Tes Masuk TNI Angkatan Laut di Indonesia

Kita kembali lagi berbicara mengenai pendaftaran keanggotaan aparat di Indonesia. Setelah kita mengulas lebih detail mengenai pendaftaran seluruh TNI yang sudah dijelaskan pada artikel-artikel sebelumnya seperti di syarat masuk TNI Angkatan Darat Kopassus dan tes masuk TNI Angkatan Udara. Dalam hal ini, kita akan membahas lebih jauh tentang bagaimana langkah-langkah atau step-step yang harus anda lalui bila anda ingin masuk ke dalam keanggotaan TNI Angkatan Laut. Tentunya seperti pada tes masuk keanggotaanTNI lainnya, anda harus dengan teliti serta dengan cekatan mengikuti seluruh kegiatan dalam pendaftaran dengan baik.

Nantinya, tiap-tiap anggota Angkatan Laut akan sering berkonfrontasi dengan adanya gangguan dari luar, seperti adanya kapal laut asing yang menangkap ikan pada kawasan yang dilarang. Permasalahan akibat dari penyebab konflik sosial paling umum juga sepertinya jarang diatasi oleh TNI AL, karena memang bukan wilayah tugasnya. Ada tugas yang jauh lebih penting yaitu untuk melindungi negara terutama wilayah perairan Indonesia dari piha-pihak luar yang ingin melakukan eksploitasi tanpa ijin.

Nah, untuk anda yang penasaran dan ingin tahu mengenai bagaimana langkah-langkah tes masuk ke dalam keanggotaan TNI Angkatan Laut, simak informasi penting berikut ini :

Tahapan Pendaftaran TNI Angkatan Laut

Pengecekan atau ujian dalam pendaftaran Angkatan Laut sendiri ada beberapa macam, mulai dari tes kesehatan hingga tes kebugaran jasmani. Di sini kami akan menjelaskan kesemuanya dengan jelas, jadi harap perhatikan bila anda serius untuk menekuni usaha masuk ke dalam TNi Angkatan Laut. Langkah-langkah yang anda lalui akan lebih berat dari cara pendaftaran polisi lapas ataupun cara masuk Brimob, karena tentunya anda tidak hanya ditugaskan pada satu spot saja, melainkan anda wajib untuk memantau kegiatan yang mencurigakan yang bisa termasuk dalam ciri ciri agresi militer.

1. Tes Administrasi

Pertama-tama, setelah anda memenuhi persyaratan umum yang telah ditetapkan, anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu pengecekan administrasi. Jangan khawatir, anda tidak akan mengeluarkan uang sepeserpun untuk mengikuti tes adminitasi ini. Di lain sisi, anda harus bisa membawa kelengkapan yang diperlukan untuk dicek seperti Ijazah anda, SKHU SMA, KTP Orang Tua, Akta Kelahiran, SKCK dari kepolisian setempat, dan juga Pas Photo berukuran 4×6. Tes ini juga diselenggarakan di syarat masuk TNI Angkatan Laut.

2. Pengecekan / Tes Parade

Selanjutnya adalah bisa dibilang sebagai pengecekan postur tubuh secara umum yang akan dilakukan pada tiap peserta yang telah berhasil lolos tes administrasi. Di sini, anda tinggal mengikuti saja perintah dari pihak yang memeriksa. Nantinya anda akan dikuru tingginya, kemudian postur banda anda, dan juga akan diperiksa apakah pendaftar mengidap penyakit kulit atau tidak. Hal ini cukup penting karena mengingat pendaftar nanti akan ditempatkan dalam satu camp dengan teman-temannya. Nantinya dikhawatirkan penyakit yang dimiliki akan tertular pada anggota yang lain, dan itu bisa menjadi masalah yang besar beberapa saat kemudian. Tentunya hal ini akan lebih sulit dari syarat masuk TNI wanita, dan juga tentunya akan lebih kompleks dari syarat pendaftaran Polwan.

[AdSense-B]

3 Tes Kesehatan Pertama

Dalam tes kesehatan pertama ini, akan dilakukan pengecekan pada anda mulai dari pengecekan mata, THT, pengecekan buta warna, dan juga pengecekan varises. Untuk selanjutnya anda akan menghadapi tes yang lebih sulit yaitu tes kebugaran jasmani, jadi persiapkan diri anda. TNI Angkatan Laut juga membantu kehidupan bermasyarakat, namun jarang mengatasi hal-hal seperti penyebab konflik antar suku ataupun penyebab konflik antar agama.

