18 Urutan Pangkat Militer di Inggris – Terendah Sampai Tertinggi

Sistem kepangkatan membentuk suatu pondasi yang kuat dalam struktur milter dan memberikan suatu kejelasan untuk tugas seroang perwira dan prajurit militer pada tiap jabatan yang ditahapinya. Pangkat militer berlaku untuk semua struktur militer yang dimiliki negara mana pun, termasuk Inggris Raya. Kali ini akan dijelaskan bagaimana struktur kepangkatan pada salah satu badan militer terbaik di dunia ini, dan bagaimana otoritasnya.

Kepangkatan militer digunakan Inggris pada tahun 1810, dan dikenakan pada seragam baru pada tahun 1880. Mereka yang berada pada jajaran Captain, Liutenan, dan Second Liutenant sering disebut sebagai Subalanterns atau setara Perwira Utama pada TNI. Sedangkan Brigadier, Colonel, Liutenan Colonel dan Major dianggap sebagai Field Officer atau setara Perwira menengah pada TNI. Berikut ini Urutan Pangkat Militer di Inggris:

Baca juga:

18. Private

Ini merupakan pangkat terendah dalam struktur militer manapun, termasuk militer inggris Raya. Pada jajaran TNI, pangkat ini sejajar dengan Prajurit pada jajaran Tamtama. Pangkat ini didapat setelah lulus sekolah kemiliteran.

17. Lance Corporal

Ini adalah pangkat lanjutan dari Private dan berada dibawah Corporal. Pada jajaran TNI, pangkat ini setingkat dengan Kopral Dua dalam kelas Tamtama.

16. Corporal

Corporal atau Kopral merupakan pangkat militer yang digunakan  dalam berbagai bentuk oleh banyak angkatan militer di dunia. Walau memiliki istilah yang sama, namun ada perbedaan dalam menjalankan tugas kopral di masing-masing militer di suatu negara. Di Inggris, kopral adalah pangkat yang setingkat lebih tinggi dari Private atau prajurit. Tingkatan ini banyak diadopsi oleh negara-negara lain, terutama dari negara-negara persemakmuran Inggris.

15. Sergeant

Pangkat ini setara Sersan pada jajaran militer RI. Seorang sersan pada Angkatan Darat Inggris mengenakan tiga anak panah yang mengarah ke bawah di lengan seragam mereka. Seorang sersan dalam resimen infatri buasanya memegang peranan sebagai “Sersan Peleton”, dan komandan kedua dalam peleton.

14. Colour Sergeant

Ini merupakan pangkat lanjutan dari Sergeant dalam jajaran kepangkatan militer di Inggris. Pangkat ini setara dengan Sersan Mayor dalam TNI. Peringkat dimasukan pertama kali dalam Angkatan Darat Inggris pada 1813 selama perang Napoleon. Pangkat ini diberikan sebagai penghargaan pada Sersan lama. Senior dari pangkat ini diangkat sebagai Sergeant Major.

13. Warrant Officer

Fungsi warrant officer adalah sebagai penghubung antar perwira dan prajurit. Jika bidangdingkan dengan kepangkatan militer di Indonesia, pangkat ini setara dengan Pembantu Letnan. Pembantu Letnan itu dibagi menjadi yaitu Pembantu Letnan I dan Pembantu Letnan II, pun begitu dengan Warrant Officer. Pangkat ini dibagi menjadi Warrant Officer I dan Warrant Officer II. Senior dari jenjang ini akan dipromosikan ke jajaran perwira.

[AdSense-B]

12. Officer Cadet

Jenjang ini dijajak ketika akan masuk ke jajaran Perwira.

11. Second Liutenant

Pangkat Second Liutenant diperkenalkan di militer Angkatan Darat Inggris pada tahun 1877 untuk menggantikan pangkat sub-letnan. Lambangnya yang berupa bintang Bath Tunggal mulai diperkenalkan pada 1902. Jabatan ini mendampingi Liutenat untuk memimpin sebuah peleton. Kenaikan pangkatanya berasal dari Officer Cadet yang telah menghabisi masa pelatihan selama 44 minggu.

