Sponsors Link

Inilah 3 Peristiwa Penyimpangan Terhadap Nilai Nilai Pancasila Paling Penting

Sponsors Link

Apa Anda tahu apa saja peristiwa penyimpangan terhadap nilai nilai pancaila? Ketika membahas tentang penyimpangan yang berkaitan dengan pancaila sudah tentu membahas tentang contoh pelanggaran nilai nilai pancasila yang memang sampai sekarang masih ada dan kemungkinan akan terus ada. Pancasila merupakan roh dari negara Indonesia yang merupakan kesepakatan bersama seluruh masyarakat Indonesia.

ads

Pancasila sudah final dan tidak akan bisa diganti. Maka dari itu, siapapun yang berusaha mengganti pancaila, dia sudah jelas orang yang salah dan memang harus diberi hukuman sesuai dengan pelanggaran yang berlaku. Pancasila ada bukan hanya sekedar simbol negara. Pancasila harus dijadikan sebagai sandaran di dalam menjalankan segala roda kehidupan yang berkaitan dengan urusan berbangsa dan bernegara.

Meskipun begitu, masih ada berbagai peristiwa yang isinya tentang penyimpangan terhadap nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila. Tindakan seperti ini sudah tentu tidak boleh dibiarkan dan harus dilakukan tindakan pencegahan agar tidak sampai semakin membesar.

Di bawah ini kami akan menginformasikan mengenai apa saja peristiwa yang berkaitan dengan penyimmpanan nilai-nilai pancasila.

1. Pemberontakan PKI

Kita tahu bahwa PKI atau Partai Komunis Indonesia merupakan suatu gerakan yang sangat berbahaya. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengkudeta pemimpin negara dan mengganti dasar-dasar negara yang sudah disepakati. Gerakan ini dikenal dengan nama  G30 S PKI yang sampai sekarang pun masih diperingati oleh sebagian orang. Kebanyakan mereka mempeeringati hari tersebut dengan menonton film PKI untuk menumbuhkan kesadaran tentang bahayanya golongan tersebut.

Hadirnya PKI sudah tentu menyebabkan kerugian kepada semua pihak karena menggangu stabilitas negara. Namun untung saja gerakan ini berhasil dilumpuhkan. Sekarang tugas generasi muda untuk mencegah agar supaya gerakan atau paham PKI tidak sampai berkembang luas.

2. Pemberontak RMS

Pemberontakan yang dilakukan oleh RMS atau Republik Maluku Selatan juga merupakan sebuah peristiwa penyimpangan yang berkaitan dengan nilai-nilai pancasila. RMS merupakan sebuah pemberontakan yang dikepalai oleh Christian Robert Steven Soumokil pada sekitar tahun 1950 sampai dengan 1963. Pemberontakan yang dilakukan juga mengancam kedaulatan bangsa sehingga memang harus segera ditangani.

Pemberontakan ini pada akhirnya berhasil dilumpuhkan sehingga masyarakat juga bisa kembali aman di dalam beraktivitas. Meskipun sekarang ada atau tidaknya orang yang berpaham RMS. Namun bagaimana pun sebagai generasi muda benar-benar harus berjiwa pahlawan dan harus melindungi negaranya dari berbagai ancaman yang datang, khususnya ancaman tersebut berupa pemahaman.

3. Beberapa kebijakan yang ada pada masa orde lama

Peristiwa penyimpangan terhadap nilai nilai pancasila juga terjadi ketika Indonsia masih berada di jaman orde lama. Di awal kemerdekaan Indonesia ternyata sudah terjadi beberapa peristiwa yang mengakibatkan penyimpangan terhadap nilai-nilai yang ada pada pancasila.

Salah satu penyimpangan tersebut adalah ketika ditetapkannya Presiden Soekarno sebagai presiden seumur hidup. Selain itu, penyimpangan lain yang juga terjadi adalah munculnya kebijakan untuk membubarkan DPR yang berasal dari hasil pemilu pada tahun 1955.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan kepada Anda tentang apa saja peristiwa penyimpangan yang berkaitan dengan nila-nilai pancasila. Semoga bermanfaat.

, ,
Post Date: Thursday 14th, November 2019 / 04:49 Oleh :
Kategori : Politik