Sponsors Link

Dampak Teknologi Persenjataan bagi Kehidupan Manusia di Dunia

Sponsors Link

Majunya teknologi persenjataan adalah salah satu bentuk dari perkembangan IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Pesatnya perkembangan membuat sarana-sarana dalam bidang pengetahuan dan teknologi semakin meningkat dan memudahkan aktifitas manusia sehari-hari. Dalam hal ini, teknologi persenjataan adalah hasil perbuatan dan pemikiran yang berkaitan dengan mesin-mesin yang digunakan untuk mengatasi masalah-masalah yang ada.

ads

Tentu perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi khususnya dalam bidang persenjataan tidak datang dengan Cuma-Cuma. Perkembangan teknologi persenjataan beerkaitan erat dengan perkembangan di bidang militer. Perkembangan Teknologi Persenjataan sangat berpengaruh tidak hanya dalam hal militer saja, namun juga berpengaruh pada lingkungan, ekosistem dan juga sosial budaya. Perkembangan teknologi persenjataan adalah salah satu pembelajaran yang sangat berharga apabila kita ingin melihat sejarah dan banyak catatan yang berkaitan tentang dampak-dampak yang telah terjadi.

Contoh Perkembangan Teknologi Persenjataan

Beberapa contoh perkembangan di bidang militer dan teknologi persenjataan adalah sebagai berikut :

  • Senjata api bermesin
  • Kendaraan perang berupa Tank atau Panser
  • Kapal Perang
  • Kapal Selam
  • Pesawat tempur
  • Bom Atom
  • Pemusnah masal Tenaga Nuklir
  • Roket

Dampak Positif dan Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Persenjataan

Apa saja dampak teknologi persenjataan yang semakin berkembang? Berikut ulasannya :

  • Uji coba

Berkembangnya teknologi harus melalui berbagai macam proses dan salah satunya adalah proses uji coba. Dalam proses uji coba ini, terkadang membutuhkan wilayah yang besar di luar laboratorium. Percobaan ini bisa saja untuk uji coba peledakan bom temuan terbaru, percobaan persenjataan militer dan juga kendaraan militer. Hal ini terkadang menimbulkan masalah baru dan juga konflik sebagai salah satu dampak negatif perkembangan teknologi persenjataan.

  • Berkembangnya Kriminalitas

Apabila kita melihat sejarah, perkembangan teknologi persenjataan sangat dipengaruhi oleh kebutuhan peperangan dan penyelesaian konflik antar negara-negara tertentu. Para ilmuwan-ilmuwan yang memiliki karya mekanika kuantum dan segala bidang yang dapat membantu berkembangnya perkembangan teknologi persenjataan pun mulai ditunjuk menjadi komando program pengadaan persenjataan, baik itu untuk pengadaan nuklir atau senjata lain yang sejenisnya.

Munculnya reaktor atom, bom semakin membuat peperangan menjadi berkelanjutan dan menghancurkan banyak infrastruktur dan membunuh warga-warga sipil yang tidak bersealah. Usaha-usaha peledakan dan proyek persenjataan tidak hanya membuat persaingan dan ketegangan antar negara semakin memanas, tapi di jaman sekarang ini dimana senjata-senjata juga diperjual belikan di negara seperti Amerika Serikat, meskipun harus menggunakan ijin dan lisensi, masih banyak jatuh korban akibat penggunaan senjata yang tidak bertanggung jawab.

Selain hal-hal tersebut, tindak kriminalitas seperti aksi terorisme semakin meningkat dengan perkembangan teknologi persenjataan pada bom dengan bahan peledak atau bahan kimia. Bom yang tadinya hanya dipakai pada saat-saat darurat dan dengan urgensi tinggi menjadi satu momok tersendiri pada masyarakat modern, dikarenakan para teroris berusaha untuk mengintimidasi dan mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan meledakkan bom-bom tersebut. Pembuatan bom sendiri sudah tidak hanya pihak-pihak tertentu saja yang mengetahui, oleh karena itu penggunaan bom lebih membawa kerugian pada warga sipil pada umumnya. 

