Sponsors Link

4 Dampak Perang Nuklir Bagi Indonesia Yang Sudah Bisa Diprediksi

Sponsors Link

Perang nuklir menjadi momok yang menakutkan bagi seluruh penduduk di penjuru dunia. Bagaimana tidak nuklir menjadi senjata paling mematikan dan mengerikan. Nuklir adalah senjata yang didapat dari rekasi nuklir memiliki daya pemusnah yang dasyat, sebuah bom nuklir dapat menghancurkan satu kota. Sepanjang sejarah senjata nuklir hanya digunakan sebanyak dua kali dalam masa perang dunia kedua. Senjata ini digunakan oleh Amerika Serikat untuk mengebom kota Nagasaki dan Hiroshima  di Jepang. Pada saat itu bom nuklir yang digunakan berkekuatan 20 kilo (ribuan) ton TNT. Sedangkan saat ini, satu bom nuklir memiliki daya ledak 70 mega (jutaan) ton TNT. Bisa anda bayangkan bukan, bagaimana daya ledaknya dan dampaknya bukan hanya bagi indonesia seperti juga penyebab konflik sara , tapi juga bagi seluruh dunia. Negara yang telah mengkonfirmasi memiliki senjata nuklir antara lain Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Prancis, China, Kore Utara, India, Pakistan. Selain negara diatas, Israel juga diduga memiliki senjata nuklir namun, enggan mengkonrfirmasinya. Sehingga informasi ini belum dapat dipastikan.

ads

Mungkin akan tak dapat terbayangkan bagaimana jadinya jika negara negara tersebut menggunakan senjata nuklir untuk saling menyerang. Seperti yang saat ini terjadi adalah kondisi saling mengancam untuk menyerang menggunakan nuklir yang di lakukan oleh Korea Utara kepada AS dan sebaliknya. Bahkan Korea Utara menjadi negara yang paling aktif dalam uji coba senjata nuklir. Mereka mengklaim sedang memproduksi rudal nuklir balistik antar benua yang bisa menjangkau daratan Amerika Serikat. Tentu saja hal ini menjadi perhatian sangat serius bagi keamanan dunia seperti juga contoh  konflik antar agama . Terlebih lagi Kim Jong Un selaku pemimpin Korea Utara secara terbuka menyatakan akan menyerang pulau Guam yang menjadi pangkalan militer pihak AS. Tentu saja penyataan terbuka tersebut dapat memicu terjadinya perang nuklir antar kedua negara. Tidak hanya itu, kondisi itu juga dapat memicu perang dunia III. Tentu hal yang amat mengerikan bukan. Meskipun Indonesia tidak akan menerima dampak langsung dari perang nuklir. Namun 4 dampak perang nuklir bagi Indonesia yang sudah dapat diprediksi seperti berikut.

1. Dampak Tidak Langsung Berupa Paparan Radiasi Nuklir

Sudah menjadi hukum alam, bahwa angin dari belahan bumi utara dan selatan akan bertemu di titik garis khatulistiwa. Sebagai negara yang berada di garis khatulistiwa maka sudah dipastikan kita akan terkena dampak radiasi dari adanya ledakan nuklir seperti juga contoh konflik antar ras . Jika bisa memilih lebih baik langsung meninggal saja ketimbang harus menjalani sisa hidup dengan terpapar radiasi nuklir. Kerusakan DNA yang bisa merubah sel sehat menjadi sel kanker, pembengkakan kelenjar tiroid, dan kerusakan sel sel tubuh mengantui korban yang terkena paparan radiasi. Untuk seberapa besar dan kecilnya dampak, hal itu tergantung dari daya hulu ledak nuklir yang di lepaskan. Jika jumlah paparan relatif banyak maka akan bisa menimbulkan mutasi genetik. Hal tersebut juga banyak dialami oleh korban bom aton Nagasaki dan Hiroshima tahun 1945.

