Sponsors Link

13 Tokoh Konflik Yugoslavia

Sponsors Link

Perang Yugoslavia tidak hanya disulut oleh satu individu saja, namun banyaknya tokoh konflik Yugoslavia yang berperan membuat perang yang sangat keji ini akhirnya terjadi dan membunuh banyak warga sipil yang tidak bersalah. International Criminal Tribunal for the former Yugoslavia menyatakan kira-kira ada total 161 tersangka yang terlibat di dalam perang Yugoslavia tersebut.

ads

1.  Slobodan Milosevic

Slobodan Milosevic adalah presiden Serbia yang menjabat pada saat itu. Milosevic melihat naiknya nasionalisme warga Serbia sebagai kesempatan dan kendaraan untuk mendapatkan ambisi politiknya. Dengan dukungan dari nasionalis Serbia dari Kosovo dan bantuan aliansi dari televisi negara Serbia, Sloboden Milosevic menyebarkan ketakutan diantara warga Serbia minoritas yang berada di wilayah Kroasia dan Bosnia

Televisi Serbia menunjukkan rekaman pembunuhan besar-besaran yang dilakukan oleh kaum fasisme Kroasia melawan warga Serbia pada saat Perang Dunia II. Ketakutan akhirnya menyebar di komunitas warga Serbia yang berada di wilayah Kroasia dan Bosnia, mereka khawatir akan mendapatkan nasib yang sama seperti para korban yang telah dibantai tersebut.

Hal ini lah yang juga mendasari pondasi ideologi yang bernama “Greater Serbia”. Negara sendiri tidak hanya melindungi Serbia saja, namun Bosnia dan Kroasia juga. Mantan Presiden Serbia ini akhirnya dijebloskan ke dalam penjara dan meninggal di sel tahanannya pada bulan Maret tahun 2006. Slobodan Milosevic dikenai sangsi atas kriminalitas perang, genosida dan kriminalitas akan hak asasi manusia dan koneksinya pada peperangan di Kroasia, Bonsia dan Kosovo.

2. Franjo Tudjman

Pemerintah Kroasia yang dipilih oleh Franjo Tudjman menginginkan agar warga serbia yang berada di wilayah Kroasia menjadi “official minority” atau minoritas yang sesungguhnya dengan memberikan mereka hak-hak minoritas. Franjo Tudjman meninggal pada tahun 1999 ketika investigasi sedang berjalan.

3. Radovan Karadzic

Radovan Karadzic adalah pemimpin Bosnia-Serbia yang bersekutu dengan Slobodan Milosevic. Dimana keinginan kedua pemimpin negara bagian ini adalah untuk “memusnahkan warga Bosnia dan warga Kroasia di wilayah mereka sendiri yaitu Bosnia dan Kroasia aoabila ingin meningkatkan populasi Serbia, dengan tujuan utamanya adalah mendapatkan “Greater Serbia” . Pembantaian masa dan pembumihangusan menjadi cara mereka untuk mendapatkan apa yang menjadi kehendak mereka. Kebanyakan yang menjadi korban adalah warga muslim Bosnia.

Pemimpin Bosnia-Serbia ini dijatuhi hukuman penjara selama 40 tahun. The Tribunal menyatakan Radovan Karadzic bersalah atas genosida yang berkaitan dengan pembumihangusan Srebrenica dan hal-hal lainnya.

4. Alija Izetbegovic

Pemimpin pemerintahan Bosnia – Herzegovina yang menandatangani Dayton Agreement bersama dua pemimpin lain yaitu Slobodan Milosevic dari Serbia dan Franjo Tudjman dari Kroasia.

5. Ratco Mladic

Pemimpin militer Bosnia – Serbia juga menghadapi hukuman atas genosida, kriminalitas perang dan kriminalitas akan hak asasi manusia dan hal-hal yang berkaitan dengannya, begitu juga dengan perannya dalam pembasmian Srebrenika dan pengepungan Sarajevo. Persidangannya dimulai pada bulan Juni 2011. Ratco Mladic adalah mantan komandan Bosnia Serbia, dijatuhi hukuman mati seumur hidup atas besarnya perannya dalam Perang Balkan.

Sponsors Link

Mladic adalah salah satu dari 161 individu yang dibawa oleh persidangan International Criminal Tribunal for the former Yugoslavia, persidangan sementara dari United Nation untuk mengusut individu-individu yang bertanggung jawab dalam kriminalitas perang yang dimulai sejak tahun 1991.

