Sponsors Link

11 Militer Terkuat di Asia Tenggara yang Disegani Dunia

Sponsors Link

Kekuatan Militer sudah sepantasnya menjadi hal yang diutamakan, terutama pada situasi global yang sedang memanas akhir-akhir ini. Untuk itulah, beberapa negara seperti negara kita Indonesia kerap kali melakukan peningkatan terhadap kemiliteran yang dimiliki untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya, karena kita tidak pernah tahu kapan negara kita akan diserang secara langsung. Paling tidak,kemiliteran juga berfungsi sebagai pelayan masyarakat yang mana bisa ikut serta membantu masyarakat apabila ada kesulitan atau kesusahan yang menimpa.

ads

Baca juga :

Negara kita sendiri dinilai cukup hebat dalam bidang kemiliterannya. Namun selain negara kita, adapula negara-negara tetangga yang ikut serta mengembangkan kemliterannyaatas nma pertahanan negara. Negara-negara tersebut terletak di Asia Tenggara, yang mana dihuni oleh 11 negara yang berbeda yang membentang dari Timur sampai ke Barat. Untuk menilai kekuatan dari militer yang dimiliki oleh negara-negara di Asia Tenggara tersebut, kita bisa menggunakan referensi dari Nation’s Power Index dari tiap negara yang akan kita telusuri.

11. Timor Leste

Pada posisi terakhir terdapat Timor Leste yang sayangnya memiliki kemiliteran yang cukup lemah. Bahkan dari GDF (badan yang menelaah kekuatan militer suatu negara) sendiri tidak mencantumkan nama Timor Leste ke dalam daftar reviewnya. Hal ini bisa disimpulkan bahwa kemiliteran Timor Leste yang masih berkembang belum sanggup untuk bahkan menempati posisi terakhir dalam GDF review. Power Index yang menggambarkan situasi kemiliteran Timor Leste masih menunjukkan angka yang tinggi. Perlu diketahui di sini, bila makin kecil nilai PowerIndex, maka makin bagus kekuatan militer yang dimiliki suatu negara. Nilai 0,000 dinilai sebagai sempurna ( yang mana tidak ada satu negara pun yang memilikinya)

10. Brunei Darussalam

Selain Timor Leste, Brunei Darussalam menemani negara tersebut kedalam daftar negara yang tidak masuk ke dalam review GDF. Brunei nampaknya fokus ke dalam sektor perekonomian yang trus dikembankan. Seandainya bila Brunei mau menempatkan sedikit persentase dari total anggaran untuk kemiliteran, maka Brunei pun bisa menyusul negara-negara tetangganya yang memiliki PowerIndex jauh lebih sedikit dari Brunei Darussalam.

9. Laos

Di posisi ke sembilan ada negara Laos. Meskipun negara Laos ini dipandang sebelah mata oleh negara-negara tetangganya, namun Laos tidak begitu saja diam, namun mulai mengembangkan kemiliterannya. Dengan PowerIndex yang masih cukup tinggi yaitu 3,0608, Laos memiliki beberapa armada untuk menjaga perairan dan udara. Meskipun Laos hanya mempunyai helikopter (yang tidak digunakan untuk penyerangan), dan kapal patroli dan beberapa tanks saja, namun antusiasme masyarakat Laos untuk bergabung dalam tentara dapat diacungi jemol. 130.000 orang bergabung ke dalam kemiliteran.

8. Cambodia

Selanjutnya adalah Kamboja yang memiliki index 1,8404. Index tersebut sangatlah jauh dari Laos, namun amat dekat dengan negara-negara yang akan kita bahas berikutnya. Kamboja memiliki personel lebih banyak dari Laos, yaitu sekitar 195.000 orang yang didukung dengan berbagai kekuatan tambahan seperti attack helicopter, tank, kekuatan artileri tambahan, dan sejumlah kapal patroli. Kamboja memperoleh semua alatnya dengan mengeluarkan dana sebesar 192 juta dolar Amerika.

