Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Konflik Antar Ras yang Paling Efektif

Sponsors Link

Konflik antar ras merupakan salah satu konflik yang paling banyak terjadi di dunia. Tindakan yang memicu konflik ini disebabkan oleh salah satu tindakan yang disebut dengan rasis. Rasisme sendiri merupakan sebuah bentuk sebuah tidakan yang dinilai melecehkan ras lain. Dimana para pelaku rasis memandang bahwa ras mereka lebih unggul dibandingkan dengan ras lain. Sehingga kemudoan melakukan tindakan berupa menghina atau mengejek dan bahkan melakukan tindak kekerasan terhadap ras lainnya.

ads

Ras sendiri merupakan penggolongan kelompok manusia berdasarkan ciri fenotipnya. Misalkan ras kulit putih dan ras kulit hitam. Perbedaan antar keduanya terletak pada warna kulit. Perbedaan inilah yang kemudian dinilai dapat menimbulkan dan memicu konflik. Sebab pada kenyataannya banyak konflik antar ras yang terjadi dengan faktor utama didasarkan pada perbedaan secara fisik. Mengingat banyaknya tindakan rasisme tentu membuat kekhawatiran tersendiri.

Bagaimana tidak, sebab konflik antar ras pada masa lampu juga di dasari oleh prilaku rasisme sebagaimana pengertian konflik antar ras . Perilaku ini kemudian menjurus pada penyebab konflik antar ras dan  perlakuan diskriminasi bahwa berujung pada genosida. Tentunya, jangan sampai peristiwa yang sama menjadi terulang kembali sebagaimana penyebab perang israel palestina . Rasanya akan menjadi hal yang dapat memicu pertikaian dan peerpecahan. Karenanya diperlukan sebuah upaya seperti 5 cara mengatasi konflik antar ras yang paling efektif.

1. Menjunjung Tinggi Rasa Saling Menghormati

Konflik antar ras biasanya disebabkan oleh hilangnya rasa saling menghormati diranah publik. Ras yang satu merasa memiliki posisi lebih tinggi dibandingkan dengan ras lainnya juga terjadi dalam penyebab palestina dan israel berperang . Sehingga menganggap diri mereka superior dibandingkan dengan yang lain. Tetunya ini merupakan nilai yang salah kaprah dan pastinya menjadi pemicu utama sehingga kemudian memunculkan sikap diskriminasi, rasisme dan yang paling parah adalah berujung pada aksi genosida. Pada faktanya banyak sudah konflik antar ras yang berujung pada pemusnahan suatu ras atau etnik.

Sponsors Link

Konflik ini pada dasarnya di sebabkan oleh hilangnya atau terkikisnya sikap saling menghormati antara satu sama lain. Sikap inilah yang harusnya diranamkan sebagai dasar dan pandangan. Dimana bahwa setiap ras atau etnik yang hidup diatas bumi memiliki hak yang sama. Serta layak mendapat penghormatan dan sejajar dengan ras yang lainnya. Rasanya memang tidak mudah bagaimana memberikan kesadaran setiap orang bahwa pemecah dan solusi yang tepat dari berbagai konflik antar ras lahir dari sikap saling menghormati.

Sikap ini pada dasarnya lahir dari setiap individu yang pastinya mrmiliki kesadaran akan pentingnya hal ini. Sebab bukan hanya kasus konflik antar ras yang disebabkan oleh hilangnya sikap salung menghormati ini. Bernagai tindakan dan kasus yang terjadi belakangan juga disebabkan oleh hal yang sama. Oleh karena itu, sangat penting untuk kemudian menanamkan sikap saling menghormati antar sesama ras sejak dini. Sehingga pola yang didapat sejak dini maka akan bisa bertahan hingga individu kelak menjadi dewasa.

2. Menghargai Perbedaan

Mengatasi konflik antar ras yang kedua dapat dilakukan dengan cara saling menghargai perbedaan. Dalam penciptaannya manusia sudah pasti diciptakan berbeda sesuai dengan lingkungan dimana dia tinggal sebagai dampak konflik agama . Misalnya orang eropa atau ras kulit putih cenderung memiliki kulit putih sebab sesuai dengan kondisi mereka yang mendapati 4 musim, dimana mereka hanya mendapatkan cahaya matahari selama 3 bulan. Sedangjan ras negroid memiliki warna kulit yang hitam legam sebab mereka berasal dari dataran Afrika dengan kondisi alam yang amat ekstrim sehingga pastinya menyesuaikan dengan kondisi bentang akam disana.

