17 Angkatan Laut Terkuat Di Dunia Paling Ditakuti

Dua pertiga permukaan bumi adalah lautan, sebegitu luasnya dominasi laut atas daratan di planet kita. Namun dengan seluas itu pun masih menjadi rebutan bagi negara-negara yang berbatasan, karena laut di bawah permukaan laut tersimpan kekayaan yang menggiurkan untuk membangun perekonomian negara. Perekenomian yang baik menggiring kesejahteraan negara yang baik, atau kesejahteraan para penguasanya. Karena itu kekayaan yang ada dalam laut pun jadi rebutan.

Di bawah permukaan laut terdapat kekayaan hayati dan hasil bumi. Mulai dari ikan-ikanan, keindahan terumbu karang, hingga minyak dan gas yang mengharuskan galian di dasar laut, Yang ironisnya kadang merusak ekosistem laut. Namun kesejahteraan warga nampak penting, maka minyak dan gas dianggap lebih penting dan banyak negara untuk berlomba mendapatkannya.

Untuk mencegah pencurian kekayaan alam di laut, maka tiap-tiap negara memiliki sistem pertahanannya di laut. Khususnya negara-negara yang memiliki garis pantai. Tak hanya untuk melindungi kekayaan laut, tapi juga  apa pun yang mengancam kedaulatan. Maka dari itu banyak negara yang negara yang membangun alutsista lautnya untuk menjadi pertahanan terbaik di negaranya. Ini adalah daftar negara-negara yang memiliki alutsista terkuat.

1. Amerika Serikat

Siapa yang tidak tau bagimana kekuatan militer Amerika Serikat? Mungkin dia adalah orang primitif. Keehebatan angkatan laut Amerika Serikat sudah banyak digambarkan secara superior dalam film-film Hollywood. Saat in angkatan laut Amerika Serikat berada diperingkat pertama sebagai angkatan laut terkuat di dunia, dan akan terus bertahan dalam waktu lama.

Angkatan laut Amerika Serikat tidak memiliki kapal selam konvensional, semua kapal selamnya yang berjumlah 77 telah dilengkapi dengan torpedo yang siap menghancurkan apapun dari dalam laut. Memiliki 11 Kapal induk yang masing-masing dapat menampung  hingga 80 pesawat tempur. Dalam jumlah alutsista, Amerika jelas sulit ditandingi.

2. Republik Rakyat China

Memiliki Angkatan Laut yang hebat adalah impian lama negara ini, khususnya sejak abad ke 20. Terinspirasi setelah mengamati Angkatan Laut AS pada Perang Korea dan Perang Vietnam, yang terkagum-kagum melihat mereka seakan tidak dapat dihentikan. Kini China telah memiliki angkatan laut yang disegani di dunia, bahkan bila dibanding mantan penjajahnya, Jepang, Angkatan Laut jauh lebih baik.

Level angaktan Laut China hanya berada setingkat di bawah Amerika Serikat. Walau hanya memiliki 1 kapal induk, namun China memiliki 14 kapal selam yang dilengkapi senjata nuklir, 57 kapal selam konvensional, dan 50 fregat untuk menjaga wilayah lautnya.

3. Russia

Setelah bubarnya Uni Soviet, perangkat Angkatan Laut yang dulu dibanggakan hanya menjadi tumpukan rongsok berkarat di tepi pantai. Namun kebangkitan Rusia di 90an kembali menegaskan bahwa Angkatan Lautnya akan kembali meraih kejayaan dalam waktu dekat. Memiliki satu kapal induk yang kini terparkir di Laut tengah untuk membantu operasi Suriah, Rusia terus mempebarui perangkat kelautannya.

Saat ini Rusia memiliki 1 Kapal Induk, 23 kapal selam dan 38 yang bersenjata nuklir, 6 fregat, dan 15 kapal perang penghancur

4. Jepang

Peluncuran JS Izumo pada 2010 sebagai kapal perang terbesar membawa ke khawatiran banyak negara, termasuk China. Diklasifikasikan sebagai penghancur helikopter, meskipun bukan tergolong kapal induk, namun kapal ini dapat menampung 28 pesawat kecil. Untuk menjaga perbatasan lautnya saat ini Jepang memiliki 2 kapal induk, 19 kapal selam konvensional tanpa nuklir, 26 kapal perang pnghancur, dan 10 fregat.

[AdSense-B]

5. Inggris

Dulu Angkatan Laut Inggris pernah menempati sebagai angkatan laut terkuat di dunia. Kini mereka tenggalam dalam bayang-bayang itu dan hanya menempati peringkat yang tidak lebih baik dari Jepang ataupun Cina. Kerajaan Inggris memiliki satu kapal induk, 11 kapal selam nuklir, dan 13 fregat.

