6 Cara Masuk Polisi Tanpa Biaya yang Wajib Anda Perhatikan

Polisi merupakan bagian dari aparat penegak hukum yang pastinya sudah sangat familiar di maayarakat. Polisi juga menjadi profesi yang banyak diidam-idamkan dan paling banyak dicita-citakan. Jika anda termasuk kedlama satu satu orang yang bermimpi memiliki pekerjaan mapan yang satu ini, tentunya anda harus mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan sebagai syarat masuk polisi . Sebab tentunya sebagai salah satu pekerjaan yang cukup prestisius, animo masyarakat setiap ada pembukaan seleksi pendaftaran amatlah besar. Hal ini juga tentu akan menjadikan persaingan diantara para peserta menjadi sangat ketat.

Selain hal diatas, masih terdapat hal lain yakni adanya stigma yang menyatakan bahwa untuk bisa menjadi polisi membutuhkan biaya yang besar. Hal ini tentu tidak bisa diabaikan sebab budaya KKN sudah menjadi semacam tradisi jika ada perekrutan anggota kepolisian yang baru. Alhasil hal inilah yang kemudian membuat mereka yang merasa tidak memiliki uang kemudian menjadi tidak memiliki kesempatan untuk mengikuti proses seleksi. Padahal pada faktanya ada banyak anggota polisi yang bisa masuk tanpa menggunakan uang sepeserpun atau bisa dibilang murni.

Tentunya hal ini menkadi sebuah angin segar bagi anda yang memang memiliki kemampuan dan kapasutas namun terkendala biaya sebagaimana syarat masuk tni angkatan laut . Terlebih lagi saat ini seleksi atau perekrutan juga dilakukan lebih ketat, sehingga praktik-praktik KKN tidak lagi menjamur. Tentunya momentum ini dapat dijadikan sebuah pecutan bagi anda untuk bisa meraih dan mencapai cita-cita sebagai polisi. Lalu apakah hal itu saja cukup, tentu saja tidak. Berikut 6 Cara Masuk Polisi Tanpa Biaya yang wajib anda perhatikan.

1. Siapkan Metal

Pertama hal yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan mental. Anda harus mempersiapkan mental, sebab hal ini menjadi pondasi bagi anda sebagai dasar dalam mengikuti seleksi. Mental anda harus di tempa, anda harus mempersiapkan diri jika nanti usaha anda gagal. Sebab tanpa menempa diri dengan mental yang kuat anda bisa saja akan langsung menyerah saat gagal pertama kali juga dalm tes masuk tni angkatan udara . Pada kenyataannya banyak mereka yang berhasil masuk menjadi polisi gagal pada tes pertama bahkan kedua kalinya.

Tentunya dengan bekal mental yang kuat maka anda akan lebih bisa menerima hasil apapun yang nantinya akan terjadi. Beberapa kasus yang terjadi menunjukkam bahwa mereka yang gagal bahkan sempat mengalami stres dan depresi. Pada akhirnya hal ini tentu akan menurunkan motivasi sekaligus menghambat anda untuk bisa maju dan melakukan langkah selanjutnya. Mental yang kuat akan membuat anda bisa bersikap lapang dada atas kemungkinan terburuk yang akan terjadi tanpa harus berteriak dan menyalahkam orang lain atas kegagalan yang anda alami. [AdSense-B]

2. Jaga Kesehatan 

Salah satu poin besar dari penilaian tes masuk kepolisian sekaligus syarat tes masuk tni wanita , adalah tes kesehatan.  Sebab 30% dari nilai kelulusan diambil dari nilai kesehatan atau tes kesehatan. Karena itu jaga kesehatan Anda, Jangan melakukan kegiatan yang dapat mengganggu kesehatan Anda yang pada akhirnya akan meeugikan diri anda. Hal-hal sepele seperti Mandi tengah malam, bergadang, dan merokok bisa menjadi masalah bagi kesehatan anda. Apalagi sampai meminum alkohol dan mengkonsumsi narkoba yang akibatnya bisa fatal bahkan bisa menyebabkan anda tidak lolos tes kesehatan.

