Pengaruh Media Massa Bagi Kehidupan Bermasyarakat di Indonesia

Sebagai salah satu wujud dari adanya pelaksaan demokrasi di Indonesia saat ini di negara kita Indonesia ini, ita bisa mengambil berbagai sampel dari apa sajak kebebasan yang telah diberikan oleh pmrintah untu rakyat Indonesia sendiri. Banyak sebetulnya, namun yang ingin kita tekankan di sini adalah contoh nyata dari adanya peraturan yang membebaskan berkembanganya informasi tanpa danya pembatasan apapun dari pemerintah. Seperti pada contoh kebebasan pers yang ada di Indonesia, yang mana merupakan contoh Demokrasi Pancasila yang nyata sebagai kegiatan untuk menegakkan berbagai prinsip-prinsip Demokrasi Pancasila dari negara Indonesia yang perlahan mulai luntur. Tidak hanya para pers saja yang diuntungkan oleh hal ini, namun rayat Indonesia juga sangat terbantu sekali dengan adanya fleksibilitas pemberitaan di berbagai media Indonesia tanpa adanya penutupan faktar yang menyinggung pihak atau orgaisasi-tertentu.

Pemanfaatan dari dampak positif kebebasan Pers ini akan membawa dampak atau pengaru positif yang akan dirasakan oleh rakyat Indonesia sendiri, terutama setelah pemerintahan negara ktia berganti menjadi demokrasi setelah beberapa puluh tahun berada dalam naungan salah satu diktator paling kejam di dunia yang pernah hidup dan memimpin Indonesia. Dengan tidak adanya batasann untuk menyebarluaskan informasi yang berguna, maka rakyat Indonesia tidak akan merasakan penyebab pelanggaran HAM vertikal dari pemerintahan Indonesia, dan malah akan mendapatkan dampak-dampak yang positif dari adanya media massa yang telah diciptakan. Selengkapnya anda bisa melihat dampak atau pengaruh dari media massa selengkapnya pada informasi yang akan disampaikan di bawah tentag pengaruh media massa:

1. Dapat Merubah Pola Pikir

Dampak pertama yang bisa dirasakan oleh masyarakat adalah adanya perubahan pola pikir setelah membaca suatu media massa. Mereka bisa mengembangkan pikiran mereka lebih luas lagi mengenai dunia, dan juga lebih bisa berpikir positif akan sesuatu karena berbagai macam pengetahuan yang mereka dapatkan. Bila dilengkapi dengan tidak adanya persepi buruk dan rasa benci akan sesuatu, maka pola pikir tadi tidak akan berujung pada kebencian atau konflik.

Beda lagi kondisinya apabila seseorang berpikir mengenai kaum tertentu atau bahkan presiden sekalipun yang selalu ada di kepalanya untuk dibenci dan dimusuhi. Tentunya kabar sedikit pun mengenai mereka akan terlihat panas di mata. Maka dari itu, pemberitaan tertentu bisa juga berbuah pola pikir yang negatif, tergantung pada pembacanya. Bisa saja, penyebab konflik antar suku berawal dari pemberitaan tidak sedap dari seseorang, kelompok, atau suatu pihak tertentu.

2. Menyediakan Informasi Berguna Bagi Masyarakat

Selanjutnya dalam pengaruh media massa adalah menyediakan informasi yang berguna yang terkandung dalam media massa. Uniknya media massa, ktia tidak akan tahu apa yang akan dimuat di dalamnyam, kecuali bisa media massa tersebut mempunyai tema tersendiri. Lain halnya dengan koran, yang mana anda bisa mendapatkan berbagai informasi yang ada di sana, entah itu berita nasional yang memuat tentang segala hal yang ada di negara Indonesia, atau berita internasional yang tentunya mendunia. Media seperti koran menyediakan informasi tadi sebagai hiburan dan pemerluas wawasan, terutama pada bidang tertentu yang disukai oleh pembaca.

Para pembaca bisa mengetahui berbagai hal yang mereka sukai, seperti olahraga, ekonomi, dan juga fashion. Selain itu, banyak juga informasi tambahan seperti jadwal channel televisi dan juga jadwal film di bioskop-bioskop yang dapat dimanfaatkan oleh para anak muda. Untuk hiburan juga, banyak media massa di Indonesia yang menyediakan mini games, seperti teka –teki silang, yang bisa dimainkan oleh siapa saja. Selain menghibur, juga dapat mempertajam pikiran.

