Sponsors Link

3 Contoh ketika Politik Mempengaruhi Bisnis

Sponsors Link

Bisnis merupakan salah satu pekerjaan dagang yang menjadi salah satu favorit dan primadona di Indonesia. Banyak sekali jenis jenis dari bisnis, seperti franchise dan lain sebagainya. Namun seperti yang anda ketahui, dalam berbisnis pun tidak tidak selalu naik terus. Tentu ada masanya bisnis tersebut mengalami penurunan, banyak faktor dari bisnis yang sudah mulai turun sendiri, mulai dari pemilik perusahaan tidak melihat dan memperhatikan perkembangan dari perusahaan. Dan ada juga dari pihak saingan, ada juga mungkin tipe bisnis yang sudah tidak berlaku. Tapi, ada faktor eksternal yang merupakan salah satu hal terpenting yang perlu di pertimbangkan pemilik bisnis, yaitu faktor politik.

ads

Walaupun tidak secara langsung terlibat dan terkena dampaknya, namun faktor politik itu merupakan salah satu hal yang perlu di pikirkan dan merupakan salah satu hal yang tidak bisa di pungkiri. Politik sendiri merupakan salah satu faktor naik turunnya bisnis, tentu ini merupakan hal penting, kita perlu mengetahui faktor penghambat politik dan juga contoh konflik politik supaya hal tersebut tidak terjadi dan menghambat bisnis kita juga. Jika anda masih kurang paham mengenai politik yang mempengaruhi bisnis, ada beberapa contoh mengenai politik yang mempengaruhi bisnis.

Pada artikel kali ini, kita akan melihat beberapa contoh situasi politik yang mempengaruhi bisnis dan contoh nyata yang pernah terjadi di Indonesia. Langsung ikuti yuk!

  • Kurs Dollar Naik dan Turun

Kondisi politik di Indonesia sendiri memang sempat memanas sejak ada Pemilihan Umum yang di langsungkan pada 17 April lalu. Beberapa bulan sebelumnya, kondisi politik sudah mulai memanas, dari situasi politik yang seperti ini juga mempengaruhi Dollar Amerika naik dan turun secara tidak menentu. Lalu, apa kaitannya dengan bisnis yang ada di Indonesia? Tentu ini ada kaitannya! Setiap perusahaan yang melakukan bisnis ke luar negeri dan melakukan ekspor dan impor bahan baku maupun barang jadi menjadi dampaknya sendiri. Dengan situasi politik yang tidak menentu dan memanas tersebut, dollar yang naik, maka bahan baku yang mereka ambil dari negara lain yang biasanya menggunakan pembayaran US Dollar sendiri juga akan lebih mahal. Ini berarti biaya produksi mereka bertambah.

Tentu jika biaya produksi dari perusahaan tersebut bertambah, mereka tidak dapat melakukan penjualan dengan harga yang sama. Ini berarti dengan harga biaya produksi bertambah, harga penjualan juga bertambah, ini berarti juga orang orang pasti berpikir dua kali untuk membeli produk tersebut. Situasi politik seperti ini membuat produsen dan setiap orang yang berbisnis menjadi sangat susah.

  • Kebijakan Bisnis Mengenai Pajak

Situasi politik tidak bisa kita jauhkan dari pejabat pejabat yang berada di partai politik alias pemerintah. Situasi politik sebuah negara juga menentukan bagaimana negara tersebut saat itu. Maka dari itu, situasi politik termasuk di dalam kebijakan yang di ambil pemerintah sendiri juga menentukan bagaimana bisnis tersebut bisa berjalan atau tidak.

Pengambilan dan menetapkan kebijakan mengenai pajak untuk kalangan orang orang yang melakukan bisnis sendiri juga tentunya mempengaruhi bisnis mereka. Walaupun merupakan kewajiban dari setiap orang yang bekerja untuk membayar pajak, tapi keputusan politik dan kondisi dalam pemerintahan yang mendorong kebijakan tersebut di bentuk juga membuat Bisnis juga berubah.

Penetapan pajak pendapatan untuk pebisnis (Misalnya bertambah) juga membuat seseorang yang melakukan bisnis ini harus memikirkan strategi lagi membuat bisnis mereka tetap tidak membuat mereka rugi. Seperti halnya sekarang dalam membeli Es Teh manis di beberapa restoran, kita bisa bandingkan 10 tahun lalu dan hari ini. 10 tahun lalu ketika kita makan dan memesan es teh manis, kita akan melihat porsi yang besar. Namun makin kesini mereka yang membuka bisnis restoran sendiri juga membuat ide bisnis dengan mengurangi porsi dari makanan dan minuman mereka.

  • Krisis Moneter 1998

Di tahun 1998, di masa pemerintahan presiden Soeharto ada satu peristiwa bersejarah ketika krisis moneter terjadi. Kejatuhan dari presiden Soeharto sendiri tidak dapat di lepaskan dengan krisis moneter yang ada. Krisis moneter yang membuat kondisi politik di Indonesia juga menurun. Pemerintah juga pada masa itu gagal untuk meresponi dan mengatasi krisis ini. Orang orang yang menjabat dan memerintah pada masa tersebut juga sudah mulai kehilangan kepercayaan masyarakat.

Pada tahun itu, krisis moneter terjadi tidak hanya di Indonesia saja, namun memang Indonesia merupakan negara yang paling lama keluar dari krisis moneter tersebut. Sektor ekonomi modern seperti Industri, keuangan, bisnis sendiri juga berantakan dan bahkan jutaan pekerja di PHK dan menjadi pengangguran. Karena keadaan politik yang tidak mampu merespon krisis yang terjadi pada seluruh dunia ini sendiri, akhirnya bisnis di Indonesia juga hancur berantakan. Bisnis yang hancur pada masa itu, tidak di pungkiri ada kaitannya dengan politik dan pemerintahan.

Demikian 3 bahasan mengenai contoh Politik yang mempengaruhi Bisnis.

, , , ,
Post Date: Monday 02nd, September 2019 / 09:44 Oleh :
Kategori : Politik