Sponsors Link

5 Penyebab Perang Israel dan Palestina yang Menegangkan

Sponsors Link

Kita sering sekali mengetahui berbagai konflik yang bisa dibilang abadi di dunia seperti berbagai penyebab yang bisa ditemukan di penyebab konflik Suriah dan juga penyebab konflik Libya. Berbagai pertengkaran dan pertempuran bisa kita temui di berbagai wilayah di dunia. Peperang juga terjadi pada masa lampua yang mana ikut mememecahkan beberapa area seperti hl-hal yang dapat ditemukan di penyebab negara Korea terpecah menjadi dua negara .  Sebagai contoh kali ini yang akan kita ambil yaitu konflik yang terjadi pada daerah Israel dan Palestina. Perang besar yang sudah berlangsung sejak lama ini menimbulkan berbagai pertanyaan dari pandangan masyarakat dunia mengenai apakah sesungguhnya yang menyebabkan peperangan ini meletus. Peperangan ini juga menyangkut pautkan tentang negara-negara yang memiliki angkatan bersenjata terbaik di dunia.

ads

Sebetulnya banyak sekali hal yang bisa ditelusuri di sini, tapi mungkin bisa berubah menjadi informasi yang mengkhawatirkan mengingat segelintir faktor yang bisa dibilang penting datang dari sektor agam yang mana termasuk dalam penyebab konflik antar agama. Sungguh sensitif meman bisa kita berbicara lebih lanjut mengenai agama. Oleh karena itu, kita akan menelusuri sebab-sebab tersebut dari segi yang bisa dibilang cukup masuk akal dari segi historis yang mengambil sedikit saja dari segi agama. Oleh karena itu, agar anda bisa memahami lebih lanjut mengenai berbagi sebab yang menimbulkan peperangan yang menegangkan ini, anda bisa cek ulasan lengkapnya berikut :

1. Perebutan tempat yang menurut Israel adalah tempat yang suci

Pada awalnya konflik antar negara ini bukan hal yang meledak-ledak seperti berbagai ciri-ciri perang dingin. Tapi ada satu hal yang menarik di sini. Hal yang pertama kita lihat adalah dari segi historis dan agamis dari Israel sendiri untuk merebut tanah yang dijanjikan dalam ideologi mereka yang letaknya berada pada Palestina sendiri. Lebih tepatnya berada di kota Jerusalem. Berdasarkan rasa ingin dan mempunyai hak untuk memiliki tersebut bangsa Yahudi yang berada pada negeri Israel berusaha menjalankan segala cara untuk bisa berhasil merebut negara Palestina. Dulunya, memang bangsa Yahudi hidup terunta-lunta setelah terjadi peristiwa Holocaust, peristiwa yang lebih menyakitkan dari penyebab pelanggaran HAM vertikal yang dilakukan oleh Jerman dengan tujuan untuk memberantas musuh bebuyutan Hitler yang mana termasuk dalam diktator paling kejam di dunia yaitu kaum Yahudi di seluruh muka bumi.

Pada akhirnya, mereka berhasil berdiam dan menduduki area Israel, yang mana saat ini dikenal sebagai pusatnya agama Yahudi di seluruh dunia dan juga negara yang memiliki personel militer terbaik di dunia. Dengan rasa ingin memperluas wilayah di dalam hati, mereka kemudian mengingat ajarn yang telah disampaikan bahwa ada tanah yang dijanjikan sebuah mereka. Tanah yang mulia yang disiapkan untuk bangsa Yahudi, yaitu Palestina. Dengan dasar inilah, mereka kerap kali melakukan invasi untuk akhirnya bisa mengusir seluruh penduduk Palestina. Dengan tidak adanya satu pun penduduk di sana, Palestina an mudah sekali untuk diduduki, bahkan dengan tanpa usaha yang berat sekalipun. Akhirnya Israel mengeluarkan tindakan yang berisikan ciri ciri agresi militer.

2. Inggris yang memfasilitasi rakyat Yahudi untuk “menempati” Palestina

Rasa ingin menguasai wilayah Palestina tidak hanya didasari oleh segi agama yang menyatakan bahwa Palestina adalah sebuah tanah atau wilayah yang dijanjikan untuk mereka. Namun di sini, ada campur tangan Inggris yang memberlakukan aturan agar rakyat Yahudi bisa bebas untuk memasuki dan menguasai wilayah Palestina dengan perlahan. Palestina di sini juga tidak bisa melwana, karena negara tersebut secara tidak langsung masih berada pada kepemimpinan Inggris dan juga Palestina sendiri termasuk dalam negara-negara dengan militer terlemah. Oleh karena itu, Inggri menghimbau Israel untuk mulai menempati beberapa wilayah yang ditawarkan. Akhirnya Israel memilih wilayah Palestina, karena dianggap dekat dan tidak perlu mengeluarkan banyak sumber daya untuk menguasainya. Hal ini merupakan bentuka yang paling parah dari penyebab konflik sosial.

