Sponsors Link

Contoh Pelanggaran Norma Sosial

Sponsors Link

Contoh Pelanggaran Norma Sosial merupakan kajian topik yang akan kita bahas . Norma (norm) adalah aturan-aturan yang berlaku dalam kehidupan masyarakat yang disertai dengan sanksi atau ancaman apabila tidak melakukannya. Norma sosial adalah kebiasaan umum yang menjadi patokan perilaku dalam suatu kelompok masyarakat dan batasan wilayah tertentu. Norma akan berkembang seiring dengan kesepakatan-kesepakatan sosial masyarakatnya, sering juga disebut dengan peraturan sosial. Norma menyangkut perilaku-perilaku yang pantas dilakukan dalam menjalani interaksi sosialnya.

ads

Norma sosial merupakan sebuah pakem, yang di dalamnya berisi batasan batasan apa yang boleh di lakukan dan tidak. Umumnya norma sosial terdiri dari norma yang berkaitan dengan cara, kebiasaan, adat, serta juga norma kesusilaan. Setiap norma yang ada memeiliki hal yang terkait satu sama lain, serta juga merupakan pijakan agar tidak melakukan hal yang di luar batas. Sehingga kemudian jika terdapat perbuatan yang dilakukan di luar batasan tersebut maka tentu hal ini menjadi dikategorikan pelanggaran norma.

Bicara mengenai pelanggaran tersebut, tentunya ada perbuatan yang termasuk dalam kategori pelanggaran norma sosial. Untuj membahaanya lebih dalam berikut 10 contoh pelanggarab norma sosiak dalam kehidupan masyarakat.

  1. Pelanggaran Etika dan Sopan Santun

Sopan santun tata krama dan etika merupakan satu kesatuan yang melekat terutama dalam adat budaya ketimuran. Bagi bangsa indonesia sopan santu merupakan hal yang paling utama dan dianggap paling prestisius. Sebab nilai nilai kesopanan dan etika ini merupakan simbol yang menjadi ciri khas. Namun seiring dengan berjalannya waktu nilai kesopanan dan etika tidak lagi dianggap penting. Bahkan nilai nilai ini semakin tergantikan dengan adat budaya kebaratan yang mulai masuk dan meracuni para generasi muda.

2. Tidak Mengucapkan Salam saat Memasuki Kediaman Orang Lain

Sudah sangat lumrah jika kemudian saar kita bertamu harus mengucapkan salam. Ini merupakan sebuah nilai yang diturunkan turun temurun dan sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Namun, tentunya hal ini merupakan hal yang sudah menjadi nilai kesopanan. Sehingga tidak mengucapkan salam saat masuk ke rumah merupakan bentuk pelanggaran norma sosial. Sebab hal ini merupakan hal yang tidak umum dilakukan.

3. Pembunuhan

Pembunuhan merupakan contoh pelanggaran norma sosial yang ketapn terjadi di masyarakat. Bahkan saat ini angka kriminalitas pada kasus pembunuhan semakin meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa saat ini telah terjadi krisis yang menyebabkan berbagai bentuk pelanggaran norma sosial. Dalam kasus ini tentu kita tidak boleh mengabaikan bahwa norma sosial yang berlaku harusnya mampu memberikan batasan batasan terhadaptindakan dan perilaku kesewenang wenangan. Nakun yang justru terjadi malahan angka pembunuhan relatif terus meningkat.

4. Tindakan Pemerkosaan

Satu lagi bentuk pelanggaran norma sosial bidang kesusilaan yang akhir akhir ini cukup menyita perhatian dan memprihatinkan. Tindak pemerkosaan banyak menuai kecamana sebab hal ii merupakam bentuk kejahata seksual yang amat luar biasa dan harus diberikan hukuman yang setimpal. Bajkan kejahatan ini juga kerap diiringi dengan tindakan kekerasan secara fisik hingga bahkan berujuang kepada hilangnya nyawa korban. Tentu saja hal ini merupakan sesuatu yang memperihatikan dan patut menjadi perhatian, sebab wanita yang menjadi korban merupakan kelompok yang lemah dan membutuhkan perlindungan dari aparat penegak hukum dannjuga lingkungan keluarga sekitar.

