Sponsors Link

3 Dampak Perang Dingin: Sebab dan Kesimpulannya

Sponsors Link

Perang dingin adalah jenis-jenis perang yang terjadi dikarenakan latar belakang politik dan militer oleh blok timur dan blok barat. Lebih tepatnya lagi antara Amerika Serikat dan komunis Rusia pada tahun 1945 – 1992. Perang dingin dimulai pada saat berakhirnya perang dunia ke dua, dimana kedua negara ini mulai berkembang menjadi negara adikuasa.

ads

Perang dingin adalah perang antara keingingan, tujuan dan ancaman antara pihak komunis Uni Soviet dan Amerika Serikat. Meskipun tidak ada konflik militer diantara kedua negara ini, seluruh dunia terperangkap dalam ancaman yang tiada henti mengenai penggunaan nuklir. Sekutu masing-masing negara digunakan sebagai pion untuk mengunggulkan kekuasaan. NATO berada di pihak Amerika Serikat, sedangkan the Warsaw Pact berada di pihak Rusia, sejak tahun 1945 hingga jatuhnya negara-negara blok komunis pada tahun 1991. Perang dingin yang berlangsung sangat lama ini mempengaruhi politik internasional, mendominasi headline di berbagai media dan juga pola pikir masyarakat pada umumnya.

Sebab Terjadinya Perang Dingin

  • Keinginan Uni Soviet untuk menyebarkan paham komunisme ke seluruh dunia
  • Ketidaksukaan Truman kepada Stalin
  • Ketakutan Uni Soviet terhadap bom atom Amerika Serikat
  • Ketidaksukaan Amerika Serikat akan kapitalisme
  • Ekspansi Uni Soviet ke bagian timur Eropa dan janji-janji kampanye yang tidak terpenuhi
  • Penolakan Amerika Serikat untuk berbagi rahasia nuklir
  • Ketakutan Uni Soviet akan serangan Amerika Serikat
  • Kebutuhan Amerika Serikat untuk mengamankan garis batas wilayah barat
  • Aksi Amerika Serikat pada zona Uni Soviet di Jerman

 Dampak Perang Dingin

Perang dingin banyak memiliki dampak pada masyarakat, baik pada saat ini maupun pada saat yang lalu. Berikut adalah beberapa dampak terjadinya perang dingin secara kesimpulan dan keseluruhan

  • Kedua pihak, baik Amerika Serikat maupun Uni Soviet membuat gudang persenjataan yang sangat besar yang berisi senjata atom dan rudal balistik
  • Terbentuknya persatuan militer, NATO dan the Warsaw Pact
  • Perang dingin adalah salah satu penyebab terjadinya konflik destruktif seperti Perang Vietnam dan Perang Korea
  • Uni Soviet yang hancur akibat kehancuran ekonominya
  • Hancurnya Tembok Berlin dan bersatunya dua negara Jerman
  • Dihancurkannya the Warsaw Pact
  • Beberapa negara bagian dari Republik Uni Soviet mendapatkan kemerdekaannya
  • Amerika Serikat menjadi negara adikuasi
  • Paham komunisme yang hancur di seluruh dunia

Selain dampak yang telah disebutkan di atas, ada juga beberapa dampak perang dingin yang bisa kita lihat dari berbagai sisi, contohnya sebagai berikut :

  • Dampak dari sisi Radiasi

Dikarenakan adanya eksploitasi dari militer dan militer untuk reaksi nuklir, perang dingin membawa dampak yang cukup signifikan terhadap adanya radiasi tingkat tinggi. Bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki menyebabkan kehancuran dalam skala besar dengan adanya pengeboman dan kebakaran. Namun selain pengeboman dan kebakaran, radiasi aktif yang tersisa di kedua negara tersebut juga menimbulkan bencana yang tidak kalah besar.

[ADSense-B]

  • Dampak dari sisi Militer

Bentukan bentukan keamanan militer internasional masih mendominasi perilaku beberapa negara yang terkena dampak dari Perang Dingin itu sendiri. Kedua negara adikuasa tersebut tidak secara formal menggunakan seluruh persenjataan Perang Dingin yang dimilikinya. Baik tenaga nuklir dari sisi strategi dan taktik serta persenjataan konvensional masih tersimpan di lingkungan yang aman.