Alhasil, Israel bisa menguasai pelan-pelan wilayah Palestina dengan proteksi dari Inggris yang mana selalu berada di belakang Israel. Inggris merasa aman dengan berbagai pasukan militer termasuk pasukan elit wanita terbaik yang dimilikinya. Seolah-olah Israel kebal atas aturan apapun karena perlindungan dari negara yang tergolong kuta tersebut. Sayangnya di sini Palestina tidak mendapat perhatian yang pasti dari badan hukum pemerintah dunia, karena seperti yang kita tahu, banyak sekali orang pada pemerintahan global yang memiliki ideologi yang sama dengan Israel yaitu Yahudi, yang bersembunyi dalam seragam-seragam kabinet pemerintahan dunia.

ads

3. Dibentuknya organisasi HAMAS, organisasi pembela Palestina

Perlawanan Israel yang kerap dilakukan kepada wilayah Palestina tidak hanya membuat mereka diam saja tanpa berbuat apapun. Ada organisasi yang penting yang melakukan segala paya untuk mempersatukan rakyat Palestina untuk membela diri dari serangan Israel. Sebetulnya, rakan Hamas ini terbentuk karena ada rasa balas dendam dalam hati mereka untuk segera menghancurkan Israel. Namun yang disayangkan di sini adalah gerakan ini memanipulasi rakyat Palestina untuk melindungi diri mereka sendiri. Rakyat Palestina ditempatkan di garis depan dimana adalah daerah yang sangat berbahaya, sudah dipastikan bahwa korban yang berjatuhan kebanyakan dari anak-anak dan ibu-ibu yang sama sekali tidak tahu menahu soal peperangan. Hal ini bisa menjadi salah satu peristiwa pembantaian umat Islam sepanjang sejarah yang terparah.

Banyak sekali pia yang terus menyalahkan Hamas, serta mengutuk tindakan yang termasuk tidak manusiawi tersebut, yang juga termasuk dalam faktor pelanggaran HAM. Tapi da pula pihak yang membenarkan hal itu terjadi, dengan beralasan bahwa pengorbanan harus tetap dilakukan dalam peperangan. Meski begitu, Hamas mendapat perlawanan yang cukup sengit dari beberapa negara di dunia, terlebih lagi Amerika Serikat yang memiliki pasukan elit terkuat di dunia.

4. Penguasaan Ekonomi lewat penaklukan kota Jerusalem

Salah satu faktor yang diperebutkan disini adalah faktor geografis yang menyangkut areal perkotaan bernama Jerusalem yang dianggap menjadi kota yang suci bagi beberapa agama di dunia. Kota tersebut memiliki kandungan sejarah yang sangat menarik bagi semua kalangan, teruma aturis yang ingin berwisata rohani. Oleh karena itu, kota Jerusalem dianggap sebagai kota yang amat potensial untuk meningkatkan devisa negara dari sektor pariwisata. Dari alasan itulah, Israel memfokuskan pandangan untuk menguasai kota ini dengan dasar akan mendapat keuntungan yang berlimpah bila berhasil menduduki dan mengembangkan kota Jerusalem sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di dunia.

Dengan dikuasainya Palestina, maka Israel akan mendapat pemaskan yang sangat menjanjikan dari hana satu ka saja yaitu Jerusalem. Keuntungan tersebut dianggap sangat penting untuk membangun negara lebih baik lagi di bidang politik dan kemiliteran.

5. Politik

Alasan yang paling mudah dicermati dari peperangan antara Palestina dan Israel ini adalah unsur politik yang amat kental. Kedudukan Israel sudah dianggap seperti pemerintahan yang paling baik diantara semua negara-negara tetangganya. Oleh karena itu, langkah selanjutnya untuk melanjutkan perjuangan pengembangan negeri adalah dengan terus menguasai wilayah-wilayah kecil dan potensial, seperti Palestina contohnya. Penguasaan area ini bisa menunjukkan bahwa Israel adalah negara yang terhebat, entah itu dari segi militer ataupun angkatan bersenjata yang terbaik.

Namun sayangnya penguasaan Israel atas Palestina ini tidak dianggap hal yang cukup penting, bahkan didukung oleh beberapa petinggi di Amerika. Hal ini diperkirakan karena hubungan mereka yang baik dengan petinggi-petinggi lain yang mempunyai agama yang sama dengan rakyat Israel yaitu Yahudi. Bagaimana menurut anda? Apakah anda setuju dengan hal ini?

Sponsors Link

Itulah dia lima sebab utama yang bisa kita rangkum ke dalam penyebab perang Israel dan Palestina. Hal-hal tersebut memang hanya segelintir saja dari bermacam-macam penyebab yang bisa anda telusuri sendiri jika memang anda ingin sekali mengerti lebih jauh mengenai peristiwa ini. Ada baiknya jika anda mempelajari sejarah yang bisa anda temukan pada jurnal-jurnal yang berada pada segala media untuk pengetahuan anda. Kami harap artikel ini bisa membantu anda untuk bisa lebih dekat lagi untuk mengetahui penyebab perang Israel dan Palestina. Sekian.

, ,
Post Date: Friday 03rd, November 2017 / 04:09 Oleh :
Kategori : SARA