Sponsors Link

13 Pengertian Analisa Politik Menurut Para Ahli

Sponsors Link

Siapa yang tidak mengenal politik? Politik merupakan hal yang erat kaitannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara seperti juga pengertian pilkada serentak . Politik tidak dapat di pisahkan dari struktur kehidupan manusia. Namun, politik ternyata merupakan ilmu yang hanya di kuasai oleh beberapa orang saja. Tidak semua orang mahir dalam berpolitik. Karenanya dalam istilahnya kita mengenal mereka yang ahli di bidang ini dengan sebutan sebagai politisi.

ads

Ilmu politik merupakan cabang ilmu sosial yang membahas tentang teori dan praktik politik serta perilaku politik dan analisis sistem politik dan deskripsinya. Politik bisa dipandang sebagi dua sisi mata uang simak juga strategi pemenangan pemilu . Dimana politik yang baik akan bisa membawa banyak dampak positif bagi penyelenggaraan pemerintahan didalam sebuah negara. Namun, juga ada lawan politik yang berusaha menjatuhkan pemerintahan dengan meluncurkan kritik dan saran sehingga memicu spekulasi publik.

Dalam politik sangatlah sulit untuk membedakan dua pihak, manakan yang benar dan salah. Karena semua terlihat begitu kabur dan semu. Politik bisa sangat membahayakan terutama bagi pihak yang tidak mengerti tentang analisa politik dari sebuah peristiwa yang terjadi simak juga kehebatan politik jokowi . Sebab terkadang terdapat peristiwa yang secara tidak langsung berkaitan dengan hasrat politik yang tersembunyi didalamnya. Tentunya analisa politik sangat diperlukan untuk mengetahui apakah ada kepentingan politis di balik sebuah peristiwa yang terjadi. Berikut 13 pengertian analisa politik menurut para ahli. Simak selengkapnya.

1. Joyce Michel

Politik adalah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijakan umum untuk masyarakat seluruhnya.

Analisa : ilmu politik selelu berkaitan dengan kelompok masyarakat dan bukan hanya indovidualisme. Dasar dari politim adalah adanya keputusan dan kebijakan yang di buat untuk kepentingan umum simak juga metode pemenangan pilkada .

2. J. Barents

Menurut J. Barents politik adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan masyarakat dan negara sebagai bagiannya.

Analisa : Negara merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari politik. Negara dihuninoleh masyarakat sehingga kajian ilmu potik berdokus pada mempelajari manusia yang berada di dalamnya.

3. David Easton

Politik merupakan studi tentang terbentuknya kebijakan umum.

Analisa: sebuah kebijakan tentu harus dapat di terima secara umum oleh mayoritas masyarakat seperti tipe-tipe pemilihan umum . Karena itu politik di tuntut untuk memberikan pembelajaran untuk memenuhi pembentukan lebijakan umum.

4. Karl W. Deutsch

Politik adalah pengambilan keputusan melalui sarana umum.

Analisa : politik bukanlah hal yang bersifat independent akan tetapi leberadaannya haruslah bersifat universal dan dapat di terima oleh semua pihak seperti juga dampak positif golput . Politik juga tidak dapat berdiri sendiri dengan didalamnya terdapat kepentingan pribadi. Selayaknya politik harus mencakup kepentingan umum didalamnya.

Sponsors Link

5. Delinar Noer

Politik memusatkan perhatian pada masalah kekuasaan, dalam kehidupan bersama masyrakat.

Analisa : politik memiliki hubungan yang erat dalam hal kekuasaan. Politik digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan kekuasaan sehingga dapat memimpin kelompok masyarakat tertentu.

6. Soelaiman Soemardi

Politik adalah ilmu suatu ilmu pengetahuan kemasyarakatan, mempelajari kekuasaan didalam masyarakat, sifat hakikatnya, luas lingkupnya, dasar landasannya serta hasil akibatnya.

Analisa : politik merupakan ilmu yang mempelajari permasalahan secara kompleks, baik secara individu ataupun kelompok, disamping itu dalam ilmu politik akan diketahui sebab sebab serta dampak dan akibat yang akan timbul dari masalah kemasyarakatan yang terjadi simak juga sistem pemilu distrik .

7. Aristoteles

Politik adalah usaha yang di tempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama.

