Tes Masuk TNI Angkatan Udara di Indonesia

Seperti yang kita tahu bahwa negara kita ini memiliki seperangkat alat negara yang amat berguna bagi kehidupan kita. Sebagai contoh saja TNI kita yang mana termasuk dalam militer terkuat di Asia Tenggara dan juga kepolisian Indonesia. Banyak sekali dari kita yang ingin ikut serta secara langsung demi melindungi negara dengan berbagai cara, salah satunya ikut bergabung dalam pasukan tersebut.

Namun seringkali yang dilupakan di sini adalah tes setelah kita memenuhi persyaratan umum yang diwajibkan. Contoh saja, banyak peserta yang gagal dalam tes fisik masuk Brimob. Padahal, untuk bisa betul-betul masuk ke dalam keanggotaan, kita harus mematuhi seluruh prosedur yang ada di dalam cara masuk Brimob. Perlu diingatkan lagi bahwa untuk masuk ke dalam keanggotaan kita perlu usaha keras untuk berjuang. Karena nantinya tugas anda bukan hanya untuk mengabdi kepada negara tapi juga sebagai pelayan masyarakat.  Selain itu, seperti yang kita tahu keadaan Indonesia akhir-akhir ini sedang gawat. Bkukan karena adanya ancaman dari negara lain, namun retaknya hubungan rakyat Indonesia yang dikarenakan kurangny toleransi itu. Selebihnya, akan kami bahas kembali mengenai pendaftaran yang lainnya, yaitu Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara. Bagi anda yang mempunyai impian untuk terbang ke angkasa, inilah saat yang tepat untuk mewujudkannya.

Seperti halnya dengan pendaftaran-pendaftaran pasukan kenegaraan lainnya, anda perlu memenuhi terlebih dahulu syarat-syarat berikut ini yang mana terbagi atas syarat umum dan syarat tambahan. Kita juga akan membahas sejenak mengenai segala pelatihan dan seleksi yang akan anda tempuh berikutnya. Oke, langsung saja pada persyaratan yang pertama yaitu Syarat Umum

Syarat Umum

Anda yang nantinya sebagai perangkat negara harus bisa mengantisipasi segala konflik yang dikarenakan oleh penyebab konflik antar suku dan juga penyebab konflik antar agama. Tentunya sebelum masuk,  terdapat persyaratan umum yang harus anda penuhi terlebih dahulu, yaitu :

1. Pendaftar merupakan Warga Negara Indonesia8.

2. Bertakwa Kepada Tuhan yang Maha Esa

3. Menjunjung Tinggi NKRI dan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara 1945

4. Berusia setidaknya 17 tahun 9 bulan sampai dengan 22 tahun pada saat memasuki pendidikan pertama

5. Tidak memiliki riwayat kriminalitas pada SKCK

6. Sehat Jasmani dan rohani

7. Tidak sedang kehilangan hak untuk menjadi anggota TNI karena keputusan pengadilan

8. Lulus pelatihan pertama

Sebenarnya persyaratannya cukup mudah, yang mana bisa anda lihat pada syarat masuk TNI Wanita ataupun yang ingin mengikuti syarat masuk TNI Angkatan Laut.

[AdSense-B]

Syarat Tambahan

Ada juga syarat tambahan seperti yang terdapat pada Kopassus yang terkenal sebagai salah satu personel militer terbaik di dunia, yang juga kita bahas pendaftaran sebelumnya pada syarat masuk TNI Angkatan Darat Kopassus. Setelah berhasil memenuhi persyaratan umum yang harus benar-benar dipenuhi oleh anda, ada juga syarat tambahan yang harus diperhatikan oleh anda sebagai berikut :

1. Sanggup ditempatkan pada seluruh wilayah di Indonesia

2. Bersedia untuk mengganti seluruh biaya apabila menyerah atau mengundurkan diri dari pelatihan/pendidikan pertama

3. Bersedia untuk mengganti seluruh biaya bila mengundurkan diri selama masa dinas pertama berjalan

4. Orang tua ata wali harus menandatangani surat keterangan tidak melakukan penyuapan

5. Bagi yang sudah bekerja, harus mendapat ijin dari dinas yang terkait brupa surat keterangan yang telah ditanda tangani

6. Bersedia untuk mengundurkan diri apabila diterima menjadi anggota

7. Mendapat ijin dari orang tua atau wali apabila pendaftar berumur kurang dari 21 tahun saat mendaftar

8. Sanggup untuk mengikuti segala prosedur yang telah ditentukan

Untuk lokasi pendaftarannya sendiri, tergantung pada tempat anda tinggal. Anda bisa mengecek Lanud terdekat di sekitar tempat tinggal anda untuk keterangan lebih lanjut. Lalu kami akan memberitahukan kepada anda mengenai langkah-langkah seleksi yang akan anda lalui untuk masuk ke dalam pasukan yang juga bisa dibilang sebagai angkatan bersenjata terbaik di dunia ini.

