistan selain Intelligent Bureau dan Millitary Intelleigence. ISI sangat berkuasa atas pengelolaan data di negara tersebut dan menjadi kekuatan negara Pakistan.

2. CENTRAL INTELLIGENCE AGENCY, (CIA) AMERIKA SERIKAT

Badan intelijen yang didirikan pada 1947 merupakan yang paling menonjol diantara badan intelijen negara lain. Di Amerika sendiri lembaga ini populer bersama National Security Agency (NSA) dan Federal Bureau of Investigation (FBI).

Fungsi utama lembaga ini mencakup perolehan dan analisis informasi tentang orang asing, berhubungan dengan masyarakat untuk memperoleh data yang dibutuhkan, menganilisi pergerakan bawah tanah, dan mencari data apapun yang dibutuhkan pemerintahan Amerika Serikat.

3. SECRET INTELLIGENCE SERVICE, (MI6) INGGRIS

Sebelumnya dinas intelijen yang bermarkas di Vauxhall Cross, London ini didirikan sebelum Perang Dunia I untuk memata-matai kegiatan Imperial Jerman. MI6 telah terlibat dalam berbagai konflik di abad ke-20 dan ke-21 namun tidak secara resmi diakui sampai tahun 1994.

Badan ini memiliki tanggung jawab untuk memerhatikan setiap kegiatan teror, dan mengawasi organisasi internal dan eksternal yang dapat membahayakan pertahanan nasional dan kemanan negara.

Baca juga : Negara Dengan Militer Terkuat

4. FEDERAL SECURITY SERVICES, (FSB) RUSIA

FSB dibentuk pada 1995 sebagai badan intelijen pengganti KGB atau Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (Komite Keamanan Negara) pasca bubarnya Uni Soviet. FSB berkomitmen untuk mencegah terorisme dan meningkatkan kemanan negara. Lembaga intelijen ini memiliki 250.000 yang merupakan agen rahasia, petugas rahasia, dan mata-mata asing yang siap melawan kejahatan negara, tindakan teror, penyelundupan narkoba dan kekerasan keamanan dalam negeri Rusia lainnya.

Sponsors Link

5. BUNDESNACHRICHTENDIENST, (BND) JERMAN

BND berkantor pusat di Pullach dekat Munich, didirikan sebelum Perang Dunia II untuk memata-matai strategi dan rencana musuh. Dianggap sebagai badan intelijen terbaik di dunia,  anggaran BND mencapai miliaran karena menggunakan teknologi paling modern untuk memata-matai para musuh dan semua gerak-gerik yang mengancam keamanan nasional.

6. RESEARCH AND ANALYSIS WING (RAW), INDIA

Research and Analysis Wing (RAW) adalah badan intelijen independen India yang dibuat pada tahun 1968. Tidak seperti badan intelijen barat lainnya, RAW hanya menyampaikan laporan investigasinya pada Perdana Menteri dan tidak bertanggung jawab kepada parlemen India. Tujuan lembaga ini adalah mengumpulkan informasi mengenai segala kegiatan teror yang sering mengamcam keamanan di India. Fokus utamanya adalah Pakistan, dan telah banyak operasi melawan negara tetangga ini. Karena itu RAW memiliki basis rahasia secara fisik di Pakistan.

7. DIRECTION GENERALE DE LA SECURITE EXTERIEURE (DGSE), PRANCIS

Keberadaan DGSE menggantikan menggantikan Service de Documentation Extérieure et de Contre-Espionnage (SDECE) yang telah terbentuk pada tahun 1982. Lembaga ini bertanggung jawab atas pengumpulan data-data intelijen, yang mencam pertahanan dan kemanan Perancis. Meskipun badan intelijen ini tergolong muda dibanding badan serupa di negara-negara barat lainnya, namun mereka telah berhasil menanggkal 15 serangan teror di Perancis.

ads

8. AUSTRALIAN SECRET INTELLIGENCE SERVICE (ASIS), AUSTRALIA

Misi badan intelijen yang didirikan pada tahun 1951 ini adalah melindungi dan mempromosikan  kepentingan vital Australia. Badan ini menjadi menjadi salah satu banda intelijen terbaik karena memiliki jaringan intelijen yang luas di seluruh dunia.

