Sponsors Link

5 Dampak Positif Perang Korea bagi Indonesia yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Suasana panas di Semenanjung Korea yang terus berlangsung hingga saat ini membuat semua pihak di dunia ikut memikirkan dampak buruk yang akan terjadi bila peperangan sampai meledak di negeri ginseng tersebut. Belakangan ini hubungan antara Korea Utara dengan Amerika Serikat memang kian memburuk, terlebih setelah presiden Korut Kim Jong Un mengumumkan akan menembakkan rudal balistiknya ke pulau Guam di wilayah Pasifik yang menjadi pangkalan militer AS. Tentu saja hal tersebut mengundang reaksi dari presiden AS Donald Trump yang mengatakan akan mengerahkan kekuatan militernya jika serangan tersebut benar-benar diluncurkan.

ads

Hal yang paling dikhawatirkan dari peperangan kedua pihak tersebut adalah pecahnya perang nuklir yang memberikan dampak luar biasa tidak hanya negara yang diserang namun juga negara lain di sekitarnya. Padahal konflik Korea Utara dan Korea Selatan saja belum terselesaikan hingga sekarang, namun Korea Utara sudah berani mengajukan tantangan ke negara lain yang terbilang kuat dengan menyusun strategi perang dingin selama bertahun-tahun. Jika senjata nuklir digunakan, maka dampak perang nuklir bagi kehidupan manusia akan sangat berbahaya mulai dari munculnya kerusakan yang besar hingga jatuhnya korban nyawa hingga jutaan jiwa. Terlebih lagi dampak perang nuklir bagi Indonesia juga akan mempengaruhi bak di bidang sosial, ekonomi hingga politik.

Dampak Positif Perang Korea bagi Indonesia

Ketegangan di Semenanjung Korea memang menjadi perhatian dunia, mengingat jika perang sampai terjadi akan lahir perang dunia III yang akan menghancurkan berbagai wilayah di muka bumi. Penyebab konflik sara diduga menjadi titik awal mulainya ketegangan antara Korea Utara, korea Selatan dan Amerika Serikat. Tentu saja yang paling mengkhawatirkan adalah jika sampai di antara negara yang bertikai tersebut terjadi perang nuklir. Meski dampak positif perang nuklir tetap ada, dampak negatif yang ditimbulkan justru lebih mengerikan. Setiap peperangan pasti menimbulkan dampak negatif bagi negara yang terlibat maupun negara lain yang memiliki hubungan dengan negara tersebut, namun setidaknya ada beberapa dampak positif perang Korea bagi Indonesia yang bisa didapat antara lain sebagai berikut.

1. Harga Energi Naik

Peperangan di Korea tentu akan mempengaruhi kestabilan harga energi dan juga daya finansial dunia. Hal ini dapat berpengaruh terhadap perekonomian di indonesia, dimana peperangan biasanya akan memicu terjadinya kenaikan harga energi. Kondisi tersebut akan menguntungkan indonesia karena banyak pihak eksportir energi di Indonesia akan mendapat keuntungan berlipat. Dengan kata lain perang di Semenanjung Korea akan memberikan efek positif bagi Indonesia meskipun kerugian yang ditimbulkan tetap saja ada.

2. Peralihan Investasi

Perindustrian Korea yang ada di Indonesia sampai saat ini telah meraup keuntungan berlipat-lipat, mengingat rakyat indonesia yang bersifat komsumtif menjadi target pasar yang empuk bagi negara tersebut. Dengan adanya perang di korea, maka kemungkinan investasi perindustrian Korea terutama yang berada di Indonesia akan beralih ke tangan pemerintah Indonesia. Hal ini tentu akan menguntungkan karena dapat menjadi pemasukan kas negara.

3. Meningkatnya Kebudayaan Indonesia

Fenomena K-POP yang kian menjamur di Indonesia terus menggerus kebudayaan Indonesia yang sebenarnya lebih kaya dan beragam. Terjadinya perang Korea dapat membuat kestabilan fenomena K-POP jatuh dan memudar, sehingga kebudayaan Indonesia bisa bangkit kembali. Hal ini dikarenakan Negara Korea selalu mewajibkan penduduknya untuk mengikuti wajib militer. Jika perang terjadi maka personil K-POP akan turut dipanggil untuk membantu melindungi negaranya dari ancaman negara lain.

4. Pergantian Industri Kreatif Korea

Industri kreatif Korea saat ini sedang mendunia, dan dunia hiburan tengah dikuasai oleh negara Korea yang kebudayaan dan ide hiburan yang mereka miliki sangat digemari semua orang. Namun krisis besar akan terjadi jika peperangan pecah di Korea, dimana hal tersebut juga berdampak bagi indonesia. Bukan tidak mungkin industri kreatif Korea akan digantikan oleh industri kreatif Indonesia. Karena sejatinya indonesia juga memiliki bakat-bakat hebat dengan segudang ide kreatif untuk menghibur banyak orang.

Sponsors Link

5. Peningkatan Perekonomian Indonesia

Meski perang umumnya menimbulkan krisis berkepanjangan dan juga kerugian yang tidak terhitung, masih tetap ada yang menjadi keuntungan atau bernilai positif bagi Indonesia jika seandainya perang di Korea benar-benar terjadi. Diperkirakan indonesia akan mengalami peningkatan dalam hal perekonomian, mengingat jika nilai ekspor meningkat dan beberapa industri Korea berhasil jatuh ke tangan Indonesia benar terjadi. Meski begitu bukan berarti Indonesia mengharapkan peperangan tersebut benar-benar akan pecah, karena walau bagaimanapun kerugian yang lebih besar akan muncul jika terjadi peperangan di Korea.

Itulah dampak positif perang Korea bagi Indonesia. Untuk menghindari dampak negatif yang pasti akan muncul jika perang benar terjadi, perlu adanya pengendalian konflik sosial yang bisa dilakukan baik di negara yang terlibat maupun negara lain yang khawatir dengan dampak yang ditimbulkan.

, , , ,
Post Date: Monday 08th, January 2018 / 07:54 Oleh :
Kategori : SARA