Dampak Positif Kebebasan Pers yang Dapat Dimanfaatkan

Indonesia dikenal sebagai negara yang menjunjung tinggi suatu hal yang sangat penting, yakni demokrasi. Begitu juga dengan rakyatnya, yang hidup terbiasa dengan adanya berbagaiaksi pelaksaan demokrasi di Indonesia saat ini yang berada di kehidupan sehari. Beragam contoh Demokrasi Pancasila juga bisa kita lihat dalam kehidupan bermasyarakatnya, dimulai hingga keluarga hingga masuk ke jenjang pendidikan. Itu semua dilakukan untuk menjalankan dasar-dasar atau prinsip-prinsip Demokrasi Pancasila yang tentunya akan memberikan dampak positif dan negatif demokrasi yang sangat penting bagi kita. Salah satu dampak pentingnya demokrasi adalah kebebasan untuk bersuara, memanfaatkan dampak positif kebebasan pers dengan baik.

Di Indonesia, pers sudah mendapatkan jaminan untuk menjalankan tugas dengan baik demi memberikan berita yang aktual dan juga dapat dipertanggung jawabkan kepada penonton, yakni rakyat Indonesia sendiri. Dari sanalah mereka bisa menjadi tahu berbagai hal penting yang menyangkut negara mereka, dari bidang apapun itu. Mereka jadi bisa lebih tahu mengenai Indonesia dari sudut pandang rakyat Indonesia sendiri, mengetahui bagaimana kemajuan ekonominya melalui progress yang dijalankan oleh pemerintah. Hal ini juga merupakan contoh dari dampak penggunaan teknologi selain dari dampak teknologi persenjataan.

Teknologi serta pemberitaan yang baik dapat berguna sekali untuk pembangunan masyarakat, dan juga untuk mengurangi kadar kecurigaan masyarakat atas apa saja yang tekah dilakukan oleh kepala derah, atau bahkan presiden sekalipun. Namun, sebetulnya apa saja dampak-dampak positif dari adanya kebebasan pers ini? Apakah hanya pers saja yang hanya diuntungkan oleh kebijakan ini? Atau dampak positif tersebut juga kembali pada masyarakat Indonesia pada akhirnya? Mari kita simak info selengkapnya pada ulasan di bawah ini mengenai dampak positif kebebasan pers:

1. Semua Orang Bisa Bebas Menyatakan Pendapat

Dampak positif yang pertama yang bisa dirasakan dari adanya kebebasan pers adalah kebebasan semua orang di Indonesia untuk berpendapat. Tentunya, tidak dengan cara yang sembaangan. Mereka bisa menyampaikan tuntutan mereka pada saat tertentu, contohnya bila ada peliputan menegnai suatu problem tertentu yang ada di masyarakat, seperti adanya berbagai infrastruktur yang rusak dan fasilitas publik yang masih belum memadai. Dengan penyampaian ide atau pendapat masyarakat, maka pemerintah bisa mengerti apa saja yang masih kurang dari tempat tersebut.

Dengan tersampaikannya pendapat dari masyarakat oleh masyarakat sendiri, maka berbagai konflik yang diakibatkan oleh penyebab konflik horizontal bisa diminimalisir dengan baik dan bahkan bsia juga untuk mengarahkan rakyat kepada sisi yang lebih baik, yakni ikut berkontribusi dan juga mengomentari, tidak hanya mengomentari saja.

2. Tidak Adanya Aturan yang Ketat Dalam Penyampaian Aspirasi

Lalu, dampak positif lainnya yang bisa dirasakan masyarakat dan juga pers adalah kebebasan untuk menyatakan pendapat. Demokrasi sangat terasa dijunjung tinggi di sini, dengan begitu, maka segala konflik akibat penyebab pelanggaran HAM vertikal seharusnya tidak dapat diketemukan lagi di Indonesia. Terlebih lagi, di Indonesia tidak ada lagi pemerintahan diktator paling kejam di dunia yang masih berkuasa. Dengan begitu, maka masyarakat bisa menyampaikan uneg-uneg atau pendapat yang masih ada di benak mereka kepada pemerintah tanpa takut adanya tindakan kekerasan atau hukuman dari pemerintahan Indonesia sendiri.

