Sponsors Link

Dampak Perang Vietnam Bagi Vietnam yang Fenomenal

Sponsors Link

Melihat kembali kepada peristiwa perang dunia yang juga banyak karena disebabkan oleh faktor-faktor yang telah terjadi sebelumnya pada penyebab khusus Perang Dunia 1, banyak sekali konflik-konflik yang terlahir dari sana yang sebenarnya hanya terlahir dari rasa haus akan kekuasaan saja. Konflik tersebut tidak hanya terjadi pada daerah-darah besar saja, namun juga pernah terjadi pada area-area kecil di negara pada Asia Tenggara, contohnya pada negara Vietnam. Vietnam pernah mengukir sejarah yang luar biasa karena bisa mengalahkan pasukan Amerika Serikat, yang kala itu dikalahkan dengan kondisi medan perangyang sanga diluar dugaan mereka. Oleh karena itu penyebab perang Vietnam dan Amerika tadi bisa membawa peperangan yang cukup menguntungkan bagi mereka, karena pasukan Vietnam lah yang memang benar-benar tahu kondisi di lapangan, dan tinggal memanfaatkanstrategi yang jitu untuk melakukan cover up pasukan mereka menggunakan habitat yang ada untuk bisa menyerang Amerika dengan diam-diam dan mematikan.

ads

Dari kemenangan Viet Cong oleh Amerika tadi, dampak-dampak terus bermunculan, entah itu dampak positif Perang Vietnam maupn dampak negatif yang akan muncul setelahnya. Seperti yang diduga, dampak negatif tadi sempat menjadi perbincangan dunia mengenai kelangsunga hidup negara Vietnam yang saat itu sedang memanas karena faktor politik dan penyebab konflik antar suku. Untuk lebih mengertilebih jelas lagi mengenai apa yang sebenarnya terjadi setelah Perang Vietnam berakhir, anda perlu menyimak informasi berikut ini yang memuat tentang dampak – dampak yang akhirnya trlahir setelah pecahnya perang tersebut yang akhirnya kembali dirasakan oleh Vietnam sendiri. Kita mulai dengan dampak yang pertama.

1. Komunis Semakin Berkembang

Salah satu dampak yang paling terasa  adalah berkembangnya Komunisme di berbagai negara di Asia Tenggara, seperti Laos, Kamboja, dan juga mewabah sampai ke Indonesia. Bisa dibilang, salah satu penyeb terbentuknya pembentukan PKI dari sejarah terbentuknya PKI adalah kemenangan Vietnam Utara atas Vietnam Selatan yang kala itu juga dibantu oleh Amerika Serikat, mereka semakin git untuk menyebarkan ideologi komunis mereka ke negara-negara tetangganya. Sampai-sampai pemerintah saat oitu mendirikan mendirikan sebuah negara boneka yang diberi nama Republik Rakyat Kampuchea, yang memiliki fungsi khusus sebagai wadah untuk memfasilitasi para penebar agama komunis.

Tentu saja, dengan berdirinya sistem pemerintahan ini, datanglah pihak-pihak yang bertentanga dengan hal tersebut, dan akhirnya menjadi suatu penyebab pelanggaran HAM Vertikal dan juga penyebab konflik horizontal bagi masyarakat Vietnam sendiri. Vietkong melawan masyarakat yang merasa tidak setuju dengan kebijakan tersebut. Namun sebelum hal itu terjadi , Laos sudah memasuki era komunisme. Hal itu sudah ditebak terlebih dahulu dengn efek domino yang pasti terjadi. Efek domino menjelaskan kepada kita bahwa apabila suatu wilayah berhasil dikuasai oleh suatu ideologi, maka wilayah-wilayah lainnya juga akan merasakan hal yang sama satu persatu dan dalam waktu yang berurutan.

2. Dibentuknya Gerakan Penghambat Komunisme

Walaupun ini bukanlah salah satu dampak seperti yang telah terjadi pada dampak negatif Perang Dingin, namun perkembangan komunism di wilayah Asia Tenggara bisa dibilang mengkhawatirkan, terlebih lagi mayoritas masyakarat kala itu masih berada pada kondisi ekonomi yang tergolong bawah, yang sangat mudah menjadi sasaran  komunis selanjutnya. Oleh karena itu, sebagian masyarakat Vietnam khawatir akan itu, dan meyakinkan diri mereka untuk tidak setuju dengan pemerintahan yang tiba-tiba dibentuk. Hal itu merupakan kesempatan emas bagi negara-negara anti komunis seperti Indonesia untuk memberikan dukungan kepada mereka.