Sponsors Link

5. Menikahi Saudara Kandung

Dalam tata aturan hukuk istiadat kita sangat mengenal istilah kekerabatan. Dimana hujumnya sangat dilarang untuk menikah dengan saudara yang masih sedarah. Bukan hanya berkenaan dengan norma sosial namun norma agama juga mengecam hal ini. Selain itu terdapat pendapat juga dari sisi kesehatan yang menyatakan bahwa pernikahan dengan saudara kandung atau saydaara sedarah tidak dapat dilakukan sebab dapat menimbulkan resiko terhadap keturunan yang nantinya akan dilahirkan.

Oleh sebab itu maka, perbuatan menikasi saudara kandung dipandang sebagai bentuk oelanggaran norma sosial. Sebab hal ini tidak sesuai dengan aturan adat istiadat serta juga aturan norma agama yang berlaku dinegara kita. Maka dalam sebuah pernikahan ukerabatan selalu menjadi hal utama yang akan dikaji. Unsur kekerabatan menkafinprioritas utama untuk dipertimbangkan saat akan dilakukan pernikahan agar mengjindari hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

6. Tidak Mematuhi Adat Istiadat Setempat yang Berlaku

Dalam tatanan aday budaya tenru kita mengenal istilah dan urutan yingkatan dalam adat. Mereka yang memiliki nama oangkat tinggi akan berada dalam jajaran ketua. Selain itu juga dalam adat istiadat ada aturan yabg tak boleh dilanggar sebab jika dilanggar maka akan dapat mendatangkan kerugian. Nah, dalam sistem kemasyarakatan kita seringkali terjadi pelanggaran atura nterhadao adat istiadat. Hal inilah yang kemudian merupaka  bentuk pelanggaran norma sosial dalam lingkungan masyarakat adat.

Sponsors Link

7. Melanggar Lalu Lintas

Pelanggaran lalu lintas merupakan salah datu bentuk pelanggaran norma sosial dalam bidang hukum. Anda mungkin akan menganggapnya sepele atau bahkan tidak menyangkan bahwa tindakan anda selama ini yang ketap tidak mematuhi aturan lalu lintas merupakan sebuah bentuk pelanggaran terhadap norma sosial. Jika ditelaah lebih dalam bahwa pelanggaran terhadap lalu lintas kaitannya adalah dengan kesadaran masyarakat untuk mematuhi aturan dalam berkendara.

Disisi lain, ketika pelanggaran ini terjadi maka tentu kesadaran untuk mematuhi hal tersebut menjadi hilang. Padahal dalam peraturan lalu lintas hal tersebut merupajn sebuah bentuk batasan. Pelanggaran terhadao batasan ini yang memang sudah tidak boleh dilakkukan namun tetap dilanggar maka inilah yang kemudian masuk kedalam kategori pelanggaran norma sosial.

.8 Diskriminasi

Mengohrmati orang lain merupakan sebuah ajaran yang sifatnya berhubungan dengan kebiasaan. Dimana pengjormatan terhadap orang yang lebih tua patut dilakukan sebagaimana apa yang menjadinajaran dan juga warisan turin temurin. Namun, pada kenyataannya tindakan diskriminasi dengan mendiskreditkan oralain berdasarkan keoada status sosial dan juga kemampuan ekonominya menjadi hal yang patut mendapat perhatian. Terlebih lagi dalam beberapa kasus  seperti penanganagan dan pelayanan publik dan juga peradilan.

Dimana mereka dengan kemamouan ekonomi dan status sosial yang rendah akan dibedakan dengan mereka yabg notabene lebih berduit. Terang saja maka tindakan ini merupaka  sebuah  bentuk pelanggaran terhadao norma sosial di masyarakat. Jika tidak ditangani maka tentu akan membawa dampak yang sangat besar  Sebab hal inu mengindikasikan adanya praktik prakyik kecurangan dan juga keadilan sosial yang tak dapat diwujudkan.

Itulah tadi, 8 contoh pelanggaran norma sosiala di masyarakat. Semoga dapat betmanfaat.

, , ,
Post Date: Friday 16th, November 2018 / 08:29 Oleh :
Kategori : Hukum