6. Perancis

French Charles de Gaulle adalah kapal induk terbesar di Eropa Barat. Juga menjadi satu-satunya kapal induk bertenaga nuklir selain milik Amerika Serikat. Sudah sejak lama Perancis dikenal memiliki angkatan laut yang tangguh yang dulu kerap berkonflik dengan Kerajaan Inggris. Saat ini Perancis memiliki satu kapan induk, 10 kapal selama nuklir, dan 12 kapal perang penghancur.

7. India

India membeli kapal induk milik kerajaan Inggris, HM Hermes pada tahun 1986 dan menamainya INV Virat untuk mejaga kelautannya. Kini status Virat non aktif namun India memiliki kapal Induk lain dinamai Vinkrat yang mrupakan produksi dalam negeri India. Kapal ini dilengkapi dengan peluncur nuklir. Selain itu, India  memiliki 2 kapal selam bernuklir, 11 kapal penghancur, dan 14 fregat.

[AdSense-A]

8. Italia

Italia pernah memiliki pasukan Angkatan Laut yang sangat tangguh. Namun kekalahannya dalam perang membuat kekuatan marinirnya melemah. Namun Italia tidak ingat larut dalam keterpurukan dan kembali membangun armada lautnya untuk kembali mejadi tangguh.

Italia kini memiliki 2 kapal induk, 8 kapal selam, 4 kapal penghancur, dan 14 fregat

9. Korea Selatan

Angkatan Laut Korea Selatan bertekad untuk mencapai tujuannya menjadi angkatan laut biru di tahun 2020. ROKS Dokdo yang merupakan kapal perang serbu miliknya dapat bertransformasi menjadi kapal induk. Selain itu tiga lagi kapal serbu sedang dalam tahap pembangunan.

Sementara ini Korea Selatan memiliki 15 kapal selam konvensional, 12 kapal pernghancur dan 13 fregat.

10. Spanyol

Angkatan laut Spanyol harusnya bisa lebih baik jika saja pemerintah tidak memotong anggaran untuk pasukan marinirnya. Sebenarnya nagkatan laut Spanyol pernah menjadi yang terbaik di dunia jika melihat kebelakang sewaktu kerajaan Spanyol memulai kolonialisme.

Saat ini Spanyol hanya memiliki 1 kapal induk, 4 kapal selam, dan 11 fregat

11. Taiwan

Negara telah menghadapi beberapa kesulitan dalam upayanya untuk memodernisasi angkatan lautnya, salah satunya karena tekanan politik China. Tindakan Cina itu efektif menghentikan pengadaan kapal dan senjata pada Taiwan. Kondisi ini membuat Amerika Serikat sebagai pilihan Taiwan untuk memodernisasi angkatan lautnya, maka tak heran bilan sebgaian besar berasal dari Amerika Serikat.

12. Indonesia

Sebuah negara dengan wilayah perairan yang sangat luas, sudah sepatutnya Indonesia membangun Angkatan lautnya untuk terus menjadi lebih baik lagi. Angkatan Laut yang paling angker di Asia Tenggara ini mempunyai 4 kapal selam, dan 4 kapal amfibi yang siap menggerakkan pasukan daratnya yang lebih angker.

13. Korea Utara

Negara yang bersahabat dengan Rusia, Cina dan Kuba ini memiliki perangkat yang cukup angker dikawasannya, walau tak sejumawa Jepang dan Korea Selatan. Tapi jangan main-main, Kim Jong Un siap mengintai dengan 70 kapal selam dan menyerbu bersama 274 kapal torpedo jika ada yang mengusiknya.

14. Brazil

Untuk kawasan Amerika Latin, Angakatan laut Brazil adala yang paling diwaspadai. Negara ini memiliki 5 kapal selam dan 9 fregat.

15. Mesir

Selama keterliatannya dalam beberapa perang teluk, Mesir mengandalkan Angkatan lautnya untuk menggerakan angkatan daratnya ke zona lawan. Angkatan laut terbaik untuk kawasan Timur Tengah ini memiliki 5 kapal selam, 2 kapal pengangkut helicopter dan 9 fregat.

16. Thailand

Jika ada pesaing Indonesia itu bisa jadi adalah Thailand. Negara ini unggul dalam kepemilikan kapal induk yang mampu mengangkut 29 pesawat. Selain itu Thailand juga merencanakan memiliki 3 kapal selam dan telah megoleksi 8 fregat untuk menjaga perbatasannya.

17. Australia

Militer Australia merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Seringkali menjadi partner Amerika dalam berbagai operasi, dan memiliki perjanjian dengan beberapa negara di Pasifik Selatan. Karena itu Australia harus memiliki angkatan laut yang mumpuni. Sementara ini Australia memiliki 6 kapal selam dan dua pengangkut helikopter.