Sponsors Link

Syarat Fisik Masuk Polwan yang Perlu Dipahami

Sponsors Link

Sebagai masyarakat yang tinggal di Indonesia, tentunya terkadang kita pernah berpikir bahwa bentuk jasa apa yang bisa kita berkan untuk memajukan negara. Banyak orang berusaha untuk menjadi yang terbaik di bidangnya, entah itu berjuang dalam bidang politik, ekonomi, ataupun budaya. Ada juga masyarakat yang ingin terjun langsung untuk bisa membantu negara dengan masuk ke dalam lembaga pembela tanah air, seperti tentara nasional Indonesia maupun lembaga penegak hukum seperti kepolisian.

ads

Kita pernah membahas mengenai cara pendaftarannya yang dimuat dalam artikel kami sebelumnya pada persyaratan masuk TNI AL, syarat masuk TNI Angkatan Darat Kopassus, dan juga cara masuk Brimob. Pendaftaran tersebut tidak hanya diperuntukkan untuk para pria saja, namun wanita juga bisa melakukan pendaftaran yang serupa. Hanya saja, mungkin kualifikasi yang dibutuhkan bisa saja berbeda. Ada perangkat pemerintahan yang diperuntukkan khusus untuk para wanita seperti TNI Wanita dan juga Polwan. Dengna begitu, maka kesempatan para wanita untuk berperan serta secara aktif dapat diwujudkan.

Pada pendaftaran tersebut, maka kita bisa melihat bahwa dalam setiap pendaftarannya pasti ada yang manya syarat fisik. Syarat fisik ini diperlukan untuk bisa memperlihatkan sosok anggota yang lebih berwibawa dan sesuai dengan organisasi tersebut. Banyak sekali masyarakat yang tidak cocok atau merasa tidak percaya diri akibat dari persyaratan fisik ini, padahal, syarat fisik ini cukup penting untuk bisa mendukung pekerjaan mereka.

Untuk contohnya sendiri anda bisa melihat pada syarat fisik masuk polisi, dan apabila anda seorang wanita dan tertarik untuk ikut serta melindungi kedaulatan bangsa dan negara, maka anda bisa masuk ke dalam TNI Wanita yang persyaratannya bisa anda lihat pada syarat masuk TNI Wanita. Dan bagi anda yang ingin masuk ke dalam keanggotaan Polwan, anda bisa melihat beberapa persyaratannya dalam syarat pendaftaran Polwan. Lalu untuk membahas mengenai syarat fisik masuk Polwan, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu Polwan.

Polwan

Polwan merupakan lembaga pemerintahan yang menindak kejahatan yang mana melibatkan korban atau pelaku perempuan. Tugas dan kewajiban Polwan dan Polisi pria juga sama dan tidak berbeda, hanya saja Polwan lebih berfokus kepada keterlibatan perempuan dalam suatu tindak kejahatan. Polwan juga bisa melakukan tindakan untuk mengurus beberapa kejadian berdasarkan pasal perjudian togel dan pasal perjudian online.

Profesi Polwan ini diniali sebagai profesi yang berani dan berwibawa, karena  di lapangan, mereka bekerja dengan dedikasi yang luar biasa dengan ketegasan yang tak kalah dengan pria. Oleh karena itu, banyak orang memuji profesi ini dan bahkan mengidolakan mereka. Meskipun banyak juga pelaku yang melakukan pelanggaran yang hanya memandang mereka sebelah mata, namun mereka masih tetap tegar dan setia untuk mengabdi untuk menegakkan hukum dan keadilan.

Sponsors Link

Sejarah Polwan

Awal dari sejarah Polwan bermula dari daerah Bukittinggi, Sumatra  dimana Indonesia kala itu diserang oleh Agresi Militer Belanda II. Pada saat itu, pemerintahan yang masih berwujud Pemerintahan Darurat Republik Indonesia diserang kembali oleh Belanda, sehingga warganya terpaksa harus mengungi untuk menyelamatkan diri. Masyarakat yang mayoritas diisi oleh wanita, orang tua, dan juga anak-anak harus melarikan diri. Para wanita merasa tidak nyaman bila diperiksa oleh anggota kepolisian pria untuk mencegah aksi penyusupan.

Oleh karena itu, Sekolah Polisi Negara di daerah Bukittinggi membukan pendidikan kepolisian untuk wanita. Setelah melalui seleksi, ada enam orang yang akhirnya terpilih sebagai anggota lembaga negara yang saat ini dikenal dengan nama Polwan. Keenam orang tadi juga merupakan wanita ABRI pertama di tanah air.

