Sponsors Link

Syarat Pendaftaran Polwan yang Harus Anda Ketahui

Sponsors Link

Pada negara ini terdapat berbagai problematika yang seringkali terjadi akhir-akhir ini. Namun, untuk mencegah hal yang lebih buruk terjadi, pemerintah melakukan tindakan pengektifitasan perangkat pemerintah dengan cara mengadakan recruitment untuk kepolisian dan tentara. Salah satunya, adalah keanggotaan Polwan.

ads

Nah inilah kesempatan yang bagus untuk anda yang mengidamkan posisi di kepolisian sebagai seorang polwan. Tentunya, syarat yang paling penting di sini adalah jenis kelamin, yaitu wanita. Bila anda kebetulan seorang pria, ada bisa meihat pada perekrutan kepolisian lainnya seperti cara masuk Brimob. Selain Brimob, ada pilihan lainnya yaitu Polisi lapas yang pendaftaran selengkapnya bisa anda lihat pada cara pendaftaran polisi lapas.

Walaupun banyak orang yang menilai kinerja kepolisian yang dinilai kurang bermoral, padahal mereka hanya bersikap tegas pada siapa saja yang dicurigai melanggar aturan, tanpa pandang bulu. Di Barat Indonesia, salah satu konflik yang disebabkan karena penyebab perang Aceh juga berhasil diatasi. Tak hanya itu saja, Kepolisian Indonesia juga dipercaya untuk menertibkan segala penyebab konflik antar agama dan penyebab konflik antar suku di Indonesia. Setidaknya, kepolisian sudah berjasa untuk membantu mencegah konfiik-konflik tersebut semakin meluas. Dan juga, para Polwan juga sangat berjasa pada kehiduan kita, terutama pada jalannya lalu lintas yang kita rasakan tiap harinya. Nah, sekarang kita akan berbicara menganai prosedur pendaftaran Polwan itu sendiri. Bagi anda yang tertarik, mohon untuk diperhatikan dengan seksama informasi berikut ini:

Persyaratan Umum

Sebagai langkah awal untuk menseleksi calon pendaftar Polwan, maka diselenggarakan persyaratn umum yang harus dipenuhi oleh masing-masing individu. Hampir sama dengan syarat masuk TNI Angkatan Laut dan syarat masuk TNI Angkatan Darat Kopassus,  disini persyaratan yang diajukan cukup mudah untuk dipenuhi. Persyaratan tersebut adalah :

  1. Pendaftar berjenis kelamin wanita
  2. Beragama dan berakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Memiliki kesetiaan pada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  4. Memiliki riwayat pendidikan paling rendah SMU /sederajat
  5. Pada saat mendaftar memiliki umur minimal 18 tahun
  6. Memiliki kesehatan jasmani dan rohani (dibuktikan dengan adanya surat keterangan riwayat kesehatan dari dinas kesehatan)
  7. Tidak pernah melakukan suatu tindak pindana kriminal (dibuktikan oleh SKCK dai kepolisian)
  8. Pendaftar diwajibkan memiliki sifat berwibawa dan juju
  9. Sanggup untuk mengikuti dan lulus dari pelatihan keanggotaan Polwan

Persyaratan Khusus

Kepolisian selain sebagai pelindung masyarakat, dipercaya juga sebagai penyelesai berbagai perselisiahn yang contohnya disebabkan oleh penyebab konflik Poso dan penyebab konflik Ambon. Anda juga perlu memenuhi persyaratan khusus ini supaya bisa menjadi pelindung masyarakat yang baik. Selain persyaratan umum yang telah disampaikan di atas, anda juga perlu untuk memenuhi persyaratan khusus sebagai berikut :

  1. Pendaftar bukan merupakan mantan anggota TNI, Polri, atau PNS yang pernah mengikuti pelatihan Polri/TNI.
  2. Memiliki ijazah minimal SMA / sederajat
  3. Bagi yang masih berada pada kelas XII, wajib memiliki nilai rata-rata rapor 60
  4. Bagi yang telah lulus SMA, menyerahkan ijazah dengan nilai minimal 60
  5. Untuk yang memperoleh ijazah selain dari negara Indonesia, wajib mendapatkan pengesahan dari Kemendikbud
  6. Syarat tinggi badan minimal 160 cm, khusus ras daerah Papua dan sekitarnya 158 cm
  7. Berdomisili selama paling tidak 2 tahun di daerha Polda tempat mendaftar dengan dilengkapi dengan KTP, KK, dan juga surat keterangan domisili dari lurah / kepala desa setempat.
  8. Belum menikah dan sanggup untuk tidak menikah selama menjalani masa latihan dan da tahun setelah lulus serta belum pernah melahirkan bagi wanita 
    Sponsors Link

