Sponsors Link

8 Pengaruh Media Massa dalam Politik

Sponsors Link

Media massa mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sosial manusia. Di masa kini dengan perkembangan teknologi digital yang pesat, media massa memiliki pengaruh yang kuat terhadap kehidupan sehari-hari masyarakat di hampir segala aspek. Untuk mendapatkan berita teraktual masyarakat kini tak harus mencari media cetak, tetapi dengan mudah bisa mengakses segala sesuatu dari media digital melalui koneksi internet. Dalam hal ini, media massa memegang peranan penting dalam menyebarkan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan.

ads

Dalam bidang politik, media massa memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi para elit politik untuk menyampaikan gagasan dan mengemukakan pandangan, serta berdiskusi secara sehat. Media massa merupakan alat penyampaian informasi yang efektif dan efisien. Menurut Gurevitch dan Blumer (1990:270), media massa memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut.

1. Sebagai Pengamat Lingkungan dari Kondisi Sosial Politik yang Ada

Media massa sebagai pengamat lingkungan dari kondisi sosial politik bermakna bahwa media massa berperan sebagai alat kontrol. Dalam peranannya sebagai alat kontrol terhadap kondisi sosial politik yang ada, media massa diharapkan dapat memberikan informasi mengenai penyimpangan-penyimpangan sosial yang terjadi, dimana bisa saja penyimpangan tersebut dilakukan oleh pemerintah, swasta maupun masyarakat. Selain itu, peran media massa sebagai pengamat lingkungan sangat penting untuk sama-sama mengawasi, terutama mencegah penyebaran berita-berita yang belum tentu kebenarannya (hoaks).

Contoh-contoh penyimpangan sosial yang sering terjadi antara lain praktek KKN oleh pemerintah, perilaku masyarakat yang tidak taat hukum dan berlaku anarkis, penjualan pasir ke Singapura secara ilegal yang menyebabkan tujuh pulau tenggelam dan lain-lain. Adanya penyimpangan sosial tersebut menandakan bahwa terjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan peraturan yang ada.

2. Sebagai Pembentuk Agenda yang Penting dalam Isi Pemberitaannya

Media massa berperan dalam pembentukan opini dengan cara pembentukan agenda atau pengkondisian politik yang dapat membuat masyarakat terpengaruh untuk mengikuti dan mendukung rencana pemerintah. Sebagai contoh, iklan layanan masyarakat yang dibuat oleh pemerintah untuk mengajak masyarakat agar mengikuti apa yang sedang diprogramkan pemerintah, misalnya iklan BPJS. Contoh lain misalnya tentang wacana pembatasan subsidi BBM untuk sepeda motor dan lain-lain.

3. Platform bagi Para Politisi, Juru Bicara dan Kelompok Kepentingan

Media massa merupakan platform (batasan) dari pihak-pihak yang memiliki advokasi dengan bukti-bukti jelas bagi para politisi, juru bicara dan berbagai kelompok kepentingan.

4. Media Massa Menjadi Tempat Berdialog

Media massa terbukti mampu menjadi tempat berdialog tentang perbedaan pandangan di masyarakat atau di antara pemegang kekuasaan. Media massa memberi ruang bagi pihak-pihak untuk berdiskusi dan mengemukakan gagasan masing-masing, serta efektif menjangkau masyarakat untuk ikut mendengarkan dialog tersebut, bahkan ikut berpartisipasi dalam dialog tersebut. Media massa berperan sebagai sarana untuk menampung berbagai pendapat, pandangan dan paradigma masyarakat yang ingin berpartisipasi dan ikut andil dalam membangun sistem politik yang lebih baik.

5. Media Massa Bagian dari Mekanisme Penguasa untuk Mempertahankan Kedudukan

Media massa dapat dijadikan alat politik untuk mempertahankan kedudukan bagi para penguasa. Melalui media massa, penguasa dapat mengungkapkan berbagai informasi yang menunjukkan keberhasilan pemerintah dalam menjalankan program atau kebijakan.

Jika dahulu Presiden Soeharto sering memanfaatkan media massa untuk menyampaikan keberhasilan pemerintah, di masa kini beberapa petinggi politik justru memiliki bisnis media massa dan hal tersebut sering kali mempengaruhi tajuk berita terutama pada masa-masa menjelang pemilu. Akibatnya terjadi perang media karena masing-masing kubu ingin mempertahankan kedudukan.

6. Media Massa Insentif untuk Publik

Media massa secara tidak langsung berperan dalam mendidik masyarakat untuk belajar, memilih dan ikut serta dalam kegiatan politik, misalnya dalam menentukan kebijakan politik. Masyarakat dapat berpartisipasi dalam menentukan kebijakan politik melalui media massa dengan cara mengikuti poling jajak pendapat atau dialog interaktif yang kerap diadakan oleh stasiun TV. Hasil dari poling yang diikuti masyarakat bisa memberikan gambaran arah kebijakan yang akan diambil politisi.

7. Media Massa Menjadi Penentang Utama

Media massa bisa menjadi penentang utama terhadap semua upaya dari kekuatan-kekuatan yang datang dari luar. Kekuatan-kekuatan yang datang dari luar ini dapat menyusup ke dalam dan mengganggu kebebasan, integritas dan kemampuan pemerintah dalam melayani masyarakat. Nah, media massa berperan dalam mengungkapkan fakta dan kebenaran tentang apa yang sebenarnya terjadi sehingga dapat menyadarkan masyarakat tentang adanya kekuatan-kekuatan dari luar seperti terorisme, premanisme atau intimidasi dari pihak-pihak yang mencoba mengganggu stabilitas.

8. Media Massa Memiliki Rasa Hormat

Media massa memiliki rasa hormat kepada masyarakat dalam perannya membuat sesuatu menjadi masuk akal di lingkungan politik. Media massa memberikan gambaran sehingga ada kecenderungan dalam menilai para politisi, komunikator politik dan aktivis sebagai pihak yang selalu bicara kepada publik.

Fungsi media massa dalam kaitannya sebagai alat politik, memberi pengaruh yang besar dalam pemerintahan. Media massa dapat menggiring opini publik dan mempengaruhi keputusan politik. Apalagi dengan adanya kebebasan pers, media massa memiliki kemampuan untuk mengubah pandangan politik masyarakat.

Namun di sisi lain, media massa juga dapat dimanfaatkan oleh para elit politik dan pihak-pihak yang berkepentingan dalam mengkampanyekan program-program pemerintah ataupun bertujuan untuk menciptakan pencitraan yang baik dari para elit politik. Dengan kata lain, pers memiliki peran yang sangat penting sebagai sarana komunikasi politik untuk menyampaikan berbagai kebijakan kepada masyarakat.

, , , , , ,
Post Date: Friday 13th, September 2019 / 08:37 Oleh :
Kategori : Politik