Sponsors Link

6 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Terhadap Politik

Sponsors Link

Kata Globalisasi pasti sudah banyak kita ketahui dan banyak kita dengar entah dalam pelajaran sekolah, dalam berita maupun dalam kehidupan sehari hari. Globalisasi sendiri sebenarnya menurut Wikipedia adalah proses integrasi internasional karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran dan aspek kebudayaan lainnya. Globalisasi sendiri termasuk salah satu hal yang membentuk hukum internasional seperti Hukum Hak Asasi Manusia HAM Internasional, atau pandangan mengenai Contoh kejahatan Perang Internasional. Globalisasi adalah mendekatkan yang jauh.

ads

Politik merupakan salah satu hal yang tidak bisa di pisahkan dari dampak globalisasi tersebut. Mungkin terlihat bahwa negara Indonesia sudah memiliki Ideologi dan dasar negara yang kuat seperti Pancasila dan UUD 1945. Namun, tidak menutup kemungkinan kita mendapatkan dampak dari Globalisasi tersebut. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Dampak Positif dan Negatif dari Globalisasi pada Politik. Check it out!

Dampak Positif Globalisasi Terhadap Politik

1. Meningkatkan Hubungan Diplomatik

Tentu ini menjadi dampak yang paling terlihat dan utama. Dengan adanya globalisasi perkembangan zaman sekarang, meningkatkan hubungan politik dan hubungan diplomatik Indonesia dengan negara lain, bagaimana tidak, Indonesia akan jauh lebih mudah bekerja sama di sektor ekonomi, politik, budaya dengan negara lain. Globalisasi sendiri juga memudahkan kerjasama antara satu negara dan negara lainnya. Hubungan akan semakin baik dan semakin saling mengenal antara negara negara Internasional tersebut.

2. Terciptanya Sistem Pemerintahan Demokratis dan Terbuka

Dengan adanya globalisasi di seluruh sendiri, tentu ini membuat pemerintahan sendiri membuat sistem demokrasi di semua negara. Masyarakat dan pemerintah merupakan sebuah bagian dari negara yang utuh, maka dari itu sebenarnya pemerintah pusat sendiri akan mendapatkan dukungan secara positid dari setiap rakyat didalam menjalankan pmerintahan. Apalagi sistem pemerintahan yang di lakukan secara terbuka, jujur dan juga bersih. Kekuasaan tertinggi di tangan Rakyat shingga dengan sistem ini di berikan kesempatan masyarakat berpartisipasi di dalam pemerintahan.

3. Masyarakat Partisipasi dalam Pemerintahan

Di dalam era Globalisasi sendiri, ini akan membantu masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemerintahan. Walaupun tidak semua duduk di kursi pemerintahan, namun juga bisa langsung dengan keterlibatan pemilihan presiden dan beberapa orang orang yang duduk di lembaga pemerintahan. Globalisasi juga membuat yang jauh merasa lebih dekat dan yang dekat semakin erat. Jika dahulu Masyarakat tidak banyak mengerti mengenai pemerintahan, di era globalisasi ini, masyarakat bahkan bisa lebih nydah mengawasi jalannya pemerintah pusat.

Pemerintah juga bukan merupakan pemerintah yang sempurna sehingga masih membutuhkan masyarakat yang mengawasi dan melaporkan jika ada sesuatu yang salah. Masyarakat dengan begitu lebih berpartisi dalam pemerintahan.

Dampak Negatif Globalisasi Terhadap Politik

4. Ideologi Asing Lebih Mudah Masuk

Dampak negatif pertama dari globalisasi terhadap politik sendiri adalah mempermudah ideologi bangsa lain masuk ke suatu negara, tidak terkecuali Indonesia. Ideologi dari negara lain yang tentunya berbeda dengan Pancasila dan UUD 1945 ini akan lebih mudah masuk ke Indonesia. Ini menjadi permasalahan yang besar tentu! Ini bagkan dapat menghasilkan konflik hingga menghancurkan sebuah negara lho! Selain itu juga ideologi asing juga bisa berbenturan sehingga bisa menciptakan yang disebut dengan fanatisme.

5. Meningkatnya Money Politic

Dari semua bentuk bentuk money politic sendiri juga akan bertumbuh kembang pesat di era globalisasi ini. Kita sendiri paham bahwa uang tapi semuanya membutuhkan uang, itu juga berlaku di zaman sekarang dengan perkembangan zaman yang pesat. Setiap hal yang bisa dibilang mengenai politik sendiri akan berdasar dari uang sendiri. Misalnya saja seakarng ini politik uang yang sedang marak di Indonesia.

Jika pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah datang, maka akan ada sukarelawan sukarelawan yang membagikan sejumlah uang kepada masyarakat untuk memilih seorang calon. Tentu ini mmemiliki dampak yang buruk karena calon yang terpilih bukan calon terbaik tapi dengan menggunakan cara kotor.

6. Meningkatnya Konflik Di Berbagai Negara

Globalisasi membuat hubungan antar negara memang semakin erat, namun semakin sering mereka berkumpul, pasti ada ketidak cocokan satu sama lain, apalagi jika ada sistem demokrasi negara yang tidak dewasa. Tentu ini akan menyebabkan provokasi demi provokasi sehingga menjadikan banyak gejolak politik di banyak daerah. Ini adalah salah satu hal yang dapat mempecahbelah bangsa, dan juga tentunya dapat membuat negara tersebut hancur. Apalagi jika konflik di sebuah negara tersebut ada campur tangan dari negara negara lain, tentu ini menjadi sesuatu hal yang berbahaya.

Banyak contoh yang terjadi, seperti konflik yang terjadi di negara Timur Tengah yang memang ada campur tangan dari negara negara asing. Selain itu, juga ada konflik mengenai perebutan kebudayaan dan sumber daya yang terjadi di banyak negara, yang paling dekat adalah Indonesia dengan Malaysia.

Demikian merupakan 3 Dampak positif dan negatif Globalisasi pada Politik Sekarang ini.

, , , , ,
Post Date: Monday 02nd, September 2019 / 09:15 Oleh :
Kategori : Politik