Sponsors Link

11 Negara Paling Ditakuti di Asia Tenggara

Sponsors Link

Asian Tenggara merupakan sebuah kawasan di benua Asia bagian Tenggara yang mencakup Indochina dan Semenanjng Malaya. Kawasan ini berbatasan dengan Cina di sebelah utara, Samudra Pasifik di timur, Samudra Hindia di bagian selatan, dan Australia.

ads

Di sektor perekonomian, selain Singapura, negara-negara di Asia Tenggara digolongkan dalam negara berkembang yang perekonomian bergantung pada hasil alam. Maka di bentuk kawasan perdagangan bebas oleh Association of South East Asia Nations (ASEAN) yang diharapkandapat mempercepat pertumbuhan ekonomi negara-negara di kawasan ini.

Baca juga:

Namun di bidang militer, negara-negara di kawasan ini tidak dapat diremehkan. Karena kawasan ini memilki kekayaan alam yang melimpah dan menjadi komoditi negara masing-masing, maka mereka berupaya memperkuat militernya agar tidak tereksploitasi lagi seperti pra-perang dunia II. Yang mana hasil bumi dan rempah-rempahnya di eksploitasi negara-negara eropa.

Bagaimana kekuatan militer negara-negara di kawasan ini? Berikut Negara Paling Ditakuti di Asia Tenggara

1. Indonesia

Jika dilihat dari luas wilayah, Indonesia adalah negara terbesar di kawasan ini. Negara dengan jumlah penduduk terbanyak kelima di dunia ini, otomatis menjadi penduduk terbanyak di Asia Tenggara. Dengan keunggulan itu, membuat Indonesia unggul pula dalam jumlah Personel militernya.

Namun tak hanya unggul dalam jumlah pasukan militer aktif, Indonesia mempunya perangkat alutsista yang paling mumpuni di Asia Tenggara. Dengan modal semua itu, pasukan militer Indonesia adalah yang terangker di kawasan ASEAN, bahkan untuk skala dunia militer Indonesia adalah salah satu yang terbaik.

2. Vietnam

Vietnam memiliki catatan penting untuk sejarah militernya. Pada masa perang dingin, terjadi perang proxy di Vientnam yang terkenal dengan sebutan Perang Vietnam. Perang yang melibatkan antara Vietnam Utara, dan Vietnam Selatan yang berseskutu dengan Amerika Serikat ini menjadi penting, karena pasukan Vietnam Utara berhasil memukul mundur pasukan Amerika Serikat walaupun jumlah Vietnam Utara jauh kalah banyak.

Hasil dari perang ini adalah bersatunya Vietnam Utara dan Selatan menjadi Vietnam yang berideologi komunis sekarang ini. Hingga saat ini, pasukan militer Vietnam masih terus menjadi salah satu terbaik di ASEAN.

3. Thailand

Dari historinya, Thailand tidak pernah mengalami penjajahan bangsa Eropa pada era kolonialisme. Praktis membuat Thailand tidak pernah merasakan agresi militer dari negara penjajah. Namun bukan berarti militer Thailand tidak pernah diuji. salah satu konfliknya adalah dengan Indochina Perancis pada tahun 1940.

Konfilk ini dipicu dengan perebutan wilayah antara Thailand dengan Indochina Perancis. Namun tidak ada pemenang atau pun pihak yang kalah dalam konflik ini. Karena akhirnya konflik ini berakhir dengan gencatan senjata yang ditengahi oleh Jepang.

Walau jarang terlibat perang, namun militer Thailand merupakan salah satu terbaik di asia, Angkatan Laut mereka di antara negara-negara Asia Tenggara lainnya lantaran memiliki sebuah kapal induk yang mampu menampung 29 pesawat tempur.

Baca juga:

Sponsors Link

4. Malaysia

Walaupun jarang terdengar aktivitas militernya, namun Malaysia tidak dapat dianggap remeh. Militer meraka terasuk dalam 40 teratas peringkat dunia. Alutsista yang dimiliki pun mumpuni. Bahkan Menteri Pertahanannya pernah sesumbar bahwa mereka mampu melawan Korea Utara seorang diri tanpa bantuan siapa pun. Pemerintahannya terus menggenjot anggaran militer agar memiliki pertahanan yang baik.

