Kehebatan Kekuatan TNI Di Mata Dunia Internasional

Kehebatan dan kekuatan tni di mata dunia memang tidak boleh diremehkan. Dilansir dari GFI (Global FirePower Record) Indonesia menduduki urutan ke-14 dari 133 negara.

Di kalangan Asia Tenggara Indonesia merupakan negara terkuat nomor satu, lalu di ikuti Thailand dalam GFI di urutan 20 dan Vietnam diurutan ke 17. Bukan hanya terkuat, Indonesia juga masuk dalam negara dengan militer yang paling ditakuti di Asia Tenggara.

Dengan total militer aktif sejumlah 476.000 personil. Dari jumlah populasi penduduk Indonesia sebesar 238,316,051 jiwa dengan pasukan yang berjumlah 876.000, dilengkapi 468 tank, 2,192 kendaraan berlapis baja, 420 aircraft, dan 221 kapal perang, menjaga wilayah Indonesia dengan luas sebesar 1990,250,000 km2. Tentara Nasional Indonesia dapat membuat lawan tercengang.

Kekuatan Pasukan Elite

Tidak perlu diragukan lagi, pasukan elite khusus Tentara Nasional Indonesia (TNI) dapat membuat negara tetangga maupun lawan merinding. Dengan sejulang prestasi yanh didapatkan Pasukan Elite Khusus ini disegani oleh dunia. Ada beberapa pasukan Elite yang dimiliki Indonesia.

Yang pertama adalah Komando Satuan Khusus (KOPASSUS) telah menjulang banyak prestasi termasuk menjadi pasukan elit terbaik ketiga dilansir oleh Discovery Channel Military pada tahun 2008. Pasukan elit ini juga dikenal hebat dalam operasi intelijen tempur dan tugas perang rahasia ”Clandestine Operation”.

Pada pertemuan Elite Forces di Wina, Austria. Pasukan elite KOPASSUS mendapat peringkat kedua dalam operasi militer strategis. KOPASSUS dapat mengalahkan 35 pasukan elite lainnya dari seluruh dunia, peringkat pertamanya adalah Delta Force milik Amerika Serikat. Dari ajang ini Indonesia dapat berunjuk gigi atas kekuatan TNI yang dimilikinya

KOPASSUS juga melatih pasukan elite milik kamboja yang sudah dikenal kehebatannya, bukan hanya kamboja, KOPASSUS juga dikenal hebat diseantero Afrika. Sekita 80% perwira ikut menjadi mentor untuk melatih prajurit-prajurit Afrika. Hingga kini mereka dapat membentuk dan memperkuat Pasukan Elitenya berkat bantuan TNI.

Banyak lagi kehebatan dari Pasukan Elite ini termasuk memenangkan kejuaraan snipper, penyusupan, dll.

TNI AL dengan pasukan elite bernama Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) yang ditakuti oleh Amerika karena kehebatannya yang dapat menyusup tanpa terdengar gemercik air. Dalam pelatihan Denjaka, calon prajurit memang dituntut untuk cerdas dan kuat, mereka dapat berenang dengan kaki dan tangan terikat.

Dalam latihannya Denjaka dibuang ke laut tanpa persenjataan dan bekal, prajurit denjaka harus mencoba bertahan hidup dan menyelamatkan dirinya bagaimanapun caranya.

Detasemen Bravo (Den Bravo) 90 merupakan pasukan elite dibawah binaan TNI AU. Hanya lulusan prajurit terbaiklah yang dapat gabung dengan pasukan ini

Ada satu pasukan misterius elite khusus yang ditakuti dunia akan kemesteriusan dan kekuatannya, yaitu Detasemen Harimau Indonesia (Denharin). Pasukan Elite ini terdiri dari empat cabang Militer yaitu TNI AD,AU, AL  dan Polri. Namun pasukan elite ini diragukan keberadaanya karena minimnya data yang dapat diperoleh.

