Cara Pendaftaran Polisi Lapas di Indonesia

Setelah kita membahas mengenai berbagai pendaftaran, entah itu untuk mendaftar sebagai anggota kepolisian, atau anggota tentara sekalipun telah kita bahas sebelumnya pada syarat masuk TNI Angkatan Laut dan tes masuk TNI Angkatan Udara. Dalam dunia kepolisian sendiri, kami juga telah membahas mengenai Brimob dan kenaggotaan polisi lainnya. Tidak hanya untuk pria saja, namun pendaftaran tersebut juga dibuka untuk wanita, salah satunya adalah syarat masuk TNI Wanita, yang mana keanggotaannya adalah wanita. Setelah kita membahas tnetang Polri, salah satu elemen sebagai penindak berbagai konflik. Ada juga salah satu komponen yang akan kita bahas di dalamnya, yaitu Kepolisian Lapas atau yang biasa kita sebut sebagai Sipir.

Untuk persyatannya sendiri, ada berbagai langkah yang harus anda lakukan, yang mana kurang lebih hampir sama dengan pendaftaran kepolisian yang lainnya. Untuk calon pendaftar, tidak perlu risau mengenai tes fisik seperti pada tes fisik masuk Brimob, karena untuk pengamatan fisik sendiri pada pendaftaran calon sipir tidaklah begitu  berat. Untuk lebih mengerti lebih lengkapnya, mari kita simak informasi di bawah ini :

Syarat Umum

Seperti pendaftaran lainnya, anda perlu untuk memenuhi berbagai persyaratan umum sebagai berikut untuk bisa mengatasi segala konflik seperti penyebab konflik Aceh dan penyebab konflik Ambon:

  1. Pendaftar merupakan Warga Negara Indonesia
  2. Tidak pernah melakukan tindakan kriminal yang berujung pidana berdasar keputusan pengadilan
  3. Tidak diberhentikan secara tidak hormat dari pekerjaan sebelumnya sebagai anggota Polri, TNI, PNS, BUMN/BUMD, maupun swasta
  4. Tidak sedang berada pada posisi anggota Polri, TNI, CPNS, PNS, atau dalam masa ikatan dinas
  5. Tidak terlibat dalam partai politik dalam bentuk apapun
  6. Pendaftara disertai dengan kualifikasi pendidikan dengan persyaratan jabatan
  7. Memiliki kesehatan jasmani dan rohani
  8. Tidak memiliki ikatan dengan Narkoba dan sejenisnya
  9. Tidak ditato kecuali karena adat atau agama

Syarat Lulus

Ini merupakan syarat untuk calon pendaftar yang telah lulus dari pendidikannya (SLTA/sederajat) yang hampir sama dengan cara masuk angkatan bersenjata terbaik di dunia dan cara masuk Brimob.

  1. Lulus SLTA/Sederajat dengan nilai rata-rata ijazah minimal 7,0 (Untuk Papua dan Papua Barat, 6,0)
  2. Telah masuk usia minimal 18 tahun, maksimal 28 tahun saat mendaftar
  3. Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 untuk wanita
  4. Pendaftar dengan kualifikasi pendidikan Diploma II atau SLTA yang melakukan pendaftaran pada kantor wilayah harus sesuai dengan domisili yang ada pada KTP

Sekedar infor yang perlu anda tahu mengenai Sipir, ia bertugas untuk mentata dan menjada lapas atau tempat yang digunakan untuk memberikan efek jera, entah itu pelaku yang dikarenakan oleh konflik termasuk penyebab konflik horizontal di negara Indonesia. Sebagian dari mereka juga “masuk” dikarenakan menyebabkan kerugian akibat dari yang dapat memecah belah bangsa.

Sebagai salah satu bentuk hukuman agar tindakan serupa tidak diulangi kembali di masa yang akan datang, maka hukuman kurungan penjara diberi untuk mereka yang bertindak kriminal. Dalam kepolisian juga beberapa pangkat yang telah kita ketahui sebelumnya pada pangkat polisi dari terendah sampai tertinggi. Dalam pekerjaan sipir ini, anda akan bisa diangkata sebagai salah satu CPNS Sipir Kemenkumham Indonesia, merupakan pekerjaan yang menjanjikan daripada hanya menganggur saja di rumah.

