Sponsors Link

Penjelasan Tentang Alasan Indonesia Bergabung dengan OKI

Sponsors Link

Setelah kita membahas mengenai persoalan-persoalan yang ada pada Indonesia dengan organisasi-organisasi luar negeri lainnya, sekarang kita akan membahas mengena satu organisasi lagi yang ada di dunia. Organisasi ini cukup besar, yang mana beranggotakan 52 negara Islam di Indonesia yang bernama OKI, atau Organisasi Kerjasama Islam. Di dalamnya terdapat beberapa negaratetangga seperti Malaysia, Brunei, dan lain-lain.

ads

Masuknya Indonesia ke dalam organisasi tersebut memberikan dampak yang beragam bagi negara Indonesia. Karena memang mayoritas anggota yang berada pada organisasi tersebut tidak memiliki paham yang kontras dengan kelebihan Demokrasi Pancasila apalagi dengan pelaksanaan Demokrasi Terpimpin dan juga dalam menjalankan prinsip-prinsip yang ada pada prinsip-prinsip Demokrasi Pancasila, maka keanggotaan Indonesia dalam organisasi tersebut dapat beralan cukup lama.

Sejarah singkat lagi mengenai organisasi ini, OK didirikan pada tanggal 25 September 1969, atau pada 12 Rajab 1389 pada saat diadakannya pertemuan pertama para pemimpin dunia yang beragama Islam sebagai wujud aksi protes terhadap dibakarnya Masjid Al Aqsa oleh gabungan antara fanatik Kristen dan juga Yahudi.

Alasan masuknya Indonesia pada organisasi ini memang disertai beberapa pertimbangan juga, tentuna mengenai solidaritas sebagai sesama muslim di dunia, dan juga dampak positif lainnya yang diharapkan dari kerja sama antara Indonesia dengan negara-negara Islam yang lainnya.

Hal ini juga terlepas dari adanya alasan ekspor seperti pada kenapa Indonesia keluar dari OPEC apalagi penyebab lainnya yang dapat anda temukan pada kenapa Indonesia keluar dari PBB. Hal-hal postif tersebut kami kumpulkan dan kami rangkum ke dalam alasan Indonesia bergabung dengan OKI, pada alasan Indonesia bergabung dengan OKI. Simak info selengkapnya di bawah ini !

1. Indonesia Menganut Politik Bebas Aktif

Terlepas dari adanya pendapat yang berbeda soal pengertian analisa politik di Indonesia, negara ini pernah mengalami berbagai perkembangan soal politik di dalamnya. Ada contoh-contoh pada perkembangan politik masa Demokrasi Liberal, dan juga pada contoh dianutnya sistem politik bebas dan aktif, sehingga Indonesia bisa dengan bebas masuk ke dalam organisasi OKI. Dan dengan bergabungnya Indonesia, maka neagara akan mendapatkan banyak sekali manfaat.

Berbeda dengan dampak positif Politik Etis, politik bebas aktif ini dapat dimanfaatkan oleh Indonesia untuk meningkatkan kerja sama dengan negara-negara lain di dunia dengan salah satu caranya adaah ikut serta masuk ke dalam suatu organisasi, salah satunya OKI. Maka dari itu, hubungan antara Indonesia dengan negara lain di dalamnya dapat semakin ditingkatkan dengan baik tanpa mengabaikan aturan-aturan yang ada pada negara mereka sendiri.

2. Ada Kesamaan Antara Indonesia dengan Organisasi OKI

Banyak orang berpendapat bahwa apabila di dalam diri terdapat kesamaan dengan suatu kelompok, maka hal itu dapat memudahkan pembauran antara satu individu dengan individu yang lainnya dalam suatu kelompok. Contoh saja anda memiliki stuatu hobi, kemudian bergabung ke dalam komunitas yang memiliki hobi yang sama. Tentunya untuk mengakrabkan diri akan lbih mudah bukan, karena ada kesamaan antara anda dengan teman-teman lainnya.

Hal serupa dirasakan oleh Indonesia, yang memiliki beberapa persamaan antara negaranya dengan negara-negara yang ada dalam organisasi OKI, seperti sama-sama berdiri sebagai negara berkembang, dan juga sama-sama memiliki penduduk mayoritas beragama Islam. Jadi perselisiahn pada organisasi tersebut jarang terjadi, terlebih lagi konflik mengenai ideologi yang sangat amat jarang terjadi di dalamnya.

