Cara Masuk Brimob yang Terkenal di Indonesia

Kita sebagai warga negara Indonesia tentunya ingin berkontribusi pada negara kita ini melalui banyak cara yang bisa kita lakukan. Mulai dari membentuk pribadi menjadi lebih baik lagi, mengembangkan orang lain, ataupun ikut turun serta untuk membantu kegiatan kenegaraan. Salah satunya adalah dengan ikut bergabung dalam penegak hukum Indonesia, untuk membantu negara dalam menertibkan masyarakat. Untuk bisa masuk ke dalam penegak hukum Indonesia, tentunya para calon peserta diharuskan untuk bisa memenuhi segala persyaratan untuk masuk ke dalam anggota kepolisian, sama dengan calon tentara yang harus memenuhi persyaratan seperti syarat masuk TNI Angkatan Darat Kopassus ataupun syarat masuk TNI Angkatan Laut.

Tentunya setelah anda bisa memenuhi persyaratan tersebut,anda dituntut untuk memenuhi serangkaian ujian atau tes yang harus anda lakukan, salah satunya adalah tes fisik masuk Brimob. Namun bukan hanya tes fisik saja yang perlu anda perhatikan di sini, anda juga harus memahami dan mempersiapkan diri untuk tes-tes lainnya yang berfokus untuk menguji kecerdasan otak.  Selain dua konflik tersebut masih banyak konflik lain yang harus dipecahkan, terutama konflik yang sedang marak diakibatkan oleh penyebab konflik antar suku dan penyebab konflik antar agama. Untuk mengatasi hal tersebut, para anggota harus memiliki hati dan kepala yang dingin, serta kebugaran fisik guna mencegah kejadian anarkis yang lebih besar. Dengan begitu, walaupun Brimob tidak sekuat militer Indonesia yang mendapat posisi puncak di militer terkuat di Asia Tenggara, namun mereka sangat membantu sekali dalam berbagai permasalahan di masyarakat. Untuk lebih memahami apa saja yang harus anda penuhi untuk masuk ke dalam Brimob ini, maka kami akan memberikan segelintir informasi mengenai pendaftaran Brimob itu sendiri.

Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah meyakinkan diri anda sendiri, apakah betul-betul yakin untuk masuk ke dalam keanggotaan dan siap untuk bertanggung jawab akan hal itu. Bila sudah mantap, anda bisa melihat kriteria atau persyaratan umum yang sekiranya bisa anda penuhi atau lihat pada diri anda sendiri. Di sini terdapat dua persyaratan utama, yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus. Untuk bisa masuk pada Brimob, anda wajibkan untuk masuk ke dalam Tamtama Polri serta melakukan pemenuhan persyatan umum sebagai berikut :

Persyaratan Umum

Inilah berbagai syarat yang harus anda penuhi terlebih dahulu untuk bisa masuk ke dalam pendaftaran jajaran Brimob, pada dasarnya syarat ini hanyalah persyaratan yang cukup sederhana, tidak perlu ketelitian lebih lanjut untuk bisa memenuhi persyaratan ini, diantaranya adalah :

1. Calon peserta adalah warga Negara Indonesia

2. Berkelamin Pria atau Wanita

3. Memiliki Agama dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

4. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945

5. Memiliki pendidikan paling rendah SMA atau sederajat

6. Usia calon saat mendaftar minimal mencapai umur 18 tahun

7. Memiliki kesehatan jasmani dan rohani

8. Tidak pernah melakukan kejahatan pidana atau bersih dari laporan buruk kepolisian (berdasar bukti kuat yaitu Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

9. Memiliki kepribadian yang jujur, disiplin, dan berwibawa

10. Calon peserta sanggup untuk menyelesaikan serangkaian pelatihan pembentukan anggota

[AdSense-B]

Itu tadi sepuluh syarat umum untuk bisa anda penuhi dalam langkah awal untuk masuk ke dalam keanggotaan Brimob. Sekiranya syarat-syarat tersebut sangatlah sederhana dan tidak memberatkan sama sekali untuk calon anggota. Untuk itu, yang perlu anda lakukan hanyalah menyiapkan diri anda, terutama kebugaran jasmani untuk menghadapi berbagai test selanjutnya untuk bisa masuk ke dalam regu yang sanggup menyelesaikan berbagai konflik karena penyebab konflik horizontal dan penyebab pelanggaran HAM vertikal ini. Untuk selanjutnya, agar bisa masuk ke dalam keanggotaan polri yang meningkatkan kekuatan negara kita serta membuat negara kita tidak lagi tercatat dalam negara-negara dengan militer terlemah ini, maka anda harus bisa memenuhi persyaratan khusus berikut ini. Persyaratan-persyaratan ini perlu anda lihat dengan seksama, karena jumlahnya cukup banyak.