Dari kepemilikan alutsista, malaysia tidak terlalu jauh dengan Indonesia. Bahkan mungkin bisa setara. Saat ini Malaysia memiliki 85 unit tank, 48 jet tempur, dan kapal selam 2 unit dengan 126.500 personel serdadu aktif.

5. Myanmar

Myanmar menjadi salah satu Negara Paling Ditakuti di Asia Tenggara. Militer Myanmar lebih populer berkonflik dengan warganya sendiri yang berbeda etnis. Militer Myanmar digunakan pemerintah untuk menekan etnis yang tidak diakui oleh pemerintah, yaitu etnis rohingya. Konflik dalam negerinya memicu intervensi dari negara-negara tetangganya karena berkaitan dengan perihal kemanusiaan.

Sebagai tindakan preventif erhadap serangan dari luar, Myanmar memperkuat alutsistanya. Dikabarkan Myanmar membeli sejumlah rudal pertahanan udara modern dari Rusia. Kini Myanmar menjadi salah satu negara dalam 50 besar militer terbaik.

6. Filipina

Belum lama ini, di tahun 2017, Filipina menghadapi aksi militer di negaranya sendiri. Aksi itu dimulai dari penguasaan Islamic State ISIS atas kota marawi. Militer Filipina diabawah pimpinan Presiden Duterte dengan sigap menggempur kota itu agar penyebaran ISIS tidak meluas di Filipina.

Namun serangan itu bukan tanpa hambatan. Militer Filipina mengalami kecerebohan akibat salah sasaran. Kecerobohan itu memakan korban karena Angakatan Udara salah menjatuhkan bom pada targetnya. Sehingga menewaskan kawan-kawannya snediri. Ini menjadi pelajaran penting bagi militer Filipina agar lebih baik lagi.

ads

7. Singapore

Dalam beberapa hal di perbandingan Alutsista, Singapore bisa mengungguli Indonesia. Singapore memang hanya 212 tank, dimana Indonesia memiliki dua kali lipatnya. Namunpun kendaraan taktis yang dimilikinya mencapai 2000 unit dimana Indonesia hanya memiliki 1.000 unit.

Karena itu sebaiknya tidak meremehkan passukan militer Singapore, meskipun negara kecil, namun memiliki alutsista yang banyak dan mumpuni.

Baca juga:

8. Cambodia

Tentara Kamboja atau yang dikenal dengan The Royal Cambodian Armed Force merupakan pasukan militer yang berada dibawah Kementrian Petahanan Nasional. Pasukan ini merukan penggabungan dari dua kelompok militer sebelumnya, yaitu Angkatan Bersenjata Revolusioner Rayat Kamboja dan dua kelompok perlwanan non komunis. Pasukan Tentara Khmer Merah juga tergabung dalam pasukan militer

9. Laos

Meskipun negara ini dianggap remeh karena militer dianggap paling lemah di Asia Tenggara, namun  dibandingkan banyak negara kecil lain, kekuatan militernya mendapat skala cukup. Pemerintahannya memiliki program wajib militer bagi para pedmuda di negaranya. Alutsista yang dimiliki, meskipun terhitung sedikit dibanding ngera-negara Asia Tenggara yang lain. Namun cukup unutuk melindungi warganya dari serangan asing.

10. Brunei

Sengketa di teritori Laut Cina Selatan memunculkan ketegangan antara Cina dan beberapa negara ASEAN, termasuk Brunei Dasrussalam. Negara kecil yang terletak di Utara Kalimantan ini tidak ingi dianggap remeh dengan menngenjot anggaran belanja militer mereka

11. Timor

Forcas de Defesa de Timor Leste adalah pasukan tentara di Timor Leste yang bertugas menjamin kemanan negara tersebut. Negara yang paling muda di Asia Tenggara ini mendapatkan Devisa Negara untuk membeli Kekuataan Peralatan Militer. Timor Leste menjual 3 Ekspor Terbesarnya. Yaitu Minyak, Gas, Kopi dan Pajak Konsumsi Masyrakat dari hasil Pajak Perusahaan-Perusahaan Asing yg Berjualan di Timor Leste.

Baca juga:

, ,
Post Date: Monday 14th, August 2017 / 13:22 Oleh :
Kategori : Militer