Tata Cara atau Prosesur Pendaftaran

Sama dengan pendaftaran di syarat masuk TNI Angkatan Darat Kopassus dan juga syarat pendaftaran Polwanagi para peserta yang telah memenuhi persyaratan-persyaratan di atas, bisa melakukan pendaftaran/ Pendeftaran ini memiliki berbagai langkah yang mana langkah prosedur nya akan dijabarkan dengan jelas sebagai berikut :

  1. Membuat Surat Lamaran yang ditujukan untuk Menteri Hukum dan Ham RI di Jakarta, diketik, bermaterai Rp6.000,-, dan ditanda tangani dengan tinta hitam. Untuk lebih jelasnya, anda bisa lihat pada https:/lsscn.bkn.id
  2. Berkas Fotokopi KTP dan Surat Keterangan sudah melakukan rekaman kependudukan pada Dukcapil
  3. Membuat surat keterangan dari Lurah/Kepala Desa apabila domisili tidak sesuai dengan KTP
  4. Fotokopi Ijazah dan Daftar Nilai pada Ijazah
  5. Membawa Photo diri berukuran 3×4 4 lembar
  6. Bukti pendaftaran bisa dicetak pada https://sscn.bkn.go.id (Pendaftaran akan dilakukan dengan cara online melalui website https://sscn.bkn.go.id)
  7. Perlu diingat bahwa waktu pendaftaran online akan diberitahukan pada website tersebut, tanggal dimulai sampai dengan tanggal berakhirnya akan disampaikan pada website tersebut.
  8. Setelah berhasil mendaftarakan kartu pendaftaran, pendaftar diharuskan untuk mengirim berkas sesuai dengan persyaratan melalui PO BOX dari masing-masing daerah (daftar alamat PO BOX terlampir). Tanggal terakhir pengiriman PO BOX akan disampaikan pada website tersebut pula.

Tahapan Seleksi

Di sini terdapat dua langkah seleksi yang harus dilakukan oleh pendaftar, rata-rata sederhana dan tidak menyulitkan calon pendaftar sama sekali. Berikut adalah seleksi yang harus dipenuhi oleh pendaftar supaya bisa menyelesaikan berbagai konflik seperti penyebab konflik Maluku :

  1. Seleksi Administrasi

Terdiri atas berbagai langkah seperti berikut :

  1. Verifikasi dokumen yang dikirim melalui PO BOX
  2. Verifikasi dokumen-dokumen yang asli
  3. Pengukuran Tinggi Badan
  4. Seleksi Kompetensi Dasar Berbasis Komputer dan Seleksi Kompetensi Bidang
  5. Memiliki bobit 50% dalam kesamaptaan
  6. Peninjauan / Pengamatan Fisik dengan bobot 50%

Itu tadi adalah berbagai tahapan serta persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar. Seperti yang anda lihat tadi, pendaftaran untuk bisa masuk ke dalam CPNS Kemenkumham ini cukup mudah, bahkan tidak ada tes fisik yang terlalu berat yang akan ditujukan pada pendaftar. Indonesia, yang mana mempunyai militer terkuat di Asia Tenggara dan juga angkatan darat terkuat di ASEANini tidak mempersulit bangsanya apabila ingin berkontribusi. Indonesia juga ingin memperbaiki kondisi di bidang Kemenkumham dengan baik, salah satunya dengan sistem recruitment berkala untuk memasukkan pendaftar-pendaftar yang potensial.

Namun yang perlu anda tahu adalah anda perlu usaha untuk paling tidak sedikit mengetahui tentang pendaftaran ini, karena anda akan berebut posisi dengan orang banyak, yang mungkin akan mengejar posisi yang sama dengan anda. Oleh karena itu, anda harus rajin mengakses web pendaftaran untuk lebih dulu mengetahui tentang informasi pendaftaran yang bisa keluar kapan saja. Selain itu, karena dalam pengujiannya ada tes berbasis komputer, saat inilah adalah saat yang terbaik bagi anda untuk bisa belajar kembali mengenai akses komputer. Paling tidak anda bisa belajar sedikit mengenai bagaimana cara untuk mengendalikan mouse dengan baik, karena itulah sebenarnya hal yang paling penting. Nantinya anda akan tinggal meng klik saja jawaban yang menurut anda paling benar untuk diisi. Pastikan anda menjawab pertanyaan yang ada dengan jujur dan tanpa rekayasa sama sekali.

Selain itu pula, bagi adik-adik yang ingin mendaftar, mulai dari sekaran sebaiknya memperbaiki nilai dan mempersiapkan untuk Ujian Nasional, karena untuk mendaftar diperlukan rata-rata yang cukup tinggi, yaitu 7,00. Nilai rata-rata yang akan dihitung adalah nilai dari sekolah dan ujian nasional, yang mana nantinya akan dibagi dua untuk menjadi nilai rata-rata. Jangan pernah patah semangat untuk meraih impian dan kehidupan yang lebih baik. Tentunya di depan anda ada banyak kesempatan, yang perlu anda lakukan adalah berjuang sekuat tenagar untuk meraih kesempatan yang ada, sebelum kesempatan itu tiada.