Sponsors Link

4 Ancaman Politik dari Dalam Negeri

Sponsors Link

Setiap orang di dalam sebuah negara tentu menginginkan kehidupan yang tentram, damai, dan aman tidak berada di sebuah ancaman bukan? Tapi pada kenyataannya ternyata tidak semua negara bisa hidup di dalam hal tersebut, termasuk di dalam Indonesia sendiri tidak semudah itu kita hidup tanpa ada ancaman. Bahkan politik di Indonesia sendiri yang tergolong politik yang belum bersih juga memiliki ancaman tersendiri untuk bangsa Indonesia.

ads

Banyak faktor faktor penyebab ancaman di bidang politik pun marak terjadi, bahkan ada ancaman yang berasal dari luar negeri maupun dari dalam negeri sendiri. Walaupun terdengar tidak mungkin, namun faktanya, banyak orang yang melakukan ancaman terhadap negara sendiri.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa contoh ancaman politik yang berasal dari dalam negeri sendiri. Setelah membahas ancaman politik luar negeri, kini saatnya kita membahas ancaman politik dari dalam negeri. Sebenarnya apa sih ancaman politik itu sendiri? Ancaman politik adalah sebuah ancaman yang memiliki tujuan untuk menghancurkan suatu negara dengan cara apapun, termasuk mulai membangun ketidak percayaan masyarakat terhadap pemerintah atau kepada negara. Ancaman politik dalam negeri adalah ancaman yang berasal dari dalam negeri sendiri, bukan dari negara luar.

Ancaman memecah belah bangsa sendiri memang terdengar seharusnya berasal dari luar negeri namun pada kenyataannya tidak demikian banyak contoh konflik politik. Banyak ancaman yang berasal dari dalam negeri sendiri. Langsung aja yuk bahas Apa saja sih bentuk Ancaman politik dari dalam negeri itu?

1.Konflik SARA yang Di latar belakangi Politik

Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan, ras, suku, agama, dan juga banyak lainnya. Semua orang di terima di Indonesia, bagaimana tidak, Indonesia menghormati dan menganggap semua itu sama dan setara, minoritas maupun mayoritas itu sama di mata hukum. Bhineka Tunggal Ika ini sendiri sebenarnya sangat mudah terjadi gesekan dan konflik. Tidak terkecuali di Indonesia.

Sangat miris yang terjadi di Indonesia, apalagi di 5 tahun terakhir, isu SARA sangat sangat mulai rentan terjadi. Seperti yang terjadi di tahun 2017 lalu, mengenai seorang tokoh politik yang berasal dari kaum minoritas sendiri harus mendekam di penjara hanya karena konflik yang di latar belakangi kepentngan politik.

Tentu ini bisa menyebabkan kehancuran untuk Indonesia apabila ini terus menerus di lakukan dan di toleransi. Lama lama Indonesia tidak dapat menerima kesatuan dan perbedaan, tapi hanya bisa protes terhadap perbedaan tersebut. Padahal persatuan di atas perbedaan perbedaan tersebutlah sebenarnya kekuatan utama dari Indonesia yang tidak di miliki negara negara lainnya. Ancaman seperti ini merupakan ancaman yang berasal dari dalam negeri sendiri, dan tidak bisa di biarkan.

2. Pelanggaran HAM

HAM merupakan salah satu hal yang melekat di dalam tubuh manusia. Sangat pentingnya HAM sendiri tidak hanya ada hukum di ruang lingkup nasional bahkan sudah ada hukum Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional. Jadi tidak hanya di naungi oleh Indonesia saja, namun juga di naungi di seluruh dunia, ini berarti HAM ini sangat penting.

Pelanggaran HAM yang terjadi di suatu negara tentu akan membuat setiap warga negara yang berada di dalam negara akan berpikir dua kali jika Hak sebagai Manusia mereka tidak di lindungi oleh negara. Ada beberapa ciri pelanggaran HAM di Indonesia, dan beberapa contoh kasus pelanggaran HAM berat yang harus segera di tuntaskan oleh Indonesia.

3. Korupsi

Ancaman politik dari dalam negeri Indonesia sendiri yang paling utama adalah poin ke tiga ini, Korupsi. Korupsi di Indonesia sekarang memang sangat merajalela. Setiap pejabat negara yang sudah di pilih dan di berikan mandat oleh masyarakat untuk memimpin negara ini bahkan mereka menalahgunakan kekuasaan demi mengambil keuntungan diri mereka sendiri. Tentu ini sangat merugikan bangsa dan negara, apa lagi uang yang mereka gunakan untuk korupsi itu adalah uang masyarakat yang bisa di gunakan untuk membangun negara sendiri.

Ini sangat bahaya untuk suatu negara, karena memang ini akan mengurangi kepercayaan masyarkat terhadap pemimpin negara terhadap pemerintah pusat. Korupsi selain memperlambat pertumbuhan negara Indonesia sendiri, juga membuat kecurigaan dan ketidak percayaan masyarakat terhadap pemerntah.

4. Isu Politik

Isu-isu politik sekarang ini sering di mainkan oleh orang orang tertentu untuk menjatuhkan lawan politik mereka. Ini sangat memiliki potensi besar untuk menjadi ancaman dalam negeri sendiri. Dari isu isu ini sendiri, mudah memecah pemerintahan, pejabat dan lainnya yang seharusnya bekerjasama untuk membangun negara ini. Hanya ingin membuat dunia politik di suatu negara semakin panas saja, tentu semua isu isu yang masih belum tentu benar dan tidak jelas simpang siurnya ini juga dapat memecah belah bangsa Indonesia. Tentu ini tidak kita inginkan bukan?

Demikian merupakan 4 Ancaman Politik dari Dalam Negeri beberapa dari antaranya kita tentu bisa cegah bukan?

, , , ,
Post Date: Monday 02nd, September 2019 / 09:35 Oleh :
Kategori : Politik