9. MINISTRY OF STATE SECURITY (MSS), CHINA

Berkantor pusat yang di dekat Kementerian Keamanan Publik Republik Rakyat Cina di Beijing, badan yang berdiri sejak 1937 ini bertanggung jawab atas keamanan politik di China. Selain mengumpulkan informasi tentang kegiatan negara asing, MSS sering bekerja bersama biro kemanan publik untuk mengumpulkan informasi demi mencegah perang saudara yang kerap terjadi di China.

10. MOSSAD, ISRAEL

Organisasi paling aktif di negara tersebut berkomitmen mengumpulkan intelijen yang terlibat dalam kontra-terorisme dan berbagai operasi rahasia. Direktur agensi tersebut terikat untuk melaporkan kegiatan ke kepala negara Perdana Menteri Israel.

Mossad dianggap sebagai agen paling kuat karena sumber daya yang tersebar di beberapa negara. Para agen tersebut bertugas mengumpulkan informasi penting bagi Israel. Unit Mossad yang paling terkenal adalah “Divisi Operasi Khusus” atau Metsada yang telah terlibat dalam banyak pembunuhan dan operasi rahasia di seluruh dunia.

11. CENTRO NACIONAL dE INTELIGENCIA

Keberadaan CNI untuk menggantikan badan intelijen sebelumnya Centro Superior de Información de la Defensa yang terbentuk di tahun 1977 dan bubar pada 2002. Misinya adalahmemberikan Pemerintah Spanyol semua informasi yang diperlukan untuk mencegah dan menghindari risiko atau ancaman yang mempengaruhi independensi atau integritas Spanyol, kepentingan nasional, institusi dan peraturan perundang-undangan di Spanyol.

12. NATIONAL SECURITY AGENCY

National Security Agency badan intelijen milik Amerika Serikat selain CIA. Tugas NSA adalah mengumpulkan dan menganilisis komunikasi negara lain dan mengamankan informasi dalam negeri. NSA mengarahkan dan menjalankan aktivitas-aktivitas yang bertujujuan untuk mengumpulkan informasi intelijen dari luar negeri, terumama dengan metode kriptoanilisis. Kripto analisis adalah metode membaca pesan melalui sandi-sandi rahasia tanpa mengetahui kunci yang seharusnya digunakan untuk membaca pesan tersebut.

13. DEFENSE INTELLIGENCE, INGGRIS

Defense Intelligence adalah sebuah organisasi di dalam komunitas intelijen Inggris yang berfokus pada pengumpulan dan analisis intelijen militer. Berbeda dengan MI6, ini bukanlah lembaga yang berdiri sendiri melainkan bagian dari Menteri Pertahanan Inggris. Organisasi yang mempekerjakan gabungan staf sipil dan militer ini sebelumnya dikenal dengan Defence Intelligence Staff (DIS), namun berganti nama di tahun 2009

14. AGENZIA INFORMAZIONI e SICUREZZA ESTERNA  (AISE)

Organisasi yang beroperasi di luar Italia ini bertugas melindungi kepentingan Italia tertutama melalui penggunaan HUMINT, yaitu teknis kecerdasan manusia yang dikumpulkan melalui kontak intrapersonal. Badan intelijen Italia yang telah beberapa kali berganti nama ini bermitra dengan badan intelijen lain termasuk MI6, CIA, BND, dan DGSE

15. MAIN INTELLIGENCE AGENCY (GRU)

Selain FSB yang menggantikan KGB, GRU adalah badan intelijen lain milik Rusia yang telah berdiri sejak 1918. Namanya sangat jarang terdengar karena sangat rahasianya organisasi ini. Meski keberadaannya dipertanyaakan, namun organisasi ini valid berada dibawah menteri pertahanan. GRU sudah melakukan ratusan bahkan ribuan kali aksi spionase yang sangat mulus. Dalam melakukan tugasnya GRU selalu punya dukungan kuat. Bukan hanya dari tentara-tentara spesial Rusia, tapi juga peralatan canggih.

, , , ,
Post Date: Friday 28th, July 2017 / 03:32 Oleh :
Kategori : Internasional