Syarat Masuk TNI Angkatan Darat Kopassus Indonesia

Keamanan Indonesia adalah hal yang sepatutnya dijaga. Keamanan merupakan hal yang paling penting bagi negara, karena menyangkut kedaulatan pemerintah itu sendiri dan juga keselamatan warganya. Seperti yang kita tahu, dulunya Indonesia adalah salah satu dari negara-negara dengan militer terlemah di dunia. Apalagi dengan dijajahnya Indonesia dulu, yang saat itu bahkan masih kurang mampu untuk segera membebaskan diri dari Belanda. Namun, Indonesia bangkit dari itu. Sejarah kelam di masa lampau dijadikan pelajaran untuk masa kedepannya. Akhirnya, kemiliteran Indonesia yang juga termasuk dalam pasukan intel terhebat di dunia terlahir, yaitu Tentara Nasional Indonesia.

Hal itu cukup membanggakan, mengingat banyak sekali prestasi yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia kita ini. Namun anda perlu tahu sedikit fakta mengenai TNI. TNI memiliki tiga sektor utama, Laut, Udara, dan Darat. Ketiganya melakukan kegiatan masing-masing dengan saling bersinergi satu sama lain. Namun perlu anda ketahui di sini, ada salah satu pasukan yang dinilai termasuk dalam pasukan elit terkuat di dunia dari negara kita, yaitu Kopassus. Kopassus di sini adalah pasukan tangguh dan kuat yang kita miliki, yang mana dilengkapi oleh kemampuan dan kesabaran yang lebih dari tentara biasanya. Namun, pamong mereka tidak hanya mereka dapat begitu saja. Banyak sekali latihan berat yang harus mereka lalui, dan juga mereka harus merelakan diri untuk memenuhi persayaratan selum masuk ke dalam Kopassus yang mana bisa dibilang jauh lebih keras dari syarat masuk TNI Wanita. Nah di sini kami akan membahas mengenai persyaratan yang harus anda penuhi sebelum bisa masuk ke dalam pasukan Kopassus. Selengkapnya akan disampaikan dalam informasi di bawah ini.

Ada persyaratan yang harus dipegang teguh oleh anggota kopassus yang juga terkandung dalam syarat masuk TNI Angkatan Laut. Ada delapan syarat yang harus dipahami dan ditaati, diantaranya adalah :

  1. Memiliki motivasi untuk menjadi seorang prajurit komando, meskipun telah masuk dalam anggota tapi tidak memiliki tujuan, maka sama saja tidak ada artinya.
  2. Memiliki sifat agresiv para prajurit akan dilatih untuk menjadi agresif dan tanggap terhadap lingkungan di sekitarnya. Hal ini sangat diperlukan oleh prajurit untuk bisa mendeteksi ancaman dan musuh dengan sigap. Apabila seseorang bermental lembek, kopassus bukanlah tempat yang tepat.
  3. Sederhana, tidak perlu menggunakan kekayaan diri untuk menutupi kekurangan. Uang di sini tidak ada artinya jika dibandingkan dengan jerih payah dan usaha untuk menjadi yang terbaik sebagai pelindung negara. Bukanlah prajurit yang ingin pamer kekayaan dan pangkat.
  4. Percaya diri, rasa percaya terhadap diri sendiri sangat diperlukan dari kekuatan kelompok. Rasa percaya diri tadi dapat menimbulkan rasa yakin dari dalam diri untuk bisa menyelesaikan tugas dengan baik serta mengabdi pada negeri dengan mengeluarkan upaya yang terbaik pula.
  5. Sanggup untuk menahan ujian, seperti yang telah disampaikan di atas, menjadi seorang anggota kopassus sangat membutuhkan mental yang kuat. Untuk bisa menjadi angkatan darat terkuat di ASEAN, maka kopassus dituntut untuk memiliki anggota yang tegar, sigap, dan cekatan. Mental lemah sangat tidak diperlukan di sini, karena itulah ujian-ujian di sini rata-rata sangat keras dan tidak kenal ampun. Semuanya hanya untuk menguji calon anggota baik secara fisik ataupun mental. Dari sana mereka bisa melihat, manakah calon yang benar-benar sesuai untuk bisa bergabung dalam komando.
  6. Memiliki inisiatif, sikap pro aktif dalam kelompok merupakan hal yang sangat penting. Banyak masalah di luar sana yang tidak dapat diselesaikan dengan hanya satu kepala. Harus ada pihak-pihak lain yan harus berani untuk memberikan pendapat yang berbeda serta tindakan yang tidak sama dengan seluruh pihak di sekitarnya. Dengan inisiatif yang tinggi, maka seseorang bisa memberikan salah satu jalan keluar untuk menyelesaikan masalah dengan efektif.
  7. Cepat mengambil keputusan, dalam seorang anggota komando, diperlukan sifat-sifat yang mencerminkan rasa sigap baik itu dari fisik atau tingkat intelegen seseorang. Pemikiran yang ceat dan tidak bertele-tele sangat dibutuhkan di sini, karena di luar sana, keputusan yang lambat bisa dimanfaatkan oleh musuh untuk melarikan diri atau melakukan serangan balik.
  8. Memiliki kemauan yang keras, salah satu hal yang utama dari seorang anggota adalah memiliki kemauan yang keras. Keinginan untuk melindungi negara dari berbagai ciri-ciri agresi militer yang akan diluncurkan ke negara Indonesia adalah hal yang sangat mulia. Rasa ini perlu dipupuk dan dikembangkan, agar bisa tetap terjaga dalam hati dan tidak terlupakan.