Sponsors Link

7. Singapore

Pada posisi ke lima ada negara Singapura yang terkenal dengan patung singanya yang begitu ikonik di mata dunia. Dengan perekonomian yang bisa dibilang sukses, Singapura menganggarkan dana sebesar 9,7 miliar dolar Amerika untuk akhirnya digunakan untuk menambahkan beberapa kekuatan seperti kapal selam, kapal patroli, dan aset angkatan laut lainnya yang bisa dibilang hampir lengkap (hanya kurang kapal induk saja). Lalu Singapura juga memiliki kekuatan angkatan darat yang lengkap  yang didukung oleh kekuatan udara yang hebat juga, namun jumlahnya belum seberapa. Dengan perolehan aset yang luar biasa tersebut menempatkan Singapura pada index 1,0171 (nomor 65 di dunia).

Baca juga :

6. Philippines

Selanjutnya ada negara Filipina yang memiliki militer yang bisa dibilang cukup kuat juga. PowerIndex yang dimiliki negara yang tidak terlalu pesat ekonominya justru memiliki jumlah yang lebih sedikit yaitu 0,8367 (posisi 50 dari 133 negara di dunia). Dengan posisi tersebut, kita bisa lihat bahwa Filipina memiliki armada laut, darat, dan udara yang cukup lengkap. Dari ketiga sektor yang mumpuni tersebut, Filipina mampu menjaga wilayahnya dengan amat baik.

ads

5. Malaysia

Negara saudara kita ini memang bisa dinilai cukup sukses dalam hal ekonomi, apalagi dengan adanya kerja sama dengan Indonesia. Namun siapa sangka, Malaysia juga memiliki angkatan militer yang baik. Dari 133 negara yang direview oleh GDF, Malaysia berada pada posisi yang cukup membanggakan yaitu top 55 dengan posisi ke 33. Dengan 420 ribu personel yang aktif membuat Malaysia dinilai memiliki pertahanan yang sigap dan kuat akan ancaman yang datang.

4. Myanmar

Lalu ada negara Myanmar, yang mana juga penghasil beras selain Indonesia juga menggunakan sedikit dari total dananya untuk mengembangkan sektor kemiliteran yang dimilikinya. Myanmar di sini berada pada posisi yang tidak jauh dari Malaysia, yaitu posisi ke 30 dari 133 negara. Cukup mengejutkan sebetulnya, namun memang Myanmar memiliki armada militer yang mengagumkan juga. Beranggotakan seitar 516.000 orang, kemiliteran Myanmar terus berkembang pesat sampai sekarang. Hingga saat ini, PowerIndex dari negara Myanmar berhasil mencapai nilai 0,5991

3. Thailand

Pada posisi top 3 kita memasukkan negara Thailand pada posisi ke tiga. Thailand pantas untuk masuk ke dam posisi ke tiga karena kita bisa menilai sendiri dari review GDF tentang kemiliteran yang berada di negara Thailand yang mana memiliki PowerIndex sebesar 0,3892, membuat Thailand melesat pada posisi top 20 di dunia, walaupun berada pada posisi terakhir.

2. Vietnam

Pada posisi ke dua ada negara Vietnam, yang mana juga merupakan penghasil dan pengekspor beras terbesar di Asia Tenggara. Untuk melindungi negaranya, Vietnam menganggarkan dana sebesar 3 miliar dolar lebih. Vietnam juga meningkatkan kemiliterannya dengan persenjataan yang hampir menyaingi Indonesia. Dengan PowerIndex 0,3587, Vietnam berada pada posisi 16 dari 133 di dunia.

1. Indonesia

Yang pertama datang dari negara kita sendiri , Indonesia. Kemiliteran yang dimiliki oleh Indonesia memang amat terkenal seantero Asia Tenggara. Oleh karena itu kita amat jarang menjumpai negara lain yang angkat senjata dengan negara kita. Negara – negara tetangga perlu berpikir ratusan kali untuk mengalahkan armada kemiliteran Indonesia yang luar biasa dengan nilai index 0,3347. Dengan itu, Indonesia berhasil memperoleh posisi 14 di dunia.

Itu dia ke sebelas militer terkuat di Asia Tenggara. Sangat membanggakan juga negara kita bisa masuk kepada posisi pertama. Kita berharap semoga Indonesia selain mengembangkan kemilitera juga menyeimbangkan hal tersebut dengan sekotr-sektor lainnya. Agar suatu hari nanti kita bisa mencapai PowerIndex yang seimbang.

Simak Artikel Hukamnas.com lainnya:

,
Post Date: Tuesday 24th, October 2017 / 07:19 Oleh :
Kategori : Militer