Sponsors Link

11 Angkatan Darat Terkuat di ASEAN

Sponsors Link

Untuk kawasan Asia Tenggara, yang paling dikenal sebagai pemilik kekuatan militer terbaik adalah Indonesia. Namun bukan berarti negara lain bisa diremehkan. Masing-masing negara memiliki kekuatannya sendiri untuk menjaga kemananan negaranya.

ads

Salah satu divisi dalam militer adalah angkatan darat. Angakatan Darat merupakan bagian dari angakata bersenjata sebuah negara yang biasa digunakan untuk peperangan di daratan. Angkatan darat utamanya terdiri dari prajurit serta kendaraan tempur seperti kendaraan lapis baja dan kendaraan angkut, ditambah dengan duklungan helikopter.

Di negara-negara maju, Angkatan Darat telah dibea-kali teknologi yang modern untuk mendukung stragtegi perangnya. Lalu, Bagaimanakah kualitas pasukan angkatan darat di Asia Tenggara yang merupakan negara-negara berkembang? Berikut Angkatan Darat Terkuat di ASEAN.

1. Indonesia

Angkatan Darat Terkuat di ASEAN urutan paling pertama adalah Indonesia. Negara ini mempunya jumlah penduduk terbesar ke lima di dunia, dan ini menjadi modal bagi Angkatan Darat untuk merekrut anggotanya. Saat ini angkatan darat Indonesia atau yang lebih dikenal dengan TNI AD memiliki pasukan sebayak 428.410 orang dengan alutsista berupa tank sebanyak 400 unit, kendaraan lapis baja, sebanyak 506 unit dan artileri sebanyak 709 unit.

Kekuatan TNI AD saat ini  memiliki 2 komanto utama tempur yaitu Kostrad dan Kopassus. Selain komando utama tempur, TNI memiliki komando utama pendidikan yang medidik para calon perwira di akademi militer Secapa, Seskoad dan komando utama pengembangan dan doktrin yaitu Kodiklat. (Baca Juga: Negara dengan Kekuatan Militer Terbesar)

2. Vietnam

Pesaing terdekat bagi Indonesia untuk kekuatan militer di Asia tenggara adalah Vietnam. Vietnam memiliki catatan penting untuk sejarah militernya. Pada masa perang dingin, terjadi perang proxy di Vientnam yang terkenal dengan sebutan Perang Vietnam. Perang yang melibatkan antara Vietnam Utara, dan Vietnam Selatan yang berseskutu dengan Amerika Serikat ini menjadi penting, karena pasukan Vietnam Utara berhasil memukul mundur pasukan Amerika Serikat walaupun jumlah Vietnam Utara jauh kalah banyak.

Untuk kuantitas alutsista, Vietnam memiliki jumlah yang lebih banyak dari Indonesia. Untuk tak misalnya, jika Indoesia memiliki 400 unit, Vietnam memiliki jumlah yang dua kali lebih banyak. Bahkan lebih, yaitu sekitar 1000 tank yang dapat mereka kerahkan untuk pertempuran darat. (Baca juga: Militer yang Paling Ditakuti di Asia Tenggara)

3. Thailand

Jarang berperang melawang serangan luar, Militer Thailand lebih sering terlibat dalam krisis politik dalam negeri. Menurut catatan sejarah, ada 30 upaya kudeta sejak 1932, dan yang terakhir adalah tahun 2014.

Dulu militer Thailand pernah diuji dengan konflik melawan Indochina Perancis karena perbeutan wilayah kekuasaan. Tidak ada pemenang atau pun pihak yang kalah dalam konflik ini. Karena akhirnya konflik ini berakhir dengan gencatan senjata yang ditengahi oleh Jepang. (Baca juga: Negara Dengan Militer Terkuat)

4. Malaysia

Meskipun berada di bawah Indonesia, namun kekuatan militer Indonesia tidak dapat dianggap remeh.  Malaysia berafiliasi dengan beberapa kekuatan militer dari Australia, Selandia Baru, Inggris dan Singapura dalam mengamankan teritorinya. Negara berpenduduk 29 jut JIQ ini memiliki pasukan militer aktif sebanyak 80.000 personil. Alutsista yang dimiliki berupa 69 unit Tank, 1229 kendaraan lapis baja, dan 22 unit artileri.

Sponsors Link

5. Myanmar

Angatan darat Myanmar lebih populer dengan konflik dengan warganya sendiri yang berasala dari etnis yang tidak di akui di negaranyaMemilikih penduduk yang mencapai 55 juta orang, Myanmar memiliki 406.000 tentara aktif. Dalam kasus Rohingnya tersebut, militer juga dikabarkan melatih warga Budha.