10. Liutenant

Letnan adalah perwira junior dalam jajaran militer Inggris. Posisi jabatannya berada pada di atas lentan dua dan di bawah Captain atau Kapten. Tidak seperti  beberapa angkatan bersenjata negara lain yang menggunakan istilah Letnan Pertama, Inggris hanya menggunakan letnan saja. Tanpa Ordinal Terlampir. Letnan di dampingi Letnan Dua untuk memipin sebuah peleton. Jabatan ini dapat diraih setelah 12 hingga 24 bulan setelah pelatihan.

9. Captain

Captain atau Kapten adalah pangkat perwira junior pada Angkatan Darat Inggris dan Marinir Kerajaan. Dan kedua jabatan itu berada di atas letnan dan di bawah Mayor. Di Angkatan darat Inggris abad 21, kapten sering ditunjuk untuk memberi komado kedua untuk sebuah kompi dan berisi 120 tentara.

8. Major

Major adalah pangkat militer yang digunakan oleh angkatan darat Inggris. Posisinya berada diatas Kapten, dan berada di bawah letnan kolonel. Lambang untuk mayor di Angkatan Darat Inggris adalah mahkota. Pada saat Perang Napoleon, sebuah infantri biasanya mempunya dua Major, merujuk pada Senior Major dan Junior Major. Senior Major memerintah sebagai komando kedua, sedangkan junior major memerintah kompi yang telah dibagi dua oleh senior.

[AdSense-A]

7. Liutenant-Colonel

Letnan Kolonel merupakan peringkat di atas Major pada jajaran pangkat militer di Inggris. Lambangnya berupa mahkota yang berada diatang bintang Bath. Sebagian besar negara Persemakmuran menggunakan lambang yang sama. Letnan Kolonel memimpin sebuah batalion yang berisi 300 hingga 1300 serdadu.

6. Colonel

Kolonel merupakan pangkat  di Angkatan Darat Inggris yang berada dibawah brigadir. Kolonel di Inggris biasanya bukan komandan lapangan. Biasanya mereka melayani sebagi petugas staf perantara perintah lapangan di batalion dan brigadir. Pangkat Colonel diadopsi dari Angkatan darat Spayol selama abad 16-17. Jendral Gonzalo Fernández de Córdoba membagi pasukannya menjadi coronelías yang berarti kolom tentara dalam bahasa latin. Unit-unit ini dipimpin oleh Coronel.  Di Inggris, diadopsi menjadi Colonel

5. Brigadier

Brigadir adalah pangkat senior dalam jajaran militer di Inggris yang Memiliki kuasa setingkat diatas kolonel, dan berada dibawah Major-General, atau Mayor Jendral dalam jajaran TNI. Brihadir di banyak negara berada dalam status perwira umum, sementara di Angakatan darat Inggris berada pada field officer. Tugasnya memimpin sebuah resimen yang biasanya berisi 3000-5000 prajurit.

4. Major-General

Di Inggris, Major-General adalah pangkat bagi yang memerintahkan suatu divisi militer 10.000-15.000 serdadu. Posisinya berada diatas brigadir dan setingkat dibawah Letnan Jendral.  Sbelumnya di Inggris  sampai sekitar 1980an, pemimpin masing-masing cabang pelayanan adalah Major-General.

3. Liutenant-General

Letnan Jendral pada jajaran militer Inggris adalah pangkat senior diatar Mayor Jendral. Jabatan ini setara dengan Jenral bintang tidga dibanyak negara. Beberapa Letnan Jenral inggris terkadang memakai lambang bintang tiga ketika melkukan operasi militer bersama negara lain. Aslinya lamabng untuk pangkat ini di Ingris adalah bintang dan tongkat yang disilangkan yang berada dibawah mahkota. Letnan Jendral memimpin sebuah Korps yang berisi 20.000 hingga 45.000 serdadu.

2. General

General atau Jendral adalah pangkat tertinggi yang dapat dicapai oleh petugas perwira Angkatan Darat Inggris. Pangkat ini setara dengan bintang empat dalam standar jajaran militer internasional. Seorang jendral memiliki hak untuk memerintah pasukan yang merupakan korps gabungan yang berisi 80.000 hingga 200.000 serdadu.

1. Field Marshall

Urutan Pangkat Militer di Inggris tertinggi adalah Field Marshall. Field Marshall terlah menjadi pangkat tertinggi di Angkatan darat Inggris sejak 1736. Peringkat bintang lima ini setara dengan Jendral Besar yang merupakan pangkat kehormatan di TNI.

Baca juga: