Persyaratan Masuk TNI AL (Angkatan Laut) Terbaru

Siapa yang tidak ingin menjadi tentara? Tentunya tidak sedikit orang yang ingin menjadi tentara. Baik itu TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, maupun TNI Angkatan Udara. Untuk proses pendaftaran dan penerimaan setiap divisi TNI mempunyai syarat yang berbeda-beda tergantung dengan di divisi mana mereka beranung. Seperti halnya tes masuk TNI Angkatan Laut berbeda dengan tes masuk TNI Angkatan Udara.

Belum lagi tidak sedikit orang tua yang ingin anaknya memakai seragam dengan profesi ini. Rasa bangga dapat melihat anak-anak mereka membela tanah kelahiran mereka menjadi alasan tersendiri untuk memasukan anaknya dalam jajaran Tentara Negara Indonesia. Namun bukan hal yang mudah untuk bergabung menjadi bagian dari Tentara Negara Indonesia.

Kali ini Hukamnas akan membahas tentang persyaratan masuk TNI AL. Di setiap tahun TNI Angkatan Laut selalu membuka pendaftaran untuk proses penerimaan anggota baru mereka. Di TNI AL sendiri ada tiga bagian yaitu AAL, Bintara TNI AL, dan Tamtama TNI AL. Di ketiga bagian ini memiliki syarat pendaftaran yang berbeda-beda. Adapaun persyaratan masuk TNI AL adalah sebagai berikut.

  • Persyaratan Masuk AAL
  1. Pria atau Wanita, warga Negara Republik Indonesia.
  2. Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada Negara Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  4. Bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS).
  5. Pria atau Wanita yang memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk calon taruna dan 160 cm untuk calon taruni dengan berat badan seimbang.
  6. Usia minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun pada saat pendaftaran.
  7. Memiliki Ijazah dengan minimal pendidikan terakhir SMA atau MA program IPA, dengan nilai UAN sesuai dengan ketentuan.
  8. Berkelakuan baik, tidak sedang kehilangan hak untuk menjadi prajurit TNI Indonesia berdasarkan dengan keputusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap di sertai dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat.
  9. Sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki tato atau bekas tato, dan tidak bertindik di telinga atau anggota tubuh lainnya kecuali di sebabkan oleh ketentuan adat, tidak buta warna, dan tidak memakai kacamata atau softlens.
  10. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  11. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama sepuluh tahun dan terhitung mulai saat di lantik menjadi Letnan Dua.
  12. Bersedia di tempatkan di seluruh wilayah kerja di Negara Republik Indonesia.

[AdSense-B]

  • Persyaratan Pendaftaran Bintara TNI AL
  1. Pria atau Wanita, warga Negara Republik Indonesia.
  2. Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada Negara Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  4. Bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Polri.
  5. Memiliki usia minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun ketika mendaftar.
  6. Memiliki Ijazah dengan pendidikan terakhir minimal SMA, MA, dan SMK dengan nilai UAN rata-rata 6,00.
  7. Tinggi badan minimal 163 cm untuk Caba Pria dan 158 cm untuk Caba Wanita dengan berat badan seimbang.
  8. Berkelakuan baik dan tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan keputusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap dan di sertai dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat.
  9. Sehat jasmani dan rohani, tidak bertato atau memiliki bekas tato, tidak bertindik dan memiliki bekas tindik, tidak buta warna, dan tidak memakai kacamata maupun softlens.
  10. Belum pernah menikah dan sanggup untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan dan dua tahun setelah Dikma untuk Bintara Pria dan tiga tahun setelah Dikjur untuk Bintara Wanita.
  11. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) paling singkat tujuh tahun dan paling lama sepuluh tahun terhitung saat mulai dilantik menjadi Sersan Dua.
  12. Bersedia di tempatkan di seluruh wilayah kerja Negara Republik Indonesia.
  13. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) sesuai dengan tempat pendaftaran terdekat.
  • Persyaratan Pendaftaran Tamtama TNI AL
  1. Pria atau Wanita, warna Negara Republik Indonesia.
  2. Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada Negara Republik Indonesia berdasarkan dengan Pancasila dan Undang-Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  4. Bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS).
  5. Berusia minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun ketika pendaftaran.
  6. Memiliki Ijazah dengan minimal pendidikan terakhir SLTP sederajat.
  7. Tinggi badan minimal 163 cm dengan berat badan seimbang.
  8. Sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki tato atau bekas tato, tidak bertindik atau memiliki bekas tindik, tidak buta warna, dan tidak memakai kacamata maupun softlens.
  9. Belum pernah menikah dan siap tidak menikah selama mengikuti Pendidikan Pertama (Dikma) dan selama dua tahun setelah selesai masa Dikma. [AdSense-C]
  10. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) paling singkat lima tahun dan paling lama sepuluh tahun mulai terhitung saat dilantik menjadi Kelasi Dua atau Prajurit Dua.
  11. Bersedia di tempatkan di seluruh wilayah kerja Tentara Negara Republik Indonesia.

Yang menjadi pembeda untuk syarat pendaftaran TNI AL di setiap divisi nya adalah minimal pendidikan terakhirnya. Selain mempersiapkan beberapa dokumen di atas Anda wajib mempersiapkan fisik agar dapat menjadi TNI yang di harapkan.

Tentara Negara Indonesia sudah memiliki nama sendiri di dunia. Bahkan kehebatan kekuatan TNI di mata Dunia sudah tidak di ragukan lagi. Setelah Anda memenuhi syarat masuk TNI Angkatan Laut di atas maka langkah selanjutnya adalah pendaftaran. Adapun cara pendaftaran nya adalah sebagai berikut.

  • Cara Pendaftaran TNI Angkatan Laut
  1. Fotokopi Akta kelahiran satu lembar.
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) calon TNI AL dan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Orang Tua atau Wali sebanyak satu lembar.
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) sebanyak satu lembar.
  4. Pas foto hitam putih terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak dua lembar dan ukuran 3 x 4 sebanyak satu lembar.
  5. Calon TNI hanya di benarkan mendaftar di satu tempat.
  6. Selama mengikuti seleksi tingkat daerah, keperluan atau kebutuhan calon TNI di tanggung sendiri oleh calon tersebut.
  7. Selama mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pengujian atau pemeriksaan terhadap para pelamar Calon Bintara PK Pria atau Wanita TNI Angkatan Laut dan keluarganya tidak di pungut biaya apapun.
  8. Bagi yang di nyatakan lulus seleksi tingkat daerah, biaya perjalanan dan penampungan selama mengikuti seleksi tingkat pusat seluruh biaya di tanggung oleh Negara.
  9. Calon yang di nyatakan tidak lulus pada seleksi tingkat pusat maka akan di pulangkan ke daerah asal dengan biaya dari Negara.

Nah itu dia beberapa persyaratan masuk TNI AL yang harus Anda penuhi jika ingin mendaftar ke TNI Angkatan Laut. Persyaratan yang bisa di bilang cukup mudah sebenarnya untuk pendaftaran mandiri tanpa perlu melalui calo. Percayalah pada kemampuan Anda sendiri sehingga Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang yang terlalu banyak. Selamat berjuang para Calon Perwira Indonesia!