3. Sebagai Peningkat Pembangunan Ekonomi di Indonesia

Masuknya Indonesia ke dalam organisasi OKI juga dapat dimanfatkan dari segi ekonomi, yaitu untuk bisa meningkatkan perkembangan ekonomi di Indonesia melalui hubungan antara Indonesia sendiri dengan negara-negara yang lainnya. Hal ini tentunya kabar yang menggembirakan, terlebih lagi terdapat beberapa negara sahabat Indonesia yang juga merupakan anggota dari OKI. Mereka bisa saja melakukan investasi besar-besaran pada negara Indonesia yang akan memberikan keuntungan pada masa yang akan datang.

Sponsors Link

Kerja sama antara Indonesia dengan negara lain juga dapat kita telusuri secara langsung lewat pembangunan infastruktur besar-besaran yang dilakukan oleh pemerintah di Indonesia yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat pada jangka panjang. Nah, kebijakan inilah yang seharusnya mendapat dukungan dari rakyat, bukan hanya karena harga bahan bakar meningkat beberapa persen saja tiba-tiba pemerintah dihujat tanpa melihat adanya proyek jangka panjang yang dilakukan.

4. Karena Indonesia Merupakan Negara dengan Muslim Terbanyak

Terlepas dari adanya persoalan mengenai alasan Indonesia masuk kembali ke PBB dan juga konflik yang terjadi pada negara foundernya, yaitu penyebab konflik Qatar dan Arab Saudi, salah satu alasan Indonesia bergabung dengan OKI adalah adanya salah satu kesamaan yang mana telah disampaikan pada bagian nomor dua, yaitu negara dengan mayoritas penduduknya beragam Islam. Walaupun ada juga negara-negara yang memiliki penduduk muslim tapi hanya sedikit saja.

Oleh karena kesamaan itulah, terlebih lagi soal salah satu peristiwa yang fatal bagi umat muslim di dunia tersebut, maka tidak ada salahnya Indonesia ikut serta ke dalam organisasi OKI tersebut untuk turut serta mendukung agama Islam di dunia.

5. Untuk Menangani Masalah Teroris dan Gerakan Radikal

Di Indonesia, banyak sekali konflik yang diakibatkan oleh beberapa faktor seperti pada penyebab konflik antar agama, penyebab konflik antar ras, dan penyebab konflik antar suku yang mana sangat mengkhawatikan karena bisa memecah belah bangsa negara Indonesia secara keseluruhan. Oleh karena itu, dengan bergabungnya Indonesia kedalam organisasi Oki tersebut, maka permasalah tersebut bisa diminimalisir dengan berbagai cara.

Hal yang harus dilakukan adalah mendeteksi terlebih dahulu gerakan-gerakan radikal seperti sejarah terbentuknya PKI dan juga organisais ekstrimis lainnya yang akan dilakukan oleh lembaga pengamanan negara. Lembaga tersebut akan dilatih lebih lanjut untuk bisa mendeteksi adanya gerakan atau perkembangan dari organisasi-organisasi tersebut untuk selanjutnya bisa dilakukan tindakan yang sesuai. Dan apabila konflik tadi menimbulkan kerusakan yang material, maka negara-negara lainya akan turut serta membantu perbaikan negara tersebut.

Sponsors Link

6. Sebagai Bentuk Kerja Sama Penurunan Tarif Impor

Langkah ini juga dapa dilakukan sebagai langkah kerja sama untuk bisa menurunkan tarif impor, yang tentunya berlaku pada setiap negara di dunia. Dalam hal ini, organisasi OKI menyampaikan bahwa anggotanya diharapkan untuk menjalankan kebijakan untuk menurunkan harga impor, terutama untuk negara-negara anggota OKI lainnya.

Hal tersebut akan berdampak pada devisa negara eksportir yang bisa meningkat, dan juga untuk memudahkan negara importir mendapatkan barang dengan biaya pengiriman yang lebih murah karena tarif impor yang sudah diturunkan tadi. Jadi, adanya kebijakan ini dapat mendukung kedua pihak yang sama-sama merupakan anggota OKI, eksportis mendapatkan untung, begitu juga dengan negara yang berperan sebagai importir.

Itulah tadi keenam sebab bergabungnya Indonesia pada organisasi Islam OKI ini, diharapakandengan bergabungnya Indonesia pada organisasi tersebut, maka timbul adanya aksi kerja sama ang harmonis antara Indonesia dengan negara lainnya.

Mereka dapat bekerja sama dalam hal apapun, termasuk di dalamnya perihal ekonomi ataupun sosial. Alasan Indonesia bergabung dengan OKI tentunya tidak lepas dari keinginan pemerintah untuk mensejahterakan rakyat.

, ,
Post Date: Tuesday 10th, April 2018 / 03:31 Oleh :
Kategori : Internasional