Sebagai hasilnya gudang persenjataan dan fasilitas-fasilitas nuklir masih ada sampai sekarang. Beberapa sudah didaur ulang, dihancurkan atau digunakan sebagai alat yang bernilai. Meskipun sudah banyak yang sudah di demilitarisasi, beberapa senjata kimia dan senjata biologi yang dikembangkan masih ketika terjadinya Perang Dingin masih ada hingga saat ini.

Negara-negara tempat gudang persenjataan Perang Dingin, mulai mengurangi isi gudang persenjataannya. Namun mereka masih tidak mengurangi kecendurangnnya untuk pencegahan penggunaan tenaga nuklir. Di sisi lain, negara-negara lain telah sukses mengembangkan uji coba nuklir dan mengembangkan pencegahan ledakan nuklir dengan caranya sendiri-sendiri

  • Dampak dari sisi Ekonomi

Salah satu konsekuensi spesifik yang terjadi akibat Perang Dingin adalah besarnya beban fiskal yang dirasakan oleh banyak negara. Kewajiban finansial tersebut dibutuhkan untuk menghindari dislokasi lebih jauh apabila ada perubahan di kala terjadinya perang, dan menuju lingkungan yang lebih damai. Selain itu, pendirian militer nasional dan sekutu harus lebih di tata ulang kembali. Institusi yang bisa diandalkan harus dibuat kembali bersama dengan kewajiban-kewajiban yang harus dilaksanakan apabila terjadinya konfrontasi antara pihak timur dan pihak barat.

[ADSense-C]

Kesimpulan

Perang Dingin memaksa banyak negara selain Amerika Serikat dan Uni Soviet untuk memilih pihak, meskipun dengan sukarela maupun terpaksa dan memberi alasan kedua negara adikuasa ini untuk ikut campur pada urusan negara mereka. Pihak antagonis dalam Perang Dingin adalah Amerika Serikat dan Uni Soviet, meskipun demikian, Perang Dingin memberi dampak secara tidak langsung pada setiap negara di seluruh dunia dalam hal-hal tertentu.

Beberapa negara yang terkena dampak langsung dari Perang Dingin ini, biasanya terjadi perang atau konflik di negaranya. Tiga contoh besar dari pernyataan ini adalah terjadinya perang Vietnam, perang Korea dan perang Afghanistan. Pada masing-masing peperangan ini, pihak yang berperang adalah pihak komunis dan pihak non komunis. Di setiap pihak-pihak negara yang dimaksud, mereka juga berpihak pada salah satu negara antagonis tersebut, baik Amerika Serikat maupun Uni Soviet. Di setiap kasusnya, masing-masing negara tidak mendapatkan apapun kecuali dampak yang menhancurkan negara itu sendiri akibat konflik yang bersangkutan.

Di negara-negara lain, dampaknya lebih ke arah positif. Amerika Serikat dan Uni Soviet berlomba-lomba untuk membantu negara yang tidak memilih kedua belah pihak. Mereka berlomba memberikan bantuan ekonomi untuk negara-negara tersebut untuk meyakinkan mereka untuk memilih salah satu pihak. Dalam artian, negara-negara yang tidak memihak kedua negara antagonis tersebut mendapatkan keuntungan dari sisi ekonomi.

Pada akhirnya, bisa kita simpulkan bahwa seluruh negara terkena dampak dari Perang Dingin, karena Perang Dingin tersebut secara tidak langsung membentuk perintah internasional. Seluruh negara terus-terusan merasa khawatir apabila senjata nuklir dikeluarkan oleh kedua negara adikuasa tersebut. Namun di sisi lain, banyak juga dampak positif yang didapatkan dari negara-negara lain dari banyak sisi mulai dari sisi ekonomi hingga sisi perdamaian. Amerika Serikat dan Uni Soviet cenderung menyimpan perang dengan skala besar untuk mereka sendiri, dan tidak melibatkan negara-negara kecil. Oleh karena itu, dampak dari Perang Dingin adalah sangat bervariasi dari masing-masing negara.

 

, , ,
Post Date: Tuesday 23rd, January 2018 / 08:21 Oleh :
Kategori : Militer