2. Potensi Kerusuhan dan Pemberotakan Di dalam Negeri

Perang nuklir yang sedang berkecamuk dan potensi pecahnya perang dunia III, tentu tidak hanya berdampak pada kondisi keamanan dan stabilitas dunia. Kondisi ini dapat memicu bangkitnya pemberontakan dan tindakan kelompok sparatis di dalam negeri seperti penyebab konflik sosial paling umum . Dengan memanfaatkan kondisi keamanan dunia yang tidak stabil maka hal ini bisa menjadi titik kebangkitan untuk kembali menyusun pemberontakan. Tentu saja hal ini sangat berbahaya bagi keamanan dalam negeri. Hal ini dapat menimbulkan kerusuhan dan timbulnya rasa tidak aman yang di rasakan oleh rakyat. Sudah pasti rakyat akan turun kejalan untuk menyampaikan rasa aspirasi dan ketakutannya. Tentu saja hal tersebut dapat memicu konflik yang lebih luas. Yang akan berdampak pada situasi keamanan dalam negeri.

Sponsors Link

3. Kepanikan dan Ketakutan Melanda Masyarakat

Kepanikan dn ketakutan sudah pasti akan dialami oleh masyarakat. Dampak perang nuklir dapat mempengaruhi kondisi psikologis seperti juga  pengendalian konflik sosial . Meskipun tidak langsung berhadapan dengan kondisi peperangan, namun ketakukan akan ikut terjadinya perang di dalam negeri sudah pasti terbersit di pikiran sebagian besar masyarakat. Apalagi jika memunculkan kerusuhan dalam negeri tentu saja masyarakat akan semakin takut untuk beraktifitas keluar ruangan. Bisa anda bayangkan kota yang tadinya ramai penuh lalu lalang tiba tiba akan sepi seperti kota mati. Banyak orang yang akan memutuskan untuk tinggal di rumah. Dan melakukan persiapan, jika sewaktu waktu perang nuklir ikut menyeret Indonesia ke dalamnya.

4. Dampak terhadap Perekonomian Dalam Negeri

Kondisi perang nuklir yang terjadi juga tentu akan berdampak bagi perekonomian. Dalam sektor ekonomi mungkin kita akan diuntungkan. Perang nuklir yang terjadi akan menyebabkan harga energi dunia menjadi naik. Tentu saja kita akan sangat diutungkan dengan kondisi demikian. Namun disisi lain, pasar saham dan nilai kurs mata uang akan menurun seperti dampak konflik agama . Tentu akan sangat berdampak pada kondisi pasar saham. Dan yang tidak bisa terelakan adalah kaburnya para investor asing yang ingin  menyelamatkan sahamnya. Dengan tidak stabilnya kondisi dunia dan adanya gangguan keamanan akibat perang nuklir. Tentu banyak orang yang memanfaatkan situasi ini untuk menarik dana simpanan. Sehingga transaksi penarikan di bank bank akan sangat sibuk. Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada peredaran uang di pasaran. Bagaimanapun juga dampak perang nuklir menjadi dua sisi mata uang bagi bidang ekonomi. Meskipun demikian situasi seperti ini tentu saja tidak pernah kita harapkan.

Sponsors Link

Jika benar benar terjadi perang nuklir mungkin akan menjadi kiamat kecil bagi dunia ini. Ada asumsi yang menyebutkan bahwa dampak perang nuklir akan sama dengan tabrakan asteroid ke bumi. Tabrakan itulah yang menyebabkan makhluk seperti dinosaurus punah. Artinya untuk mengembalikan bumi pada kondisi seperti semula akan membutuhkan waktu hingga jutaan tahun. Dan bagi yang terkena dampak langsung nuklir mungkin akan merasa bersyukur jika ia mati sekaligus pada detik pertama saat serangan seperti latar belakang koflik israel palestina . Ketimbang harus menderita karena paparan radiasi seumur hidup, tentu saja hal itu akan sangat menyiksa.

4 dampak perang nuklir bagi indonesia yang sudah dapat diprediksi, tentu bukanlah hal yang diharapkan terjadi. Bahkan ketika membayangkannya saja kita sudah di buat merinding akan dampak dari perang nuklir. Bisa jadi bahwa perang nuklir yang terjadi akan menjadi tragedi pemusnahan ras manusia dan makhluk hidup terburuk pasca perang dunia II. Meskipun isu perang nuklir dan saling menyerang antara korut dan AS masih memanas. Namun, tentu saja kita tetap berharap bahwa perdamaian dunia akan tetap terjaga. Sehingga kita dapat hidup dengan aman, dan damai di atas bumi ini. Semoga artikel ini dapat membantu.

, , ,
Post Date: Saturday 30th, December 2017 / 06:51 Oleh :
Kategori : Pro Kontra