Tahap Seleksi

Banyak sekali konflik yang membutuhkan polisi sebagai mediator, contohnya adalah konflik yang diakibatkan karena penyebab konflik Poso dan juga penyebab konflik Ambon. Untuk akhirna bisa mendamaikan konflik tersebut, perlunya anda mengetahui dulu tentang adanya seleksi :

[AdSense-A]1. Admisistrasi

Tentunya langkah pertama yang harus anda lewat adalah administrasi. Administrasi di sini bukan berarti anda harus membayar untuk dapat masuk ke dalam pendaftaran TNI AU. Pemeriksaan dokumen dilakukan secara transparan untuk semua pihak, jadi anda tidak perlu takut adanya kecurangan dalam pemilihan berkas anda. Anda hanya ditugaskan untuk membawa berbagai hal yang penting guna sebagai “tiket masuk” untuk melakukan pendaftaran seperti KTP, SKCK, akta kelahiran, dan sebagainya.

2. Tes Kesehatan Pertama

Dalam tahap ini, pendaftar akan diperiksa fisiknya termasuk mata, pemeriksaan terhadap bedah, kesehatan gigi, dan juga THT. Ini adalah tahap check up kesehatan yang harus anda lakukan sebagai awal untuk masuk ke dalam keanggotaan.

3. Tes Kesehatan Jasmani

Inilah salah satu ujian yang paling ditakuti oleh calon peserta yaitu Tes Kesehatan Jasmani. Kebanyakan adalah karena rasa grogi dan tidak percaya diri hingga mereka yakin bahwa mereka akan gagal, dan akhirnya apa yang mereka yakini pun terkabul. Yang perlu diperhatikan di sini adalah, pengetesan yang dilakukan ada berbagai tahap yang terbagi atas beberapa gerakan seperti lari, push up, sit up, shuttle run, dan juga berenang. Semua itu diperlukan untuk membentuk tubuh yang bugar, demi membentuk pasukan yang kuat demi mendeteksi dan menangani segala ciri- ciri agresi militer pada negara Indonesia.

4. Tes Skrining POM Au

Pada tahap ini tidak banyak informasi yang dapat kami sampaikan, karena pada tahap ini dirahasiakan. Saran untuk anda, persiapkan diri anda dan berkas-berkas yang dibutuhkan saat menuju ke tahap ini.

5. Tes Mental dan Ideologi

Pada tahap ini anda akan melewati dua fase ujian, yang pertama yaitu tahapan tertulis, dan yang kedua adalah tahapan wawancara. Anda harus melewati tes ini dengan jujur dan jadi diri anda sendiri, jangan coba-coba untuk meniru gaya atau perkataan orang lain. Tujuan dari tes ini sebenarnya hanyalah untuk mengetes seperti apa kepribadian anda yang sebenarnya, jadi tidak ada yang perlu ditutup-tutupi.

6. Tes Psikologis

Pada tes ini, anda akan diuji kecerdasan intelektual anda. Banyak sekali berbagai tahap yang harus anda lewati, seperti tes logika aritmatika, tes logika penalaran, tes analog verbal, dan lain sebagainya. Anda harus sedikit belajar mengenai hal-hal tersebut sebagai bekal yang baik untuk tahap ini.

7. Tes Kesehatan Dua

Setelah melewati tes kesehatan yang pertama, anda masih belum bisa tenang begitu saja. Ada tes kesehatan tahap dua yang harus anda lewati. Tapi tenang, pada tahap ini anda tidak akan berkeringat dan lelah, karena tahap ini sebenarnya adalah check up lebih dalam mengenai tubuh anda dari dalam. Akan ada pengecekan darah dan urine, yang nantinya bisa mendeteksi apakah anda mengkonsumsi narkoba atau tidak. Saran untuk anda, berpuasalah satu hari sebelum tes ini agar tubuh anda bersih dari segala radikal bebas yang mungkin bisa menyebabkan anda tidak lulus dalam tahap ini.

8. Sidang Pantokhir

Tahap terakhir adalah sidang Pantokhir. Pada tahap ini anda diharuskan untuk mengikuti sidang untuk bisa masuk ke dalam pilihan tentara terbaik yang akan dipilih. Bagi yang terpilih, nanti akan dilatih kembali pada ujian tingkat pusat.

[AdSense-C]

Itulah berbagai hal yang perlu anda ketahui tentang pendaftaran TNI AU. Tentara inilah yang juga sangat berjasa dalam penyelesaian penyebab konflik horizontal dan juga penyebab pelanggaran HAM Vertikal Inilah kesempatan bagus untuk anda yang ingin masuk ke dalam pasukan yang semoga saja nantinya bisa masuk ke dalam daftar urutan tentara terbaik di dunia. Jangan patah semangat, dan tetap berjuang!