[AdSense-A]  4. Tes Kebugaran Jasmani

Tes fisik yang akan dihadapi dalam pendaftaran Angkatan Laut ini bisa dibilang lebih berat dari tes fisik masuk Brimob. Memang tes ini cukup menegangkan bagi sebagin orang, oleh karena itu kami mempersiapkan sedikit tips untuk anda agar anda bisa merasa lebih siap dalam menghadapi tes yang lumayan menegangkan ini. Untuk kegiatannya sendiri ada beberapa macam, yaitu lari, push up, sit up, chinning, lari dengan mengikuti angka delapan, dan juga berenang. Yang sangat menjadi beban pikiran bagi para peserta rata-rata adalah soal lari dan berenang. Untuk bisa berhasil, peserta harus diharuskan mencapai 6 putaran lapangan hanya dengan jangka waktu 12 menit saja. Lalu untuk berenang, kadang ada beberapa peserta yang masih kurang mahir dalam berenang sehingga amat menyulitkan di kala ujian. Untuk triknya adalah rajin berlatih. Tidak ada cara yang lebih ampuh daripada berlatih. Anda bisa melakukan kegiatan-kegiatan tersebut di waktu luang anda, terlebih lagi saat akhir pekan tiba. Tidak hanya kegiatan tadi yang akan dites, ada satu lagi yang akan diuji yaitu postur tubuh anda. Cara anda bersikap tegap, cara anda berjalan, dan bagaimana cara anda hormat nantinya juga akan dinilai.

5. Tes Kesehatan Mental

Setelah menguji kesehatan jasmani anda, saat anda dites dalam segi ideologi yang anda punya. Para peserta akan diuji  bagaimana wawasan yang mereka miliki berdasarkan tes tulis yang nanti akan mereka kerjakan. Jangan khawatir, yang perlu anda lakukan dalam ujian seperti ini adalah bersikap jujur dan apa adanya. Jangan berusaha untuk menutupi apapun, karena nantinya pasti akan ketahuan. Isi saja tes tulis yang disediakan semampu anda dan dengan tingkat kejujuran yang tinggi. Dengan begitu, anda pasti akan berhasil.

6. Tes Kesehatan Kedua

Adalagi tes kesehatan kedua yang harus anda jalani, kali ini yang akan dicek adalah bagian yang spesifik, seperti kesehatan jiwa anda, kesehatan jantung, pengecekan kencing apakah terkandung suatu penyakit atau konsumsi narkoba atau tidak, dan juga pengecekan darah. Untuk selanjutnya, anda tinggal memasuki Pantohir.

7. Pantohir

Pantohir di sini berarti penilaian terhadap keenam tes yang berhasil anda jalani tadi. Nantinya dari situ bisa ditentukan, mana yang lolos dan mana yang harus pulang. Tidak ada yang perlu disiapkan dalam Pantohitir ini selain ketabahan dan kebesaran hati karena tidak sedikit dari peserta yang gagal lalu membuang mimpinya untuk bisa menjadi TNI begitu saja. Masih banyak kesempatan di tahun yang akan datang, jadi bila gagal kemudian memutuskan untuk menyerah begitu saja, maka cukup disayangkan, karena hidup cuma sekali dan impian dibuang begitu saja. Nantinya anda akan bisa diagkat menjadi anggota pada akhirnya, untuk menambah kekuatan Angkatan Laut. Dengan kekuatan yang sudah ada, Angkatan Laut Indonesia menuai berbagai prestasi yang patut dibanggakan, yang mana membuat Indonesia sebagai negara paling ditakuti di Asia Tenggara ataupun gelar militer yang paling ditakuti di Asia Tenggara. Namun hal itu tentunya tidak boleh kita jadikan ajang untuk menyombongkan diri, sebab dari kekuatan yang besar, lahir tanggung jawab yang besar pula.

[AdSense-C]

Itulah tadi pembahasan singkat mengenai apa saja langkah yang harus dilalui pendaftar saat mengikuti tes masuk TNI Angkatan Laut. Kita patu bersyukur sudah bisa memiliki pasukan yang termasuk dalam angkatan laut terkuat di dunia ini. Mari kita dukung seluruh apart di Indonesia dengan apresiasi yang baik. Jayalah Indonesia!