Sponsors Link

4 Penyebab Khusus Perang Dunia 1 Berdasarkan Fakta Sejarah

Sponsors Link

Perang dunia 1 yang dimulai di dataran eropa pada 24 juli 1914 hingga 11 November 1918, menjadi sebuah sejarah kelam yang merengut banyak korban jiwa seperti juga latar belakang konflik rohingya . Perang ini melibatkan antara blok sekutu dan blok sentral. Blok sentral terdiri dari negara seperti Jerman, Austro-Hongaria, Turki Utsmani, dan Bulgaria. Sedangkan blok sekutu merupakan negara negara yang tergabung dalam melawan blok sentral dimana negara yang tergabung didalamnya terhitung ada 32 negara yang tergabung dalam blok sekutu diantaranya adalah kerajaan Serbia, Kerajaan Rusia, Prancis, Kerajaan Inggris, Amerika Serikat dll. Dengan total kekuatan yang dikerahkan oleh kedua blok masing masing adalah 42.959.850  untuk blok sekutu dan blok sentral sebanyak 25.248.321. Selama kurun waktu perang terjadi jumlah korban keseluruhan dari masing-masing pihak ialah 22.477.500 di pihak sekutu dengan rincian 5.525.000 militer meninggal, 12.831.500 militer luka dan 4.121.000 militer yang hilang. Untuk blok sentral total korban adalah 16.403.000 dimana 4.386.000 militer meninggal, 8.388.000 militer terluka dan 3.629.000 militer yang hilang.

ads

Perang dunia 1 terpusat di eropa dengan melibatkan negara negara yang nota bene memiliki kemampuan militer dan persenjataan yang mumpuni. PD I juga menjadi konflik paling mematikan keenam sepanjang sejarah dunia seperti juga dampak perang nuklir bagi kehidupan manusia , tentunya hal ini kemudian membuka jalan bagi adanya perubahan politik, seperti terjadinya revolusi pada negara negara yang terlibat. Banyaknya korban yang gugur dalam perang sebagai akibat dari dampak peekembangan teknologi untuk meningkatkan efek mematikan dalam penggunaan sebuah senjata tanpa memperhatikan mobilitas dan kemanan penggunanya. Tak ada asap jika tak ada api. Begitupun juga dengan perang dunia 1 ini tidak akan terjadi tanpa ada hal yang memicunya. Secara umum perang dunia 1 disebabkan oleh adanya persaingan antara negara negara dalam perlombaan di bidang persenjataan. Selain itu paham imperialisme yang merasuk ternyata juga menjadi faktor pemicu. Dalam bidang politik adanya politik aliansi atau mencari kawan juga ikut menyumbang dalam penyebab terjadinya perang dunia 1. Namun, selain sebab di atas tadi, ternyata ada hal khusus yang mendasari terjadinya perang. Berikut 4 sebab khusus perang dunia 1 berdasarkan fakta sejarah. Simak selengkapnya.

1. Terbunuhnya Pangeran Franz Ferdinand Dari Austria

Pada tahun 1914 tentara dari bangsa Austria melakukan latihan perang di negara Bosnia. Tindakan ini kemudian dinilai sebagai tindakan yang provokatif  bagi serbia simak juga dampak perang nuklir bagi indonesia . Karena pada saat itu Serbia ingin menguasai Bosnia. Serbia menilai latihan perang ini merupakan tantangan dari Austria. Karena sejak tahun 1903 Serbia memiliki ambisi untuk membangun bangsa Slavia menjadi besar. Hal ini kemudian membuat Austria mengisolasi Serbia dari daerah Slavia yang lain dan dari Lautan Andriatik. Hal ini lah juga yang kemudian membuat Austria menganeksasi Bosnia Herzegovina.

Dampak dari latihan perang yamg dilakukan Austria membuat  pemimpin gerakan radikal Serbia Raya  Gavrilo Princip, membunuh Putera mahkota Austria Franz Ferdinand beserta sang Istri. Pembunuhan itu terjadi pada 28 Juni 1914, ketika Pangeran Ferdinand berkunjung ke Sarajevo ( sekarang merupakan ibukota Bosnia) untuk melihat latihan perang yang sedang berjalan. Kontak saja hal ini membuat pihak kerajaan Austria marah besar simak juga dampak positif perang korea bagi indonesia . Hingga pada 23 Juli 1914 pemerintah Austri mengeluarkan 10 ultimatum yang harus di penuhi oleh Serbia. Dua hari setelahnya yaitu tanggal 25 Juli 1914 Serbia hanya mau menerima 8 tuntutan yang di ajukan oleh Austria. Sikap Serbia ini terang terangan di tolak oleh Austria. Hal ini kemudian membuat hubungan diplomatik antar keduanya putus.