Pada rangkaian tes, kesehatan Anda akan diperiksa dari dalam hingga luar, mulai dari tensi darah, amandel, gigi. darah, varikokel, varises, bentuk tubuh, bekas luka, jerawat, dan sebagainya. Karenanya, sangat penting menjaga kesehatan dan peduli terhadap diri anda sendiri. Karena  bagaimanapun juga jangan sampai hal sepele ini membuat langkah anda terhenti. Pola makam dan gaya hidup sehat harus anda terapkan demi menjaga kesehatan tubuh anda.

3. Tempa Fisik Anda

Tidak kalah penting dari poin  sebelumnya,  salah satu penentu kelulusan juga diambil dari  tes kesamaptaan sebagaimana tes masuk brimob . Meskipun  hanya diambil nilai 20% dari total nilai kelulusan Anda namun jika Anda tidak dapat melakukannya sama saja Anda tidak akan mungkin lulus. Oleh karena itu, biasakan diri Anda melakukan aktifitas yang dapat meningkatkan kekuatan fisik Anda terutama seperti yang akan diujikan pada tes kesamaptaan nanti. Latihan fisik tersebut antara lain Lari 12 Menit, Push Up, Pull Up, Sit Up, dan juga Renang. Latihlah fisik Anda dengan tes seperti yang hal yang akan diujikan.  Lakukan secara rutin namun jangan terlalu dipaksa untuk dilakukan tiap hari karena bagaimanapun juga tubuh perlu waktu beristirahat untuk tetap dapat bekerja optimal.

4. Latih Otak Anda

Otak merupakan hal berhubungan dengan kecerdasan sebagaimana cara masuk brimob . Dalam hal ini kecerdasan bukan hanya terletak pada kecerdasan intelegensi namun juga Kecerdasan Emosi dan Spiritual (IESQ). Sebab dalam seleksi tes kepolisian tes Akademik menyumbang poin sebanyak 25% dari total nilai kelulusan sementara Tes Psikologi juga menyumbang poin 25% dari total nilai kelulusan. Poin yang sangat besar pengaruhnya. Namun tidak menutup kemungkinan jika presentasi nilai juga akan diubah sesuai kebutuhan institusi Kepolisian. [AdSense-C]

Tentunya ada banyak usaha yang bisa anda lakukan untuk memantapkan kemampuan otak. Salah satu caranya tidak lain adalah dejgan mempelajari hal-hal yang sifatnya berbau ilmu pengetahun. Sebab sebagian besar materi Tes Akademik penerimaan anggota Polri berasal dari materi pelajaran sekolah yang pernah Anda lalui. Selain itu, Anda juga akan dihadapkan dengan berbagai tes Psikologi antara lain Tes Kepribadian, Tes Misi, Tes Kecerdasan, dan lain-lain. Anda bisa searching di google mengenai materi tes tentunya materi ini tidak gampang.

5. Miliki Jiwa Optimis

Hal yang perlu anda miliki adalah sikap optimistis. Sangat penting untuk memiliki sikap optimis dan sugesti positif kepada diri sendiri. Yakinlah bahwa jika orang lain mampu mengapa anda tidak. Sikap ini juga akan membantu diri anda untuk memotivasi diri sehingga anda akan melakukan yang terbaik dan mengerahkan segala usaha. Hal ini tentu akan memompa semangat anda lebih kuat dan lebih besar untuk pada akhirnya bisa mencapai cita-cita dengan mengandalkam kemampuan dan bukan keuangan sebagaimana pangkat polisi terendah sampai tertinggi .

6. Jangan Lupa Berdoa

Bisa jadi do’a adalah kekuatan yang paling mujarab yang bisa memberikan keajaiban atas segala usaha yang anda lakukan. Tidak ada usaha yang sempurna tanpa diimbangi dengan do’a. Sebab ketika anda telah mengerahkam seluruh usaha, kemampuan dan kekuatan anda maka hasil akhirnya harus diserahkan kepada sang pencipta. Sebab ketentuaNya lah yang pastinya akan menjadi keputusan yang terbaik. Sebaik apapun anda berusaha namun, tanpa dibarengi dengan do’a maka hasilnya akan seperti sayur tanpa garam.

6 Cara Masuk Polisi Tanpa Biaya yang wajib anda perhatikan. Tentunya dapat menjadi panduan anda untuk bisa mencapai cita-cita anda untuk bisa masuk di kepolisian sebagaimana syarat masuk polwan  tanpa anda embel-embel apapun kecuali usaha dan kerja keras anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.