3. Terjaminnya Pekerjaan Reporter yang Berjasa

[AdSense-B]

Dampak positif kebebasan pers selanjutnya adalah terjaminnya reporter. Pekerjaan reporter bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak sekali resiko yang akan membayangi mereka, entah itu faktor dari internal sendiri yang mengharuskan mereka untuk memenuhi suatu tugas, dan juga dari eksternal seperti kekerasan dan pembatasan ruang lingkup kerja. Rporter akan terbantu sekali dengan adanya aturan kebebasan pers ini, jadi mereka dapat dilindungi oleh aturan tersebut tanpa adanya ketakutan akan kebenaran dan terpaksa harus menyembunyikan fakta-falta yang ada. Dengan begitu, repoter bisa bebas melakukan pekerjaan mereka tanpa adanya ancaman dari siapapun, termasuk pada saat meliput berita seperti kejadian pada penyebab konflik Ambon, penyebab perang Aceh, dan juga penyebab konflik Poso.

Meskipun begitu, hak kebebasan pers bukanlah penjamin keselamatan repoter di lapangan. Jadi mereka harus tetap berhati-hati akan adanya serangan dari oknum atau aktor-aktor tertentu yang merugikan mereka secara material atau bahkan hingga mengakibatkan nyawa melayang.

4. Media Massa Bisa Menjadi Penghubung Rakyat Indonesia

Tentunya, tiap harinay masyarakat membutuhkan berita-berita menarik untuk alat berpikir dan berbagi dengan teman sejawat, teman kantor, dan bahkan keluarga. Secara langsung, media massa telah berhasil menyatukan rakyat Indonesia, yang mempunyai keberagaman aspek kehidupan, namun masih bisa bersatu dengan adanya berita atau informasi yang menarik dari media massa. Oleh karena itu, media massa tadi sudah seharusnya diisi oleh bahan informasi yang berguna bagi bangsa, dan diberitakan berdasarkan fakta yang ada, bukan diisi oleh informasi palsu guna menyenangkan pihak tertentu saja.

5. Rakyat Bisa Turut Menggunakan Media Massa

Selain untuk memberikan informasi dan pendapat, masyarakat juga bisa ukut serta menggunakan media massa itu sendiri untuk tujuan-tujuan tertentu. Mereka bisa menyalurkan bakat mereka melalui puisi atau tulisan yang akan dimuat, dan juga mengiklankan jasa mereka dan berbagi informasi pada kolom iklan pada surat kabar. Masyarakat juga bisa menginput informasi-informasi lainnya untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat Indonesia yang lainnya, mengenai tipik apapun itu, bisa dari kesehatan, informasi kecelakaan, dan bencana alam. Namun kita perlu berhati-hati, media massa juga bisa digunakan sebagai alat untuk penyebab konflik Sara agar masyarakat bisa menderita akibat dari akibat konflik sara. Untuk itu, kita perlu membentengi diri ktia dari hal tersebut, dan menangkal berita dari gerakan radikal dan pemecah bangsa jauh-jauh.

[AdSense-C]

6. Membuat Masyarakat Menjadi Cerdas Dengan Berbagai Informasi yang Berguna

Seperti yang telah disampaikan di atas, dengan adanya berbagai info dan topik yang ada pada media massa, masyarakat bisa semakin cerdas dengan mengetahui perkembangan negara dan dunia. Dilain dari berita mengenai segala kekuatan politik di Indonesia, msayarakt masih bisa menikmati berbagai konten menarik yang lainnya, entah itu dari dunia olahraga, ekonomi, dan topik-topik unik lainnya, itu juga bisa digunakan sebagai wadah pengendalian konflik sosial bagi masyarakat Indonesia sendiri, agar mereka bisa berkembang lebih baik lagi, dan bisa menjadi warga masyarakat yang lebih cerdas untuk menanggapi berbagai hoax atau informasi palus yang beredar di media apapun itu.

Itulah tadi berbagai dampak positif yang terlahir dari adanya kebabasan pers di Indonesia. Bsia dilihat pada penjelasan-penjelasan di atas bahwa pers sendiri juga membawa efek positif kepada seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Dengan adanya kebijakan mengenai kebebasan pers ini, jaminan akan berita yang aktual dan terpercaya bisa mereka dapatkan. Dan bila ada suatu channel berita yang mereka anggap tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, para pengguna hanya tinggal mengganti channel saja untuk bisa mendapatkan informasi yang lebih berguna.

Namun, semoga saja atas adanya kebebasan pers ini, para reporter bisa menjalankan tugas dengan baik, dan membawakan informasi yang berguna bagi bangsa ini guna untuk pembangunan masyarakat, tanpa adanya sesuatu yang dikorbankan, termasuk nyawa reporter itu sendiri sekalipun.