  9. Tidak ada dan tidak memiliki bekas tindik atau tato kecuali untuk ketentuan agama atau adat
  10. Bebas dari anrkoba dengan bukti dari surat keterangan bebas narkoba dari instansi kesehatan pemerintah
  11. Sanggup untuk menjalani ikatan dinas kurang lebih selama 10 tahun terhitung mulai dari diangkat sebagai anggota
  12. Pendaftar memperoleh persetujuan dari orang tua atau wali
  13. Tidak memiliki ikatan dinas dengan instansi yang lain
  14. Sanggup untuk ditempatkan di seluruh wilayah NKRI  pada semua bidang tugas kepolisian pada Polda untuk penguatan sumber daya manusia dalam rangka pemberbaharuan Polda baru

Sistem Pengujian

Terlebih lagi, persyaratan umumnya hampir serupa dengan syarat masuk TNI wanita. Dalam perekrutan ini juga terdapat berbagai tes seperti pada tes masuk TNI Angkatan Udara. Adapun berbagai langkah pengujian yang akan kami jabarkan sebagai berikut :

  1. Pemeriksaan admnistrasi di awal, hanya memeriksa kelengkapan dokumen yang perlu anda bawa saja, tidak ada pembayaran apapun di langkah ini
  2. Pengecekan Kesehatan I
  3. Tes Psikologi, merupakan tes tertulis yang harus dijalani oleh pendaftar
  4. Uji akademik yang meliputi tiga bidang yang umum yaitu Pengetahuan Umum, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris 
    Sponsors Link

  5. Pengecekan Kesehatan II
  6. Pengujian Jasmani, atau bisa disebut dengan pengujian kebugaran tubuh
  7. Materi tentang pendalaman PMK
  8. Cek administrasi akhir
  9. Sidang kelulusan tahap pertama
  10. Supervisi pada tingkat daerah oleh tim supervisi pusat
  11. Sidang kelulusan akhir

Itulah tadi ketiga informasi mengenai persyaratan umum, persyatan khusus, serta sistem pengujian yang akan anda jalani nanti. Tenang saja jangan khawatir, bila anda memiliki kemauan yang kuat, anda pasti bisa melaluinya dengan mudah dengan bekal yang harus anda persiapkan sebelumnya. Anda bisa melakukan latihan awal untuk pengujian jasmani, yang bisa anda persiapkan mulai sekarang. Tidak ada salahnya untuk memulai, semakin anda siap, maka kemungkinan anda akan lolos juga akan semakin besar. Namun anda juga perlu mengerti bahwa anda juga berkewajiban untuk menghentikan dan mencegah penyebab konflik horizontal yang terjadi pada masyarakat majemuk dan juga penyebab pelanggaran HAM vertikal yang saat ini kerap dikeluhkan oleh masyarakat. Meski  begitu, hal itu tidakah sulit diraih apabila anda berkeinginan keras untuk melindungi masyarakat luas.

Dan juga, untuk tempat pendaftarannya adalah di Polres atau Polda setempat  pada bagian Panitia Pendaftaran (Pabanrim), namun setelah anda melakukan pendaftaran via online yang bisa anda kunjungi di http://penerimaan.polri.go.id/. Setelah anda berhasil mendaftar di sana serta mengupload berkas pendaftaran yang ada, maka anda bisa mengunjungi Panitia tadi untuk melakukan langkah administrasi. Jangan khawatir bagi anda yang tidak memiliki dana atau merasa kurang dari segi keuangannya, karena pendaftaran kepolisian ini tidak dipungut biaya apapun. Jadi, bila anda bertemu dengan seseorang yang menyatakan serta menjanjikan posisi di keanggotaan polisi dengan sejumlah uang, maka anda perlu berhati-hati dan waspada akan janji palsu tersebut, atau anda bisa melaporkannya bila perlu.

Perlu diingat, bahwa segala bentuk kecurangan seperti penggunaan koneksi untuk lebih mudah dalam pengujian bisa menggugurkan anda seluruhnya, bahkan nama anda bisa masuk dalam blacklist dan tidak bisa mendaftar lagi. Oleh karena itu, anda sangat perlu untuk bersikpa jujur dalam pendaftaran ini.  Bila dari langkah administrasi tadi anda dinyatakan lulus, maka anda bisa masuk ke tahap berikutnya. Penaftaran biasanya akan dibuka pada minggu-minggu awal pada bulan January, jadi mulai sekarang persiapkan diri anda. Perlu dingat pula bahwa anda juga harus bersiap menghadapi konflik. Walaupin dampak konflik agama harus ditameng pleh masyarakat Indonesia, dan merupakan tanggung jawab pribadi, anda sebagai seorang polisi juga bisa harus melindungi masyarakat tanpa pandang bulu. Selain dampak dari konflik agama, ada pula penyebab konflik antar ras yang harusnya dihindari oleh masyarakat luas dan juga perlu anda tengahi. Semangat, dan semoga anda berhasil !

, ,
Post Date: Thursday 28th, December 2017 / 01:58 Oleh :
Kategori : Hukum