2. Ultimatum Perang Austria Kepada Serbia

Tak perlu menunggu lama, hubungan yang memanas antara kedua negara (Austria dan Serbia) membuat Austria mengeluarkan peryataan perang melawan Serbia pada 28 Juli 1914. Bersamaan dengan kondisi ini membuat kekuatan negara di Eropa mulai menunjukkan geliatnya simak juha akibat konflik sara . 29 Juli 1914 kapal perang Austria bersiagan di Sungai Danube dan membombardir Beograd (saat itu ibukota Serbia). Kondisi ini tentu membuat Serbia tidak tinggal diam. Dengan mengerahkan kekuatan militernya Serbia kemudian membalas serangan ini.

Sponsors Link

3. Peryataan Perang Jerman Terhadap Rusia dan Prancis

Situasi eropa yang semakin memanas, membuat Jerman menyatakan perang terhadap Rusia pada 1 Agustus 1914. Kemudian disusul pernyataan perang Jerman kepada Prancis dan Belgia pada 3 Aguatus 1914. Kemudian pada 4 Agustus 1914 Jerman berhasil menduduki Belgia. Disaat yang sama inilah Britania Raya kemudian mengeluarkan pernyataan perang terhadap Jerman. Pada saat itu, Amerika Serikat masih memilih untuk bersikap netral simak juga penyebab konflik sara . Situasi yang kian memanas membuat dampak perang menjalar ke negara-negara eropa. 6 Agustus 1914 Austria menyatakan perang terhadap Rusia, bersamaan dengan itu, Serbia juga menyatakan perang melawan Jerman. Pernyatan perang ini kemudian memicu aksi saling serang antar negara yang memgeluarkan ultimatum. Saat itu, kondisi eropa benar benar kacau. Perang yang berkecamuk menyebabkan korban jiwa, harta benda, kelaparan dan penderitaan bagi warga sipil.

4. Keterlibatan Amerika Serikat 

Pada masa awal perang, AS cenderung lebih tenang dan bersikap netral. Namun, netralitas Amerika Serikat terusik saat Jerman melanggar Cruser Law dengan menenggelamkan kapal RMS Lusitania. Belum cukup sampai disitu 1 Februari 1917 Jerman mengumumkan Perang Laut tanpa batas menggunakam kapal selam. Kondisi ini kemudian membuat AS geram. Pada 6 April 1917 AS mengumumkan perang melawan Jerman. Hal ini memang sudah diprediksi oleh Jerman bahwa cepat atau lambat AS akan segera menjadi musuh mereka simak juga contoh konflik antar agama . Keterlibatan AS dalam perang tentu mengubah alur pada perang dunia 1 yang terjadi. Jerman mulai terdesak karena di serang dari berbagai sisi. Jerman mulai mengalami kekalahan di blok timur yang kemudian disusul kekalaham di blok barat sehingga puncaknya pada 11 November 1918 ditandatangi perjanjian gencatan senjata, hal tersebut sekaligus juga mengakhiri masa perang dunia 1 yang kelam dan kelabu.

4 penyebab khusus perang dunia 1 berdasarkan fakta sejarah, tentu menjadi sebuah sejarah kelam bagi perjalanan bangsa bangsa eropa. Bagaimana perang kemudian berdampak tidak hanya pada negara yang berkonflik tapi juga menimbulkan dampak bagi semua negara di belahan bumi. Bahkan negara yang terlibat juga ikut melibatkan negara seperti Jepang, Cina dan Selandia Baru. Hal ini juga membuat eropa mengalami kemunduran di segala sendi. Padahal jika kita tahu, eropa merupakan wilayah dengan negara negara maju dalam segala bidang  tentunya dampak perang ini selalu membawa banyak kerusakan infratsruktur, dan untuk mengembalikannya tentu diperlukan waktu yang relatif lama. Itulah mengapa perdamaian dunia harus di wujudkan secara bersama agar tentunya rasa aman dapat dinikmati oleh semua bangsa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, ,
Post Date: Sunday 14th, January 2018 / 08:22 Oleh :
Kategori : Internasional