Sponsors Link

Salah satu aksi yang terbaik yang bisa dibuktikan adalah dengan diakuinya Pemerintah Koalisi Demokrasi Kampuceha, yang mana merupakan pemerintahan anti komunis yang berada di Vietnam sebagai pemerintahan yang sah untuk memimpin Kamboja, dan juga wakil dari Vietnam untuk PBB. Hal ini pun sangat diapresiasi oleh PKDK sendiri, dengan terus melanjutkan aksi untuk melawan komunisme di anah Vietnam.

ads
3. Terjadinya Pertempuran di Kamboja

Lalu, dari perbedaan ideologi tersebut, timbullah salah satu penyebab konflik antar agama yang memberikan dampak konflik agama yaitu adanya peperangan antar saudara di Vietnam yang terjadi pada negara Kamboja. Pada peperangan ini, yang paling disorot sebagai salah satu pemicu terjadinya perang ini adalah Pasukan Khmer Merah, yang melanjutkan perjuangan perluasan komunis pada area Kamboja.

Perjuangan mereka dihambat oleh Pemerintahan Kamboja sendiri yang saat itu diback up oleh negara China, dan pihak Vietnam yang dibantu oleh negara komunis terbesar di dunia kala itu, Uni Soviet. Perang tersebut pun tidak bisa dihindarkan, dan terjadi kira-kira pada sekitar tahun 1977 sampai dengan 1979.

4. Warga yang Menderita Akibat Agent Oranye

Hampi sama seperti dampak nuklir terhadap lingkungan, dampak pasca perang pun harus dirasakan masyarakat luas akibat dari racun dengan kode Aget Oranye, yang mana dikeluarkan oleh pihak Amerika Serikat pada perang tanaman atau herb wayfare dengan Vietnam. Tanpa mengetahui hal tersebut, masyarakat Vietnam yang sudah mengonsumsi tumbuhan yang sudah terkontaminasi oleh racun tersebut akan mengalami penurunan kesehatan secara bertahap. Seperti tinggal menunggu kematian menjemput saja, karena racun yang terdapat dalam Agent Oranye ini cukup kuat, hingga bisa mempengaruhi generasi-generasi berikutnya. Bisa dibayangkan, anak-anak Vietnam kala itu dilanda ketakutan yang luar biasa karena terenggut masa depannya.

5. Penerimaan Bantuan dari Indonesia Beserta Negara-Negara ASEAN

Sebagai anggota ASEAN yang memiliki armada angkatan darat terkuat di ASEAN, Indonesia juga turut serta membantu masyarakat Vietnam dengan menerjunkan pasukan untuk membantu secara langsung dengan memberi bantuan logistik dan dukungan perlindungan. Ada tiga pasukan yang dikirimkan dikala itu, Pasukan Garuda IV, V, dan VI. Tugas penting yang harusdijalakan adalah melakukan pengawasan serta pengamatan terhadap genjatan senjata yang terjadi pada 1973 dan 1974 dengan arahan dari International Commision for Control and Supervision.

Itulah tadi dampak dari pepeangan yang terjadi pada Vietnam yang melibatkan negara Vietnam sendiri dengan salah satu negara adidaya terhebat di dunia, yaitu Amerika Serikat. Kita bisa liha bahwa pada awalnya ciri ciri agresi militer memang belum sempat terlihat begitu jelas. Namun lama kelamaan, karena tidak adanya pengendalian konflik sosial yang efektif menyebabkan masyarakat Vietnam sendiri terbelah dan harus melibatkan negara Amerika di dalamnya.

Untuk itulah, kita sebagai waga negara yang baik harus berusaha untuk menjaga hubungan dengan bangsa lain untuk bisa saling mempererat tali persaudaraan. Sekarang bukan jamanya lagi untuk berperang merebutkan kedaulatan, lebih baik kita membangun negara sendiri supaya bisa lebih baik dari yang sebelumnya. Kita bisa terapkan solusi agar perang tidak terjadi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sponsors Link

Dengan begitu, kita sebagai masyarakat dunia akhirnya bisa berdamai tanpa adanya pertentangan mengenai apapun. Dan akhirnya hubungan yang baik antar negara-negara bisa saling berlanjut dan bahkan bisa meingkatkan status persahabatan antara negara kita dengan negara lainnya untuk bisa saling mendukung apabila terdapat kekurangan sumber daya ataupun untuk ikut serta membantu menangani konflik yang ada di negara lain, seperti yang pernah dilakukan Indonesia dahulu.

, ,
Post Date: Tuesday 30th, January 2018 / 14:48 Oleh :
Kategori : Internasional