Sponsors Link

11 Contoh Pelanggaran Etika Bisnis Dalam Perusahaan Yang Mengemparkan

Sponsors Link

Contoh Pelanggaran Etika Bisnis Dalam Perusahaan menjadi salah satu kasus yang paling banya di bicarakan. Sebagaimana kita tahu bahwa dunia bisnis sangatlah erat kaitannya dengan persangan. Bahkan bisa dikatakan rata rata para pelaku bisnis kerap menggunakan cara cara ilegal yang tidak sehat demi dapat memajukan bisnisnya. Maka tidak salah jika bisnis merupakan salah satu jenis usaha yabg dekat dengan cara cara kotor. Hal tersebut sudah umum dan bukan lagi menjadi sebuah rahasia. Baik bisnis kecil hingga bisnis besar selalu berupaya untuk memajukan dan mengembangkan usahanya meskipun melalui jalan yanh ilegal.

ads

Maka ketika kita berbicara mengenai etika bisnis hal itu menjadi sesuatu yanh dianggap hal yang lumrah. Meskipun begitu pada dasarnya dalam sebuah bisnis tetaplah harus menjunjung tinggi etika bisnis sebagaimana contoh konflik budaya di indonesia . Dengan demikian maka tentu semua bisnis akan dapat berjalan selaras dan seimbang, sehingga tentunya hal ini akan memberikan dampak terhadap siklus dan perkembangan perekonomian yang sehat. Jika etika bisnis tidak dijunjung maka tentu akan dapat berimbas kepada perusahaan dan merk yang diusung sebagimana contoh pelanggaran konstitusi .

Namun, pada kenyataannya banyak sekali kasus kasus pelanggaran terhadap etika bisnis. Terutama yang banyak dilakukan oleh perusahaan perusahaan besar hingga kecil. Dampaknya tentu akan merugikan perusahaan tersebut baik secara materiil maupun non materiil. Sebab selain mencoreng merk dan perusahaan pelanggaran terhadap etika bisnis juga akan berdampak pada citra perusahaan tersebut, sehingga akan berpengaruh kepada kepercayaan konsumen dan pihak investor. Nah, dalam artikel ini telah dikelompokkan 11 contoh pelanggaran etika bisnis dalam perusahaan yang menggemparkan.

  •  Enron

Praktik akuntansi dan manipulasi pasokan energi yang diajukan menurunkan perusahaan ini. Enron: Orang-orang Tercerdas di Ruang adalah film dokumenter yang sangat bagus yang menjelaskan skandal tersebut.

  • Monsanto

 Monsanto telah dikritik karena ukurannya yang mega. Kritikus khawatir bahwa mereka mengambil alih persediaan makanan dan juga menciptakan masalah lingkungan yang negatif. Simak Kode Etik Monsanto untuk Chief Executive dan Senior Financial Officers.

  • Anton Andreson

Arthur Andersen dikenal karena praktik audit yang tidak etis. Simak Kejatuhan Arthur Andersen untuk rincian lebih lengkap.

  • WallMart

Studi telah menunjukkan bahwa WalMart dapat menghemat uang orang tapi mungkin juga berdampak negatif pada masyarakat. Harga rendah mereka mungkin juga merugikan pemasok.Perusahaan menerima kritik saat kepemimpinan mengumumkan bahwa mereka ingin mempekerjakan karyawan yang lebih sehat dan produktif. WalMart telah dituduh anti serikat pekerja dan telah bertahan dari skandal keringat dan diskriminasi. Lihat Pernyataan WalMart Mengenai Kode Etik .

  • Seluruh Negara

 Perusahaan menawarkan pinjaman subprime yang kemudian mengakibatkan gagal bayar. Kritikus telah mengklaim bahwa karyawan Countrywide memberi tahu klien bahwa propertinya akan meningkat nilainya dan pinjaman mereka dapat dibiayai kembali saat nilai pasar meningkat. Nilai pasar menurun menyebabkan banyak kehilangan rumah mereka. Lihat Kode Etik di Seluruh Negara .

  • Beenchut

Etika Beechnut dipertanyakan saat diketahui bahwa mereka menjual “jus apel” ke negara-negara asing yang mengandung sesuatu yang kurang dari jus apel. Untuk informasi lebih lanjut tentang skandal ini, lihatlah Sejarah Beechnut dan Apple Juice Scandal .