  • Tercemarnya Lingkungan

Rusak dan tercemarnya lingkungan berpengaruh besar pada kelangsungan hidup ekosistem yang ada di dunia ini. Dengan pesatnya perkembangan segala jenis pengetahuan dan teknologi, khususnya pada teknologi persenjataan, tidak bisa disangkal mengenai limbah dan resiko tinggi akan penggunaan persenjataan yang lebih maju.

Sponsors Link

Salah satu contoh dampak tenologi persenjataan yang mencemari lingkungan adalah adanya senjata mutakhir dan mematikan yang kita kenal dengan nama nom. Bom adalah senjata peledak yang disusun dari berbagai macam bahan peledak dan bahan kimia yang dapat merusak lingkungan mulai dari gedung, bangunan dan infrastruktur lainnya.

Selain itu, meledaknya bom juga berakibat fatal, mulai dari timbulnya radiasi yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan, kemudian debu radioaktif dan menyebarnya kedua hal tersebut dapat membuat kelumpuhan dan sampai pada tingkat mematikan manusia, hewan dan tumbuhan. Tidak cukup sampai di situ saja, karena efek dari radiasi dan debu radioaktif ini akan masuk ke dalam sistem DNA kita dan akan kita turunkan mau tidak mau kepada anak keturunan kita.

Beberapa contoh bom yang telah digunakan dan telah nyata dengan dampaknya adalah :

  • Bom Atom
  • Bom Hidrogen
  • Bom Nuklir

Perubahan Iklim dan Rusaknya Ekosistem

Dalam hal ini dapat kita lihat pada perkembangan pemusnah masal tenaga nuklir. Dampak positif dari tenaga nuklir masih diperdebatkan oleh para ilmuwan, apakah manfaat yang didapatkan setara dengan tingginya resiko terjadi kecelakaan dan kebocoran tenaga nuklir. Belum lagi mengenai limbah pembuangan pembangkit tenaga nuklir yang masih belum ditemukan solusinya. 

Sponsors Link

Apabila terjadi perang menggunaan bom nuklir, yang dirugikan dalam hal ini tidak hanya lingkungan dan manusia saja, namun kondisi bumi secara keseluruhan akan berubah. Jatuhan bom nuklir akan mengeluarkan asap yang membumbung ke lapisan atmosfer dan tidak akan hilang dalam ratusan dan ribuan tahun mendatang. Lapisan asap ini pada akhirnya menutupi paparan kehangatan sinar matahari langsung ke bum yang menyebabkan bumi akan mengalami perubahan iklim secara drastris. Diperkirakan bumi akan mengalami musim dingin berkepanjangan dengan suhu rata-rata 2 derajat celcius di seluruh permukaannya, dan suhu ini lebih dingin daripada suhu d zaman es. 

  • Dampak Positif dari Perkembangan Teknologi Persenjataan

Selain dampak negatif yang telah disebutkan di atas, perkembangan teknologi persenjataan juga membawa dampak positif pada kehidupan kita sehari-hari. Beberapa contohnya adalah, pesatnya perkembangan teknologi persenjataan menjadi nilai tambah pada awak militer pemerintah dan mempersenjatai mereka untuk dapat melindungi negara dengan optimal. Hal ini sangat penting, terutama apabila negara sedang mengalami konflik baik internal maupun eksternal. 

Kesimpulan

Perkembangan teknologi memiliki 2 sisi koin dan seperti ujung sebuah pedang. Dimana hal tersebut bisa menjadi pelindung kita atau malah sebaliknya, dapat menyerang kita sendiri tanpa kita sadari dan apabila kita tidak berhati-hati. Untuk lebih memahami mengenai bahaya perkembangan teknologi persenjataan, pro-kontra mengenai senjata nuklir, bahaya perang nuklir dan dampak perang nuklir pada kehidupan manusia adalah tema yang tepat untuk dipelajari.

,
Post Date: Friday 12th, January 2018 / 02:52 Oleh :
Kategori : Militer