 6. Ante Gotovina

Jenderal Kroasia Ante Gotovina diberi hukuman sangsi penjara 24 tahun dengan alasan kriminalitas perang, kriminalitas melawan hak asasi manusia dan atas aksi-aksi melawan populasi Serbia di Kroasia, termasuk pembunuhan dan deportasi. Banyak yang melihat bahwa dakwaan itu disamakan dengan dakwaan yang harus diterima oleh Franjo Tudjman. Namun pihak penuntut tidak setuju apabila Gotovina termasuk ke dalam bagian “joint criminal conspiracy” yang mengikut sertakan Tudjman. . Ante Gotovina ditangkap di Spanyol pada tahun 2005

7. Dusko Tadic

Dusko Tadic adalah pemimpin partai demokrasi Serbia dan seorang serdadu polisi yang mengkomandani militer Plavi Orlovi. Dusko Tadic ditangkap di Munich pada tahun 1994 karena koneksinya terhadap jalannya tenda-tenda penjara Omarska dan Trnopolje di Bosnia. Dusko Tadic juga adalah kasus pertama yang ditangani oleh ICTY (International Criminal Tribunal for the Former Yugoslavia. Pada tahun 1997, Dusko Tadic diberikan sangsi 25 tahun penjara, dan akhirnya dikurangi menjadi 20 tahun. 

Sponsors Link

8. Goran Hadzic

Goran adalah mantan Presiden Republik Serbia Krajina di Kroasia dari tahun 1992 sampai 1993. Dialah yang memegang peranan penting dalam operasi militer tahun 1991 dan diduga berkonspirasi dengan Zeljko Raznatovic dalam pembunuhan warga sipil non serbia dibawah jurisdiksinya. Goran Hadzic hidup bebas 10 tahun setelah konflik Yugoslavia terjadi, namun mulai menghilangkan jejaknya pada tahun 2004 setelah dakwaannya diketahui publik. Goran Hadzic ditangkap pada tanggal 20 Juli 2011.

 9. Zeljco Raznatovic

Zeljco Raznatovic dikenal dengan nama Arkan, ia adalah seorang pencuri bank dan pemilik toko roti yang mengkomandani anggota militer Serbia yang terkenal keji pada tahun 1991 sampai 1995. Zeljco Raznatovic dikenai 24 dakwaan kriminalitas melawan kemanusiaan, namun sebelum persidangan dimulai, Zeljco Raznatovic ditembak mati pada tahun 200 di Belgrade.

10. Radislav Krstic

Radislav Krstic adalah warga Bosnia Serbia pertama yang dinyatakan bersalah atas genosida pada tahun 1995 yang membumi hanguskan ratusan ribu warga sipil dari kalangan laki-laki dan anak laki-laki di Srebrenica. Radislav Krstic diberi hukuman 35 tahun penjara.

11. Momcilo Krajisnik

Momcilo Krajisnik adalah mantan pembicara majlis nasional Republik Srpska dan mantan represntatif Serbia dari Kepresidenan Bosnia-Herzogovinian. Momcilo Krajisnik bekerja bersama Radovan Karadzic dalam pembuatan kebijakan dan implementasi “pembersihan etnis”. Momcilo Krajisnik ditangkap pada tahun 2000 dan sedang berada di penjara Inggris dalam hukuman 20 tahun penjara.

12. Milan Martic

Milan Martic didakwa atas 16 tuduhan, termasuk diantaranya pembunuhan, penyiksaan, deportasi, penyerangan terhadap warga sipil dan aksi kriminalitas lain yang melawan kemanusiaa. Milan Martic adalah mantan pemimpin Kroasia Serbia yang menjabat di kepolisian. Milan Martic sendiri dijatuhi hukuman selama 35 tahun di penjara.

13. Biljana Plavsic

Biljana Plavsic adalah satu-satunya wanita yang ditangkap oleh International Criminal Tribunal for the Former Yugoslavia (ICYT). Sebelum ditangkap, Biljana Plavsic adalah mantan presiden kedua Republik Srpska. Pada tahun 2011, ICTY mengeluarkan dakwaan publik kepada mantan presiden ini atas aksi kriminalitas perang, khususnya pada saat perang Bosnia. Biljana Plavsic mengajukan banding dan dijatuhi hukuman 11 tahun penjara dimulai pada tahun 2003 di penjara Swedia.

Dari keseluruhan total 161 tersangka, terdiri dari 62 warga Serbia, 18 warga Kroasia, 5 warga Bosnia, 2 warga Montenegro, 1 warga Macedonia dan 1 warga Albania. Masih banyak yang belum bisa disebutkan dalam artikel ini. Latar belakang Yugoslavia didasari oleh banyak faktor, salah satunya adalah SARA. Dengan dihukumnya tersangka-tersangka yang ikut berperan dalam perang yang keji ini, hal ini adalah salah satu bentuk penyelesaian konflik Yugoslavia, agar tidak terjadi kembali di masa mendatang.

, ,
Post Date: Friday 12th, January 2018 / 03:09 Oleh :
Kategori : Internasional