Analisa : Politik selalu hadir dengan di tunggangi oleh berbagai kepentingan yang memiliki tujuan. Terlepas dari apapun itu, unsur kebaikan selalu menjadi tujuan yang akan di capai baik oleh subjek ataupun objek politik.

8. Andrew Heywood

Politik merupakan kegiatan suatu bangsa yang bertujuan untuk mempertahankan, membuat, mengamandemenkan peraturan-peraturan umum yang mengatur kehidupannya.

Analisa : politik merupakan bidang keilmuan yang mempelajari tentang peraturan-peraturan umum, mulai dari tahap pembuatan, mempertahankan dan melaksanakan kebijakan sehinga muncul keteraturan dalam kehidupan masyarakat secara umum simak juga sistem pemilu proporsional .

9. Ramlan Surbakti

Politik merupakan interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam proses pembuatan keputusan yang mengikat tentang kebijakan masyarakat yang tinggal dalam wilayah tertentu.

Analisa : Interaksi merupakan sebuah hubungan yang terjalin antara pemerintah dan masyarakat dalam membuat tatanan aturan untuk di taati oleh masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut. Aturan atau tatanan tersebut di buat secara bersama sama agar tidak menguntungkan salah satu pihak yang ada di dalamnya.

Sponsors Link

10. Miriam Budiarjo 

Ilmu politik adalah bermacam-macam kegiatan dalam suatu sistem negara, yang menyangkut dalam penentuan tujuan dari suatu sistem serta pelaksaan dalam mencapai tujuan tersebut.

Analisa : sistem politik yang dianut oleh sebuah negara memilki berbagai macam kegiatan, politik mengacu pada usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan pada semua kegiatan kegiatan tersebut simak juga akibat konflik sara .

11. Max Weber

Ilmu politik merupakan kemampuan seseorang untuk membuat orang lain melakukan hal yang tidak dikehendakinya.

Analisa : Politik memiliki sifat persuasif dimana mengarahkan seseorang untuk melakukan hal hal yang mulainya merupakan sebuah ajakan. Kemampuan ini hanyak di miliki oleh beberapa orang sehingga tidak semua orang memiliki kemampuan mumpuni untuk menjadi seorang politisi.

12. G.A Yacobsen dan M.H Lipman

ilmu politik adalah ilmu tentang negara, dimana didalamnya terdapat hubungan antara individu dengan negara , kelompok dengan negara, negara dengan negara. Sejauh mana hubungan heraebut telah di atur dalam hukum.

Analisa : ilmu politik merupakan ilmu yang telah mengatur hukum antara hubungan dan terjalin dalam suatu negara agar tidak terjadi contoh konflik antar agama .

13. Rod Hague et al

Politik merupakan kegiatan yang menyangkut cara kelompok dalam mencapai keputusan yang bersifat kolektif dan mengikat, melalui usaha yang mendamaikan perbedaan.

Analisa : politik berhubungan dengan seluruh kelompok yang ada di dalamnya memerlukan sebuah keputusan. Melalui keputusan yang dibuat politik bertujuan mendamaikan dan menyatukan segala bentuk perbedaan para anggotanya. Sehingga keputusan yang dibuat menyangkut kepentingan kolektif yang mampu mempersatukan semua pihak.

Politik bisa menjadi kejam dan jahat tergantung siapa yang menggunakannya. Pada dasarnya politik di ciptakan untuk menciptakan kestabilan antara negara dan rakyatnya. Namun, kini politik juga banyak di gunakan sebagai senjata untuk saling menjatuhkan. Tentu saja hal tersebut sangat bertolak belakang dari tujuan politik yang mengarah pada kebaikan. Selayaknya sebagai politisi tetap memandang etika dan norma sehingga tidak akan merusak tatanan aturan yang telah ada.

Itulah, 13 analisa politik menurut para ahli. Dengan mengetahui hal tersebut diharapkan kita dapat lebih melek lagi dalam berpolitik. Sehingga percekcokan yang diakibatkan oleh perbedaan paham dan pandangan dalam berpolitk dapat dihindari. Dengan begitu maka kebebasan masyarakat untuk berpolitik dan berdemokrasi dapat terlaksana sesuai dengan undang undang. Bijaklah dalam berpolitik dan semoga masyarakat indonesia semakin dewasa dalam menyikapi fenomena politik yang terjadi. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Post Date: Tuesday 23rd, January 2018 / 08:20 Oleh :
Kategori : Politik