[AdSense-B]

Selain syarat-syarat utama tadi, ada beberapa syarat umum yang perlu kita lihat dari diri kita sendiri. Tahap ini sangat diperlukan apakh kita bisa berlanjut ke tahap berikutnya untuk masuk ke dalam salah satu personel militer terbaik di dunia. Contohnya, tinggi badan yang harus mencapai minimal 168 cm, kurang dari itu maka tidak diperbolehkan untuk masuk ke dalam pendaftaran. Namun selain itu, ada tahap yang lebih penting, yaitu mengikuti lulus pendidikan pembentukan mulai dari Sekolah untuk Calon Tamtama, hingga pada tingkat Akademi Militer. Untuk menjadi anggota kopassus, kita harus mengikuti semuanya. Hingga pada akhirnya anda berhasil menaklukkan pendidikan-pendidikan tersebut, namun penyiksaan tidak hanya berhenti di sana. Masih terdapat tahap-tahap yang lebih ekstrim akan siap menguji anda.

[AdSense-A]

Ada beberapa tahap untuk bisa menyeleksi calon anggota kopassus, yang terdiri dari tiga tahap utama, yaitu :

1. Tahap Basis

Tahapan paling awal adalah basic, yang mana berisi tentang segala latihan dasar yang harus dipahami oleh setiap anggota kopassus yang mana juga sebenarnya termasuk dalam urutan tentara terbaik di dunia. Dalam tahap ini, calon anggota akan diajarkan bagaimana cara untuk melakukan formasi dan taktik yang nantinya akan digunakan dalam menjalankan tugas.

2. Tahap Jelajah Gunung

Seleksi tahap selanjutnya adalah penjelajahan gunung. Di sini, calon anggota akan dilepas begitu saja di dalam hutan. Mereka harus bisa berhasil bertahan hidup dengan menggunakan segala sesuatu yang bisa digunakan di hutan tersebut. Tujuan dari tahap ini adalah agar para anggota bisa mengetahui tanaman, hewan, dan hal lain yang dapat digunakan untuk bertahan hidup. Mereka juga harus mengerti manakah yang aman untuk dikonsumsi dan mana yang tidak. Hal tersebut diperlukan untuk membentuk  mental kuat, karena peran mereka sangat membantu sekali di negara kita  ini, oleh karena itu kita sepatutnya bangga memiliki mereka yang mana juga termasuk dalam angkatan bersenjata terbaik di dunia. Selain itu, dalam wilayah tetangga-tangga kita sendiri, TNI memiliki peringkat utama dalam militer terkuat di Asia Tenggara.

3. Tahap Rawa Laut

Tahap yang terakhir sekaligus yang paling sadis adalah tahap rawa laut. Inti dari tahap ini hanya ada 3, yaotu melakukan infiltrasi pada area rawa, lalu melewati selat menuju ke Nusa Kambangan, dan setelah itu adalah hal yang paling ditakutkan, yaitu Hell Week. Pada sesi hell week ini, para calon anggota akan dilepaskan dan dituntut untuk mencapai poin tertentu dengan waktu yang telah ditentukan. Dalam prosesnya mereka harus melewati berbagai rintangan, jebakan, tipuan, dan juga serangan dari musuh. Para pelatih yang berperan menjadi musuh ini bisa menangkap calon anggota yang gagal, dan mulai melakukan introgasi dan penyiksaan untuk menggali informasi, seolah-olah itu adalah introgasi yang sebenarnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membangun mental calon anggota, karena di lapangan, tidak jarang anggota yang tertangkap oleh musuh kemudian disiksa agar memberikan informasi yang diminta. Untuk mencegah bocornya informasi dikarenakan anggota yang mentalnya masih kurang, maka cara ini merupakan cara yang terbaik untuk mulai mengeraskan mental mereka. Pelatihan ini sangat diperluka untuk membentuk Tentara Nasional Indonesia yang sigap bertugas untuk menjaga rakyat dan negara, sekaligus membantu untuk menyelesaikan berbagai penyebab konflik Papua dan juga penyebab konflik Poso, dan lain sebagainya.

Itulah dia beberapa syarat dan tahapan untuk bisa masuk ke dalam pasukan kopassus. Pasukan kemiliteran di Indonesia memiliki peran yang cukup penting untuk menyelesaikan berbagai masalah misalnya karena penyebab pelanggaran HAM vertikal dan penyebab konflik horizontal di masyarakat. Sudah sepantasnya mereka mendapat rasa hormat dari kita. Mari kita jaga negara kita bersama agar tidak ada lagi konflik yang bisa memecah belah bangsa.