4 Syarat Fisik Masuk Polisi yang Wajib Diperhatikan

Polisi merupakan salah satu profesi yang sangat diincar dan diminati. Polisi juga menjadi daftar cita-cita paling diidamkan. Sebagai salah satu pekerjaan yang cukup prestisius menjadi polisi atau aparat penegak hukum tentunya bukan jalan yang mudah. Ada begitu banyak kriteria yang harus dipenuhi. Namun, ketika kita bisa meraihnya maka tentu akan sepadan dengan nominal gaji, fasilitas serta status sosial di masyarakat.

Tentunya status sosial dengan profesi sebagai polisi menjadi salah satu hal yang cukup membanggakan. Terlebih lagi statusnya sama dengan PNS sehingga tentunya jika bicara mengenai pendapatan dan masa depan pastinya bisa dibilang wah dan menjanjikan. Hal inilah yang kemudian membuat banyak pemuda dan pemudi berbondong-bondong mendaftar ketika ada bukaan menjadi anggota Polri. Antusiasme yang begitu tinggi tentunya dibarenge dengan standar kualifikasi yang tinggi juga sebagaimana syarat masuk TNI angkatan laut .

Bagi mereka yang hendak mengikuti tes seleksinya bahkan sudah mempersiapkan jauh-jauh hari seperti tes masuk tni angkatan udara . Sebab antusiasme yang tinggi tidak diimbangi dengan kuota penerimaan yang besar. Bahkan setiap kali seleksi jumlah yang diterima tidak lebih dari sepertiga jumlah pendaftar. Inilah yang kemudian menyebabkan seleksi berlangsung dengan ketat terutama dalam hal fisik sebagamana syarat masuk tni wanita . Untuk mengurainya lebih dalam berikut 4 Syarat Fisik Masuk Polisi yang wajib diperhatikan.

1. Tinggi Badan

Syarat fisik yang harus dimiliki bagi anda yang ingin menjadi seorang polisi adalah yang paling utama adalah tinggi badan sebagainana dalam tes fisik masuk brimob . Tinggi badan minimal yang harus dicapai adalah 165 cm untuk laki-laki dan 163 cm untuk wanita. Ukuran tinggi badan ini merupakan ukuran minimal untuk bisa lolos seleksi fisik. Tentu saja bagi anda yang tidak memiliki tinggi badan sebagaimana standar yabg ditetapkan diatas, maka anda tidak memiliki kesempatan untuk bisa ikut berpartisipasi dalam selesi tes masuk kepolisian.

Sepatutnya anda tidak perlu kecewa, anda masih bisa melakukam beberapa usaha. Tentunya keinginan menjadi polisis sudah lama muncul sehingga anda punya waktu untuk mempersiapkannya dengan baik. Salah satunya adalah dengan banyak melakukan latihan fisik yang bisa menambah tinggi badan. Atau bisa juga mengkonsumsi suplemen peninggi badan yang aman dan memiliki izin resmi dari badan POM. Pastinya juga didukung dengan konsumsi nutrisi yang menyehatkan. [AdSense-B]

2. Berat Badan 

Syarat fisik yang kedua adalah berat badan, bukan hanya tinggi badan yang penting. Berat badan yang ideal juga akan memuluskan kamu bisa lolos seleksi fisik dalam cara masuk brimob . Untuk mengetahui berat badan ideal anda bisa menghitungnya menggunakan kalkulator indeks massa tubuh. Perhitungan ini akan menunjukkan berat badan ideal yang harus anda miliki. Perlu anda tahu bahwa berat badan normal dan ideal berbeda, bisa jadi anda memiliki berat badan normal namun bukan berat badan ideal anda.

Untuk mengetahui berat badan yang Anda punya normal atau tidak, Anda bisa menghitungnya dengan rumus:

Berat badan normal (kg) = tinggi badan (cm) – 100

Jadi, jika Anda mempunyai tinggi badan 160 cm, Anda cukup mempunyai berat 60 kg untuk dikatakan normal.

Tentunya wanita dan pria memiliki struktur tubuh yang berbeda. Oleh karena itu perhitungan berat badan idealnya pun berbeda. Dengan  menggunakan rumus Broca yang ditemukan oleh Pierre Paul Broca. Sangat mudah untuk menggunakan rumus ini.

