Sponsors Link

Apa Tujuan ISIS Ke Indonesia dan Alasan Dibaliknya

Sponsors Link

ISIS ( Islamis State of Iraq and Sham) merupakan salah satu organisasi terorisme terbesar di dunia. Gerakan ISIS bermula dari dibentuknya “Jamaah Tauhid dan Jihad” di Irak pada tahun 2004 oleh Abu Mush’ab Zarqawi. Kemudian pada waktu yang bersamaan Zarqawi menyatakan pembai’atannya terhadap pimpinan tertinggi al-Qaeda Usamah bin Ladin, dengan demikian ia langsung menjadi perwakilan resmi al-Qaeda di Irak. Ketika Amerika menjajah Irak pasukan Zarqawi sangat agresif dalam menentang penjajahan tersebut. Hal ini menyebabkan banyak pejuang Irak yang bergabung dengan pasukan Zarqawi.

ads

Kemudian pada akhir tahun 2006 sebagian besar pasukan “Majlis Syura Mujahidin” berhasil mengambil sebuah keputusan bersama untuk mendirikan Negara Islam Irak di bawah pimpinan Abu Umar al-Baghdadi. Tidak lama setelah pertempuran sengit melawat militer AS, Al-Qaeda mengumumkan bahwa Abu Umar al-Baghdadi tewas. Sehingga setelah diadakan rapat rapat Majlis Syura Negara Islam Irak terpilihlah Abu Bakar al-Baghdadi sebagai pengganti Abu Umar al-Baghdadi menjadi Pimpinan Negara Islam Irak.

ISIS bahkan disinyalir telah masuk dan membentuk jaringannya di Indonesia. Apalagi dengan maraknya aksi teror dan pemboman yang akhir-akhir ini sering terjadi sebagai akibat agresi militer bagi integrasi nasional  . Dan ternyata didalangi oleh jaringan yang berkaitan dengan ISIS. Fakta ini menunjukkan bahwa bisa jadi Indonesia merupakan negara yang memiliki simpatisan terbanyak terhadap ISIS. Lalu sebenarnya apakah tujuan ISIS datang keindonesia. Berikut akan dipaparkan fakta mengenai Apa Tujuan ISIS Ke Indonesia dan alasan dibaliknya.

1. Indonesia Adalah Negara Mayoritas Penduduk Muslim

Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia. Agama islam telah menjadi salah satu agama mayoritas yang dipeluk oleh hampir 3/4 dari keseluruhan jumlah penduduk Indonesia. Hal inilah yang kemudian membuat Indonesia menjadi tujuan utama penyebaran Ideologi ISIS sebagai penyebab perang israel palestina . Dengan memenfaatkan betapa besarnya penganut agama islam di Indonesia ISIS masuk melalui celah-celah yang bisa dikatakan cukup terorganisir. Mereka merangsak dan memberikan pengaruh pandangan yang jauh dari nilai keislaman.

ISIS menjadi salah satu organisasi teroris yang cukup kejam. Sebab mereka tak segan-segan melakukan tindakan yang bahkan di luar batas nilai kemanusiaan sebagaimana penyebab israel dan palestina berperang . Inilah yang kemudian membuat ISIS menjadi organisasi yang lebih bersifat radikalisme. Satu pandangan yang ditanamnkan adalah bahwa dunia ini harus di buat dengan tatanan dan ajaran islam, dan untuk menciptakannya mereka tidak segan menggunakan berbagai jalan salah satunya adalah tindakan kekerasan.

Sponsors Link

ISIS merupakam salah satu organisasi yang menjadi musuh besar beberapa negara. Kerap kali tindakan yang mereka lakukam terutama di Suriah di anggal sebagai sebuah pelanggaran HAM sebab insiden yang melibatkan perang antara pemerintah dan para pemberontak termasuk ISIS telah membuat jatuhnya korban terutama di pihak sipil. Di Indonesia sendiri ISIS menjadi salah satu organisasi teroris paling diperangi sebagai penyebab konflik antar ras . Dengan beberapa teror belakangan yang marak terjadi telah menunjukkan bahwa organisasi ISIS telah amat meresahkan masyarakat.

2. Banyak Masyarakat Indonesia yang Bersimpati Terhadap Gerakan Kekhalifahan

Bagi beberapa kelompok umat muslim yang memiliki pandangan fanatik, mereka memiliki cita-cita untuk bisa mendirikan negara kekhalifahan. Sebagaimana negara impian pada masa kepemimpinan Nabi dan para sahabatnya. Negara kekhalifahan merupakan negara yang berlandaskan pada hukum islam. Tentunya hal ini bertentangan dengan kondisi indonesia, dimana kita hidup dalam ikatan toleransi yang begitu kuat dalam ciri-ciri demokrasi terpimpin . Sebab Indonesia merupakan negara multikultural sekaligus multi agama.