Tentunya perbedaan ini bukan dianggap sebagai sebuah penghalan untuk kemudian menjalin sosialisasi. Sebab sejak jaman dahulu dan bahkan mungkin hingga kini. Kaum kulit hitam cenderung mendapatkan sikap diskriminasi dan tindakan rasisme karena warna kulit mereka. Warna kulit bukan menjadi persoalan , sebab masalh utamanya adalah terletak pada pribadi individu yang mengesampingkan perbedaan. Pada faktanya saja pelangi dicuptakan dengan warna spektrum yang berbeda untuk kemudian dapat menghasilkan keindahan. Begitupula manusia yang diciptakan berneda selayaknya akan mengisi keindahan pada setiap pojok dunia.

3. Meningkatkan Kesadaran Pribadi

Banyak orang yang tidak memiliki edukasi mengenai bagaimana membentuk kesadaran diri pribadi sebagi ciri-ciri demokrasi terpimpin . Mereka cenderung mengedepankan sikap egoisme yang pada akhir ya saling berbenturan dan menimbulkan konflik. Begitupula dengan konflik antar ras yang marak terjadi.  Kesadaran pribadi yang harusnya menjadi dasar yang dipegang setiap.individu seperti sirna. Hanya karena melihat diri anda dan warna kulit mereka berbeda dari anda.

Analoginya adalah seorang yang sadar akan cenderung jauh dan tidak kama terlibat dalam masalah. Sebaliknya mereka yang kehilangan kesadaran biasanya menjadi biang kerok atau pemicu dalam sebuah insiden. Tentunya analogi ini tepat untuk mengambarkan betapa kesadaran pribadi seseorang. Memegang peranan penting dalam menciptakam situasi yang minim konflik dan pertentangan . Untuk itu, sangat penting menanamkan pandamgan atas kesadaran bahwa perbedaan ras bukan menjadi sebuah masalah. Sebab masih banyak sekali masalah kemanusiaan yang harusnya menarik kesadaran kita u tuk lebih fokus memperjuangkannya.

Sponsors Link

4. Tidak Membudayakan Membulli berdasarkan Perbedaan Ras

Tahukan anda, seiring dengan perkembangan teknologi dan era digital yang begitu membumi. Membuat seseorang dengan mudahnya membuli seseorang sebagai dampak negatif konflik  . Hanya melalui kolom komentar mereka bisa dengan keji menuliskan hinaan yang bahkan cenderung mengarah kepada perbuatan rasisme. Tentunya hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Sebab, membully akan menjadi sebuah budaya dimasyarakat jika kebiasaan ini tidak segera di tanggulangi. Fakta yang mencegangkan banyak kasus rasisme yang berawal dari komen dan bulian di media sosial.

Tentunya hal ini menjadi masalah baru sebagai bentuk dan pemicu konflik antar ras. Itulah mengapa banyak yang menyebut bahwa saat ini jari lebih kejam dari pada lidah. Pelaku rasis cenderung menyerang mereka yang memiliki perbedaan fenotif dengan kebanyakan orang. Inilah yang kemudian harus di stop, bagaimana negara dan sebuah bangsa akan maju jika generasi mudanya masih bersikap primitif dalam memandang perbedaan ras. Bukankan lebih baik menggunakan media sosial sebagai ajang kampanye melawan tindakan rasisme, pastinya hal ini akan memberikan respon positif bagi pribadi anda.

5. Menanamkan Pandangan Bahwa Semua Manusia adalah Sama

Pada dasarnya jika dinilai secara penampakan dan fenotif pastinya setiap manusia memiliki perbedaan sekaligus keunikam masing-masing. Tentunya kita tidak bisa menghapus hal ini sebagai salah satu penyebab konflik antar golongan . Sebab secara kodrati manusia memang di ciptakan secara berbeda dan dengan karakteristik yang berbeda pula. Namun, pandangan ini selayaknya harus disikapi dengan sikap yang bijaksana. Bukankan kita diajarkan untuk selalu memandang seseorang sebagai satu kesatuan yang sama.

Tidak ada pembeda kecuali kita sendiri yang membuat perbedaan tersebut dengan mengelompokkan orang dalam kotak-kotak tertentu. Untuk dapat mengatasi konflik antar ras salah satu cara yang paling bisa dilakukan. Ialah dengan menanamkan pandangan bahwa manusia adalah sama. Manusia adalah makluk sosial yang membutuhkan orang lain. Maka dengan pandangan ini, tentu akan menghapus segala konflik yang bisa ditimbulkan akibat adanya perbedaan.

5 cara mengatasi konflik antar ras yang paling efektif. Pastinya bisa menjadi sebuah solusi dalam memecahkan masalah global yang kian marak terjadi. Sekaligus sebagai upaya pemersatu untuk me.gkikis segala perbedaan yang kemudian bisa memicu konflik lainnya yang lebih besar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , , ,
Post Date: Thursday 03rd, May 2018 / 04:36 Oleh :
Kategori : SARA