Pria : Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]

Wanita : Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

jika Anda wanita memiliki tinggi badan sebesar 160 cm, maka berat badan Anda yang ideal adalah sebesar 60-9= 51 kg.

Berdasarkan contoh diatas maka anda dapat membedakan bukan bahwa berat badan normal belum tentu merupakan berat badan ideal anda. Untuk mendapatkan berat badan ideal tentu bisa anda mulai dengan pola  makan sehat dan diet yang sehat serta olah raga teratur. Jangan coba mengkonsumsi obat-obatan yang nantinya malah akan berbahaya bagi kesehatan tubuh anda.

3. Sehat Lahir dan Batin

Syarat fisik berikutnya yang harus di penuhi adalah dinyatakan sehat baik secara fisik ataupun mental seperti dalam pangkat polisi terendah sampai tertinggi . Hal ini ditunjukkan dengan pemeriksaan fisik dan mental secara menyeluruh. Agar bisa lolos, dipastikam anda harus sempurna baik secara fisik ataupun mental. Gigi harus dalam keadaan utuh, tidak ada bolong sama sekali, tidak pernah mengalami patah tulang, tidak memiliki penyakit turunan yang berbahaya seperti asma atau penyakit kronis lainnya. Sebagai catatan bagi anda yang memiliki varises juga tidak bisa lho mengikuti seleksi masuk polisi ini. [AdSense-C]

Tentunya hal ini harus dipertimbangkan jauh-jauh hari. Sebab, beberapa hal diatas masih dapat dibantu oleh tenaga medis. Misalnya gigi yang bolong harus di tambal supaya sempurna dan tidak ada masalah sebagaimana juga syarat masuk polwan . Untuk varises anda bisa melalukan treathment suntik untuk menghilangkan varises tersebut. Tentu saja harganya relatif todak murah dan bisa sedikit menguras kantong. Sedangkan untuk penyakit keturunan dan kronis sepertinya memang akan menutup jalan anda untuk bisa menjadi polisi.

4. Memiliki Fisik yang Sempurna Dari Ujung Rambut hingga kaki

Syarat terakhir untuk menjadi polisi dan agar mulus lokos selekai tes adalah bagian tubuh harus sempurna dalam arti kata tidak memiliki kecacatan sama sekali. Hal ini sangat penting sebab sebagai aparat penegak hukum entunya fisik yang sempurna merupakan modal utama yang akan digunakan untuk bekerja. Hal ini sekaligus menutup peluang bagi anda yang memiliki masalah dengan kondisi fisik. Tentunya harus berbesar hati dan memilih pilihan profesi lainnya.

Syarat fisik masuk polisi diatas tentunya berlaku mutlak dan semuanya harus terpenuhi agar memuluskan jalan masuk menjadi polisi. Mengapa syarat fisik ini samgat penting, sebab polisi sebagai aparat penegak hukum maka secara fisik harus berbeda dari orang kebanyakan mereka harus lebih kuat dan memiliki staminan yang bagus. Nah itulah mengapa seorang aparat polisi harus memiliki badan yang proporsional sebab tugas yang mereka emban juga cukup berat dan mengandalkan kekuatan fisik.

Hal ini sudah menjadi sebuah standar umum bagi semua aparat penegak hukum dan keaatuan polisi baik satpol pp, polisi kehutanan dan anggota TNI. Pastinya hal ini tidak memberikan kesempatan yang sama bagi semua orang. Mereka yang memiliki keterbatasan tentu harus menyingkir dan merelakan cita-cita menjadi seorang polisi. Penting untuk diingat bahwa syarat fisik bukan satu-satunya hal yang bisa membuat anda diterima. Masih banyak hal lain yang harus dipenuhi salah satunya juga melalui tes intelegensi dan psikotest.

Itulah, 4 Syarat Fisik Masuk Polisi yang wajib diperhatikan. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi dan menjadi panduan bagi anda yang ingin lolos seleksi fisik saat mendaftarka diri sebagai anggota kepolisian. Dan semoga artikel ini dapat beemanfaat.