[AdSense-B]

3. Membawa Masyarakat Pada Modernisasi Secara Perlahan

Hal ini terkait dengan topik pertama dan kedua, yakn media massa yang memuat banyak sekali informasi. Kita tidak pernah tahu berita apa yang selanjutnya akan ditayangkan pada media massa, bukan? Entah itu hal baru terjadi atau pembahasan mengenai peristiwa tertentu itu tergantung pada penyedia media massa masing-masing. Namun intinya adalah, dengan adanya media massa tadi, masyarakat bisa tahu akan informasi yang belum mereka ketahui sebelumnya.

Dengan tanpa mengelurkan budget yang banyak, mereka bisa mendapatkan informasi-informasi baru yang aktual guna untuk menambah pengetahuan mereka sendiri. Sebagai contoh saja, dari media massa mereka bisa tahu berbagai berita mengenai dampak teknologi persenjataan ataupun dampak nuklir terhadap lingkungan yang mana sebelumnya bahkan belum pernah didengar atau dibahas.

4. Memberikan Pandangan Baru

Seperti yang telah dijelaskan pada dampak yang pertama, dampak dari media massa salah satunya adalah memberikan pandangan baru kepada masyarakat. Apa maksudnya? Masyarakat Indonesia bisa tahu akan benar tidaknya suatu hal yang sudah mereka ketahui sebelumnya. Contoh saja, ada seseorang yang membenci presiden, namun kemudian dia melihat aksi presiden untuk turun ke jalan, bahkan memberikan makanan dan buah-buahakn untuk bawahannya berbuka puasa. Dari sanalah dia bisa berpikir bahwa presiden tidak seburuk apa yang dia pikirkan selama ini. Itu hanya contoh saja, namun contoh lainnya bisa saja menyangkut dengan konflik yang ada di Indonesia. Merubah pandangan pada suatu kaum tertentu dan akhirnya bisa menghentikan penyebab konflik antar golongan

5. Memunculkan Ide Atau Gagasan Untuk Kemajuan Pembangunan

Salah satu ide menarik atau gagasan kadang tidak hanya datang begitu saja. Perlu adanya “trigger’” dari luas untuk memikirkan hal unik atau hal yang visioner untuk kedepannya. Itupula yang bisa dirasakn oleh masyarakat, dari mengetahui berbagai kesusahan masyarata Indonesia lainnya, lalu emelihat referensi teknologi yang sudah ada, kemudian mengamati informasi penunjang lainnya yang termuat dalam media massa, mereka bisa menciptakan suatu solusi untuk mengatasi problem masyarat. Terlepas dari adanya kekuatan politik di Indonesia dan juga  dampak positif golput yang mana juga sebenarnya tidak berguna, masyarakat bisa mandiri untuk meningkatkan kesejahteraan mereka sendiri dengan berbagai ide original yang mereka ciptakan.

[AdSense-C]

6. Memberikan Wadah Untuk Introspeksi Diri

Hal yang penting untuk hidup sebagai manusia dengan pikiran yang tenang dan damai adalah introspeksi diri. Tidak ada salahnya jika sekali waktu kita membaca suatu media, kemudian kita melihat beriat tidak mengenakkan dari artis, ulama, atau orang penting lainnya. Dari sanalah ktia bisa melihat kepada diri kita sendiri, apakah kita jauh lebih baik dari mereka atau tidak. Introspeksi melalui media massa ini juga merupakan pengendalian konflik sosial untuk bisa mempersempit terjadinya penyebab konflik antar agama, penyebab konflik antar ras, ataupun faktor penyebab kerusuhan yang terjadi pada masyarakat. Dan ini merupakan pengaruh media massa yang terakhir.

Itulah tadi keenam dampak positif yang bisa diberikan media massa untuk masyarakat. Dengan berkembangnya media massa sebagai alat efektif untuk penyampain informasi kepada seluruh rakt Indonesia, maka media massa bisa berkelanjutan untuk bisa tetap exist sampai kapanpun. Meskipun sudah ada portal berita online, namun masih banyak orang yang masih senang membaca media cetak.

Dengan beragam bentuk dan ukuran, masyarakat bisa memilih media a yang mereka inginkan. Namun, untuk mempertahankan hal tersebut, maka pencetak / pembuat media massa harus menciptakan sebuah media massa yang memiliki konten yang menarik dan yang paling penting berguna untuk masyrakat. Dengan begitu, maka dampak-dampak positif yang lainnya juga akan muncul dan menambah daftar pengaruh baik yang bisa didapatkan dari adanya media massa.