Kini, Polwan pun dapat dipercaya untuk menindak beberapa hukuman penting seperti hukuman bagi penuduh zinahukuman seumur hidup menurut Pasal 10 KUHP, dan juga mengenai penyebab hukuman mati di Indonesia.

Polwan Pertama di Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan pada informasi yang terdapat pada paragraf di atas mengenai sejarah dari Polwan, Polwan pertama di Indonesia ada enam orang yang berhasil melalui sistem seleksi yang dilakukan oleh Sekolah Polisi Negara di Bukittinggi, Sumatra Barat. Enam orang tadi adalah

  1. Mariana Saanin Mufti
  2. Dahniar Sukotjo
  3. Nelly Pauna Situmorang
  4. Rosmalina Pramono
  5. Rosnalia Taher
  6. Djasmainar Husein

Kini semua dari mereka sudah pensiun, dan kebanyakan sudah memegang pangkat sebagai Kolonel Polisi atau Kombes. Pada awalnya Polwan bertugas untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan anak-anak, wanita, narkotika, dan masalah adminstrasi. Namun, dewasa ini tugas mereka sudah hampir sama dengan polisi yang lainnya, termasuk di dalamnya mengatasi masalah contoh kasus integrasi sosial, contoh kasus perlindungan konsumen, dan contoh kasus KDRT terhadap istri. Sampai dengan 1998 , ada empat orang Polwa yang mencapai pangkat Perwira Tinggi.

Syarat Fisik Masuk Polwan

Untuk bisa mengatasi segala bentuk kriminalitas,  maka calon anggota kepolisian harus memenuhi kriteria-kriteria yang diperlukan terlebih dahulu. Dan karena kita membahas mengenai syarat fisik, jadi syarat ini merupakan syarat yang dapat dengan mudah ditelusuri, karena dapat dengan lngusng diukur. Untuk polwan sendiri, syarat minimal tinggi badan adalah 160 cm, dan untuk wanita khusus etnis Melanesia (wilayah Papua) 158 cm. Selain itu, mereka juga tidak boleh bertato, dan juga sehat jasmani rohani. Persyaratan fisik ini penting untuk bisa membantu mereka dalam menjalankan tugas, seperti medukung dalam aksi penangkapan, atau untuk sekedar beraktifitas pada saat tugas sehari-hari dan juga mengatasi segala bentuk cara mengatasi kriminalitas.

Sponsors Link

Gigi

Salah satu jenis dari tes kesehatan adalah tes gigi. Tes di sini tidak hanya mengenai kebersihan gigi, namun juga struktur gigi. Contoh dari indikasi yang dinilai dalam tes gigi adalah

  1. Gigi yang terhitung lengkap (terhitung 28 buah), apabila hilang lebih dari empat akan diturunkan nilainya
  2. Gigi depan harus utuh
  3. Gigi depan yang hilang bisa digantikan dengan gigi palsu dari bahan porselen
  4. Kehilangan gigi depan maksimal hanya dua buah
  5. Tiga gigi yang hilang berurutan akan mendapat nilai yang terendah
  6. Bagi penderita bibir sumbing, bisa melakukan operasi estetik terlebih dahulu
  7. Apabila terdapat sariawan dengan jumlah yang cukup banyak, maka kebersihan mulut akan dinilai buruk
  8. Adanya benjolan gusi saat hamil (epulis gravidarum) akan membuat calon tidak memenuhi syarat (karena termasuk dalam ibu hamil)
  9. Bau mulut juga dapat mengurangi nilai

Syarat gigi ini sebenarnya merupakan syarat yang penting, jadi harus diperhatikan dengan baik kesehatan dan juga kebersihan gigi.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai keanggotaan Polwan, dan juga tentunya syarat fisik masuk Polwan yang menjadi topik dari artikel ini. Seperti yang anda lihat tadi, permasalahan umum yang seringkali dihadapi oleh calon pendaftar adalah mengenai tinggi badan.

Tinggi badan akan berhenti untuk tumbuh pada umur tertentu, oleh sebab itu banyak sekali wanita yang ingin menjadi seorang Polwan yang mengeluhkan masalah ini. Jadi, bagi adik-adik yang bercita-cita untuk bisa menjadi Polwan, maka bisa dilakukan beberapa latihan yang bisa meningkatkan tinggi badan. Selain hal itu, konsumsi makanan yang baik juga diperlukan untuk bisa mencapai tinggi badan yang diinginkan.

 

, ,
Post Date: Sunday 03rd, June 2018 / 15:22 Oleh :
Kategori : HAM