[AdSense-B]

Tercatat Sebagai yang Terkuat di Belahan Bumi Selatan

Dalam GFI, Indonesia menduduki peringat ke-14 jauh di atas Malaysa dan Singapura. Pada tahun 1960-an, Indonesia pernah memiliki alutsista yang hebat dari KRI Irian yang dibeli dari Uni Soviet dengan 1270 prajurit dan 60 perwira, Kapal tempur terbesar pada zamannya. Indonesia juga memiliki pesawat tempur yang hebat, dan pembob jarak jauh. Serta memiliki Kapal Selam tercanggih di ASEAN.  namun alutsista hebat tanpa prajurit yang hebat maka akan menjadi bongkahan teknologi yang percuma.

Dibawah Presiden Soekarno, Militer Indonesia pernah mendapat titik emas dengan Angkatan Laut dan Angkatan Udara terkuat yang memaksa Belanda mundur dan meninggalkan Papua.

Pada tahun 2017 TNI memiliki alutsista sebanyak 68 tank, 2,192 kendaraan berlapis baja, 420 aircraft, dan 221 kapal perang. Meski tak sehebat pada masa 1960-an. Indonesia terus memodernisasikan peralatan dan perlengkapan canggihnya, mengikuti zaman dan teknologi yang terus berkembang. Namun masih belum pasti jumlah alutsista yang benar-benar dimiliki Indonesia, karena ada alutsista yang di rahasiakan dari khalayak umum untuk menyembunyikan kekuatan asli TNI dari lawan maupun negara lain yang mengincar. Alutsista rahasia ini menjadikan ketakutan tersendiri bagi negara lain.

Oleh karena itu, dalam latihan prajuritnya, Indonesia memiliki prinsip pengadaan senjata (Minimum Essential Force). Disaat negara lain gencar unjuk senjata tercanggihnya. TNI gencar untuk memperkuat kekuatan prajurit-prajuritnya. Itu semua agar prajurit mampu bertahan hidup dalam keaadan yang sangat mendesak meski tanpa persenjataan sekalipun. Dengan kemampuan seperti inilah yang membuat prajurit Indonesia disegani oleh dunia.

10 Kali Mendapat Gelar Juara Umum Lomba AASAM ( Australia Army Skill At Arm Meeting)

TNI Indonesia mendapat gelar juara sepuluh kali berturut – turut dari tahun 2008. Lomba tembak AASAM di ikuti oleh kurang lebih sekitar 20 negara di wilayah Asia Pasifik.

[AdSense-C]

Di tahun 2017 ini TNI AD berhasil memborong setidaknya 28 medali emas dari total 68 medali emas dengan 6 perak, dan 5 perunggu. Disusul dengan tuan rumah Australia di urutan kedua dan Jepang diurutan ketiga.

Dalam lomba ini TNI menunjukkan kekuatannya dalam menembak jitu dengan bukti mampu mengalahkan negara-negara militer superpower. Lebih hebatnya lagi senjata atau senapan yang di gunakan snipper di ajang lomba ini merupakan senjata buatan asli Indonesia yang dirancang dan diproduksi oleh PT Pindad Indonesia jenis SS-2 V4. Senjata ini memang senjata yang di gunakan TNI AD sebagai senjata resmi pasukan infanteri Angkatan Darat TNI.

Strategi Perang Gerilya

Strategi atau teknik perang gerilya ini sudah terkenal dikalangan dunia menjadi teknik andalan yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia. Tak tik ini telah digunakan Indonesia pada saat perang melawan Belanda dan Jepang.

Bukti strategi perang gerilya merupakan suatu kekuatahn TNI yaitu menangnya Vietnam mengalahkan lawannya Amerika. Kekalahan ini membekas pada Amerika dikarekan kalah atas negara kecil. Strategi perang gerilya ini sukses di terapkan oleh Vietnam kala itu.

Selain kekuatan yang telah disebutkan di atas, ada kekuatan TNI yang memang benar-benar diakui kehebatannya yaitu “SELALU SIAP TEMPUR”

Demikian artikel mengenai kekuatan tni di mata dunia, Semoga informasi yang ada di aetikel ini dapat bermanfaat untuk anda