  • Strategi Starbuck

Clustering dapat memaksa perusahaan kecil keluar dari bisnis. Ada begitu banyak Starbucks di sudut-sudut jalan sehingga film-film seperti Best In Show mengolok-olok bagaimana mungkin ada satu Starbucks tepat di seberang jalan dari yang lain. Lihat Kode Etik Starbucks untuk CEO dan Pemimpin Keuangan.

  • Nike

Praktik Manufaktur termasuk memproduksi sepatu lepas pantai untuk menghemat uang. Nike telah menggunakan pangsa sweatshop di bidang manufaktur. Mereka mendapat kecaman atas pelanggaran hak asasi manusia.

Sponsors Link

  • Kasus VW

Volkswagen mungkin adalah kasus etika bisnis terbesar tahun ini. Hal ini dikarenakan dua hal utama: pertama, VW adalah perusahaan besar, megah, dan terhormat, bukan perusahaan kemarin sore. Kedua, perusahaan tersebut tidak hanya terlibat dalam semacam kasus kecil seperti menyembunyikan atau mengotak-atik margin, akan tetapi langsung berbohong kepada regulator dan pelanggan mengenai aspek kunci dari kinerja mobilnya.

Tidak heran orang begitu tertarik membahas kebohongan yang diceritakan perusahaan tersebut. Yang mana mereka mencoba untuk mengkambinghitamkan para teknisinya, dan mencoba meyakinkan bahwa perusahaan Volkswagen tidak terlibat dalam kasus tersebut.

  • FIFA

Kasus besar lain tahun ini melibatkan sebuah organisasi yang kebanyakan tidak akan menganggapnya sebagai bisnis dalam pengertian tradisional, yaitu FIFA (the Fédération Internationale de Football Association). Badan pengatur sepak bola di seluruh dunia. Pada bulan Mei, beberapa pemimpin organisasi ditangkap karena korupsi – tapi bukan presiden bombastisnya, Sepp Blatter. Bulan berikutnya, Blatter mengundurkan diri , dan baru-baru ini dilarang, selama 8 tahun, berpartisipasi dalam kegiatan sepak bola yang terkait, oleh komite etik FIFA.

Sponsors Link

  • Panama Papers

Dalam setahun yang didominasi oleh isu hacking, Panama Papers mungkin adalah nenek moyang mereka semua, setidaknya dalam hal ukuran sebenarnya dari informasi pribadi sebelumnya yang dipublikasikan. Sebanyak 11,5 juta dokumen, yang terdiri dari 1,5 terabyte data, dicuri dari firma hukum Panama Mossack Fonseca oleh hacker yang tidak dikenal dan bocor ke konsorsium wartawan internasional. Kebocoran tersebut membuka berbagai cara di mana elit global mampu menyembunyikan kekayaan dan pendapatan mereka dari otoritas pajak dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.

Kebocoran tersebut membuat lebih banyak berita utama di luar negeri daripada di Panama Papers Amerika Serikat, misalnya, menyebabkan pengunduran diri Perdana Menteri Islandia Sigmundur Gunnlaugsson, setelah bocor tersebut mengungkapkan bahwa dia tidak mengungkapkan ketertarikannya pada perusahaan lepas pantai yang merupakan kreditur untuk bangkrutnya Bank Islandia.

Pelanggaran etika bisnis akhir-akhir ini kerap menjadi perhatian sekaligus juga menarik para pelaku bisnis sebagaiamna tujuan dan sifat hukum ketenagakerjaan . Sangat disayangkan memang jika kemudian terjadinyanpelanggaran etika ini akan berdampak sangat buruk terhadap perusahaan. Dari daftar diatas terlihat bahwa rata-rata para pelaku merupakan perusahaan perusahaan besar yang namanya sudah familiar bahkan dikenal luas oleh masyarakat. Bahkan skala perusahaan tersebut sudah dikenalnluas produknya oleh masyarakat dunia.

Maka cukup mencengangkan jika pada akhirnya merekalah yang melakukan berbagai bentuk pelanggaran terhafap etika bisnis sebagaimana contoh kasus sengketa perdata internasional . Hal ini menunjukkan bahwa dalam proses penerapannya maka sebuah perusahaan besar belum tentu mengedepankannetika dalam bisnis. Jika demikian maka tentu akan menjadi contoh buruk bagi perkembangan bisnis dunia sebagimanna contoh pelanggaran demokrasi  .

Itulah tadi, 11 contoh pelanggaran etika bisnis dalam perusahaan. Semoga dapat bermanfaat.

, , ,
Post Date: Tuesday 13th, November 2018 / 03:44 Oleh :
Kategori : Hukum