Inilah yang kemudian dipandang ISIS sebagai sebuah peluang yang kemudian menjadikan Indonesia sebagai tujuan utama. Tentunya, sangat mudah memberikan pengaruh ideologi ISIS kepada mereka yang memang memiliki keinginan atau sekadar bersimpati pada gerakan kekhalifahan. Tentunya hal ini sangat mempermudah langkah ISIS untuk mendapatkan simpatisan dan merekrut mereka menjadi anggota ISIS. Faktanya tidak sedikit masyarakat dari berbagai lapisan yang kemudian dengan sukarela ikut membantu perjuangan para tentara ISIS di Suriah.

3. Banyak Warga Indonesia Sejalan Dengan Ideologi ISIS

ISIS merupakan organisasi teroris yang memiliki ideologi dan bercita-cita mendirikan negara berbasis islam sebagai dampak konflik  agama . Dimana telah disinggung dalam poin sebelumnya bahwa negara yang dicita-cita kan kelompok ini sebagaimana bentuk negara kekhalifahan pada zaman Rasulullah. Oleh sebab itu, mereka berusaha untuk menyingkirkan pihak-pihak yang menghalangi jalan mereka dalam mencapai tujuannya. Bagi ISIS musuh terbesar mereka adalah negara-negara dengan mayoritas penduduk non-muslim seperti salah satunya adalah Amerika Serikat.

Selain itu, tujuan ISIS ke Indonesia salah satunya dilatarbelakangi oleh banyaknya warga negara Indonesia yang memiliki ideologi sepaham dengan ISIS. jika anda masih ingat Teror Bom Bali 1, 2 serta beberapa teror bom bunuh diri lainnya menunjukkan bahwa ada bibit-bibit yang serupa dengan ideologi yang coba disebarkan oleh ISIS. Setelah para ideolog atar aksi teror tertangkap dan dihukum, beberapa anggota jaringan mereka yang lolos tentu akan kembali mencoba mengaktifkan organisasi atau berpindah menjadi simpatisan lain salah satunya yakni menjadi anggota ISIS.

Tentunya hal ini benar-benar dimanfaatkan dengan benar oleh ISIS.  Sebab sangat mudah bagi mereka untuk kemudian menanamkan ideologi kepada orang yang memiliki pandangan yang sama. Artinya tidak perlu lagi doktrin-doktrin untuk membuat mereka menjadi loyal kepada organisasi. Maka tidak heran jika kemudian banyak warga yang bergabung dan menjadi simpatosan ISIS. Mereka dengan sukarela meninggalkan segala aktivitas dan profesi untuk kemudian ikut bergabung dan berjuang ke Suriah.

Sponsors Link

4. Memperolah Simpatisan dan Anggota yang Akhirnya Bergabung dengan ISIS

Semakin besar dan banyaknya jumlah simpatisan terhadap sebuah organisasi terorisme sebagai contoh kejahatan kemanusiaan  tentu akan membuat organisasi tersebut semakin kuat. Sebab mereka memiliki sumber daya manusia yang tidak terbatas. Dengan demikian maka konflik dan teror yang terjadi akan semakin besar. Dan yang oaling ditakutkan adalah mereka tidak memiliki rasa takut lagi dalam menyebarkan teror. Dengan dukungan anggota yang besar maka mereka akan lebih bersikap terang-terangan sebab telah memiliki kekuatan dan sumber daya yang tak terbatas.

Indonesia menjadi salah satu lokasi tujuan ISIS untuk mendapatkan simpatisan yang besar. Tentunya inilah yang merupakan tujuan utama ISIS datang ke Indonesia dalam menciptakan pengertian konflik antar ras . Selain semakin memperluas jaringannya mereka juga dapat mendapatkan simpatisan yang memiliki pandangan dan ideologi sama. Sehingga tanpa perlu doktrin-doktrin lagi maka dengan sukarela para simpatisan akan bergabung. Tentunya hal ini akan menambah kekuatan mereka terutama di bagian Asia tenggara dan khususnya Indonesia.

Nah, itulah tadi latar belakang yang dapat menjawab Apa Tujuan ISIS Ke Indonesia dan alasan dibaliknya. Tentunya terorisme bukan hanya menjadi PR dan tugas pemerintah atau aparat semata. Memberantas terorisme hingga ke akar-akarnya juga merupakan bagian dari tugas kita. Jangan mudah terpancing dan terprovokasi isu yang belum dapat dibuktikan, serta ikut berperan aktif dan segera laporkan jika anda yang mencurigakan di sekitar lingkungan anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , , ,
Post Date: Monday 21st, May 2018 / 02:07 Oleh :
Kategori : Internasional