Syarat Khusus

Jangan khawatir,  tidak hanya para pria saja namun wanita juga bisa mendaftarkan diri dengan bebas. Untuk wanita, persyaratannya kurang lebih sama dengan syarat masuk TNI Wanita yaitu :

1. Peserta bukanlah merupakan mantan dari anggota Polri/TNI ataupun PNS yang pernah mengikuti pelatihan Polri atau TNI

2. Pendidikan terakhir SMA atau sederajat, bila SMA lulusan dari jurusan apa saja baik IPA, IPS, atau Bahasa. Pendidikan SMK yang memiliki kualifikasi sesuai dengan kepolisian ( kecuali jurusan Kecantikan dan Tata Busana)

[AdSense-A]3. Diutamakan memiliki izin mengemudi (SIM)

4. Jika pendaftar masih duduk pada kelas 3 SMA, maka diperkenankan untuk menggunakan nilai rapor pada semester satu, setelah lulus baru dikenakan syarat pada nomor 2

5. Umur minimal pendaftar mencapai 17 tahun 8 bulan sampai dengan umur 22 tahun

6. Memiliki tinggi badan sekitar 165 cm, 163 cm untuk etnis Papua

7. Tidak memiliki tanda/bekas tato dan tindik, kecuali memang diwajibkan dalam agama atau adat

8. Bebas dari segala penggunaan narkoba (dengan bukti surat resmi dari instansi kesehatan pemerintah)

9. Bersedia ditempatkan dalam segala bidang kepolisian di seluruh wilayah NKRI

10. Sanggup untuk berdomisili pada area Polda dengan melaporkan atau melampirkan surat keterangan domisili oleh Lurah atau Kepala Desa setempat pada Kapolsek

11. Pendaftar belum pernah menikah dan tidak mempunyai anak biologis dan sanggup untuk tidak menikah selama pendidikan Tamtama Kepolisian, serta dua tahun setelahnya.

12. Sanggup untuk menjalani ikatan dinas selama 10 tahun

13. Adanya persetujuan dari wakil atau orang tua

14. Selama mendaftar sudah tidak terikat lagi oleh ikatan dinas lain

15. Pendaftar akan segera didiskualifikasi apabila ditemukan bantuan dari sponsor maupun koneksi untuk melakukan pendaftaran

16. Berikut adalah berbagai ketentuan yang harus dipenuhi apabila yang bersangkutan sedang berstatus sebagai karyawan atau pegawai :

  1. Adanya rekomendasi dan izin dari kepala dinas yang terkait
  2. Bersedia untuk diberhentikan dari instansi tersebut bila diterima masuk dan mengikuti pendidikan pembentukan anggota

17. Sanggup untuk mengikuti rangkaian pemeriksaan berikut, dan dianggap gugur apabila gagal pada salah satu pemeriksaan

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai persyaratan nomor 17, pemeriksaan selengkapnya terdiri dari urutan kegiatan berikut :

  1. Proses Administrasi Awal
  2. Pengecekan Kesehatan Tahap I
  3. Pengecekan Psikologi
  4. Pengujian Kesehatan Jasmani
  5. Uji Akademik
  6. Pengecekan Kesehatan Tahap II
  7. Penelusuran Mental Kepribadian
  8. Proses Administrasi Akhir
  9. Proses Kelulusan Akhir

Semua kriteria tersebut harus dipenuhi sebagai awal membentuk diri anda agar lebih siap dalam masuk ke dalam keanggotaan yang mana selain menertibkan masyarakat mempunyai tugas lain yang juga penting yaitu menyelesaikan pertikaian yang seperti diakibatkan oleh penyebab konflik Poso atau penyebab konflik Aceh.

[AdSense-C]

Itulah tadi persyaratan selengkapnya mengenai cara pendaftaran Brimob. Meskipun Brimob tidaklah termasuk dalam angkatan bersenjata terbaik di dunia, tapi dengan jasa mereka, beberapa konflik seperti yang dikarenakan penyebab konflik Maluku dan penyebab konflik Ambon bisa diredam. Brimob sangatlah membantu dalam kehidupan kita semua, jadi jangan sampai kita lupakan jasa mereka yang hanya mereka keluarkan untuk kita.