Dalam kuantitas alutsista angkatan daratnya, myanmar memiliki 500 tank, 108 unit artileri, dan 884 unit meriam. Sebagai mantan negara junta militer, Myanmar membangun angkatan perangnya dengan baik. Apalagi negeri ini sering berkonflik dengan warganya sendiri. Kekuatan militer Myanmar yang terlatih jelas bukan tandingan warga sipil Rohingya. (Baca juga: Angkatan Udara Terkuat di Dunia)

6. Filipina

Militer filipina banyak dirrepotkan oleh konflik dalam negeri. Sejak 1970 ada 4.860 kasus terorisme yang mengganggu keamanan dalam negeri Myanmar. Serangan teror yang ramai terjadi dalam beberapa tahun belakangan ini adalah berasa dari kelompok terror Abu Sayyaf. Para gerilyawan  teroris ini berani berhadap-hadapan bentrok senjata dengan aparat. Terhhitung ada  2.444 serangan yang menargetkan aparat, 75 persennya atau 1.818 kasus adalah serangan yang dilakukan secara terbuka. Belakangan militer Filipina pun direpotkan dengan penguasaan ISIS atas kota Marawi. (Baca juga: Pasukan Elit Terkuat di Dunia)

7. Singapore

Dalam beberapa hal di perbandingan Alutsista, Singapore bisa mengungguli Indonesia. Singapore memang hanya 212 tank, dimana Indonesia memiliki dua kali lipatnya. Namunpun kendaraan taktis yang dimilikinya mencapai 2000 unit dimana Indonesia hanya memiliki 1.000 unit.

Karena itu sebaiknya tidak meremehkan passukan militer Singapore, meskipun negara kecil, namun memiliki alutsista yang banyak dan mumpuni. Selain itu Singapore mempunyai anggaran yang sangat besar untuk militernya dibanding negara-negara tetangganya di AESAN. (Baca juga: Angkatan Laut Terkuat Di Dunia)

ads

8. Cambodia

Tentara Kamboja atau yang dikenal dengan The Royal Cambodian Armed Force merupakan pasukan militer yang berada dibawah Kementrian Petahanan Nasional. Pasukan ini merukan penggabungan dari dua kelompok militer sebelumnya, yaitu Angkatan Bersenjata Revolusioner Rayat Kamboja dan dua kelompok perlwanan non komunis. Pasukan Tentara Khmer Merah juga tergabung dalam pasukan militer. (Baca juga: Pasukan Intel Terhebat Di Dunia)

9. Laos

Meskipun negara ini dianggap remeh karena militer dianggap paling lemah di Asia Tenggara, namun  dibandingkan banyak negara kecil lain, kekuatan militernya mendapat skala cukup. Pemerintahannya memiliki program wajib militer bagi para pedmuda di negaranya. Alutsista yang dimiliki, meskipun terhitung sedikit dibanding ngera-negara Asia Tenggara yang lain. Namun cukup unutuk melindungi warganya dari serangan asing.

Sebagai sekutu Uni Soviet pada masa perang dingin, Laos memiliki beberapa Tank dan kendaran lapis baja yang banyak di supply dari Russia. Namun beberapa artilerynya meskipun sebgaian berasal dari Uni Soviet, namun sebgian besar juga didapat dari Amerika Serikat.

10. Brunei

Sengketa di teritori Laut Cina Selatan memunculkan ketegangan antara Cina dan beberapa negara ASEAN, termasuk Brunei Dasrussalam. Negara kecil yang terletak di Utara Kalimantan ini tidak ingi dianggap remeh dengan menngenjot anggaran belanja militer mereka. Militer Brunei meiliki kerja sama dengan militer Inggris dan Singapur unutk mengembangakan kekuatan militer The Royal Brunei Land Forces atau angkatan darat terntara kerajaan Brunei. (Baca juga: Negara dengan Militer Terlemah)

11. Timor Leste

Forcas de Defesa de Timor Leste adalah pasukan tentara di Timor Leste yang bertugas menjamin kemanan negara tersebut. Negara yang paling muda di Asia Tenggara ini mendapatkan Devisa Negara untuk membeli Kekuataan Peralatan Militer. Timor Leste menjual 3 Ekspor Terbesarnya. Yaitu Minyak, Gas, Kopi dan Pajak Konsumsi Masyrakat dari hasil Pajak Perusahaan-Perusahaan Asing yg Berjualan di Timor Leste.

, ,
Post Date: Monday 07th, August 2017 / 09:32 Oleh :
Kategori : Militer