Sponsors Link

4 Ciri Politik Bebas Aktif Indonesia

Sponsors Link

Politik bebas aktif bisa diartikan sebagai politik yang tidak memihak, berdiri sendiri, namun masih melakukan kerjasama dalam beberapa hal secara positif yang mendukung kemajuan dan kebaikan setiap negara. Menurut beberapa politik bebas aktif adalah sebuah sistem politik yang tidak memihak pada salah satu kekuatan mana pun. Negara juga tidak diam saja ketika sedang terjadi suatu permasalahan sedang dialami oleh negara lain atau terjadi suatu permasalahan dunia.

ads

Sifat politik luar negeri Indonesia tidak hanya bebas dan aktif, ada beberapa hal lagi yang belum disebutkan, yakni anti kolonialisme, mengabdi pada kepentingan nasional, dan demokratis.

Secara khusus, politik luar negeri Indonesia berdasarkan beberapa dasar hukum, antara lain Pembukaan UUD 1945 pada alinea pertama dan keempat, Batang Tubuh UUD 1945, yakni pada Pasal 11 ayat 1, 2, dan 3 Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

Selain itu Pasal 13, ayat 1, 2, dan 3 Undang-Undang Dasar Tahun 1945, UU No. 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri, dan UU No. 24 tentang Perjanjian Internasional juga semakin menegaskan tentang politik Indonesia tersebut.

Politik luar negeri Indonesia memiliki prinsip saling menghormati sesuai prinsip-prinsip demokrasi Pancasila yang ada di Indonesia. Namun, secara khusus dalam membahas sifat politik luar negeri yang bebas aktif harus menjalankan beberapa ciri antara lain:

1.Indonesia Dijadikan Sebagai Subjek, Bukan Sebagai Objek

Sebagai bangsa dan negara, Indonesia harus dipandang sebagai subjek yang aktif dalam menjalankan berbagai kegiatan yang sesuai dengan hak dan kewajibannya. Bukan sebagai objek yang pasif, yang dikendalikan oleh pihak maupun kepentingan individu bahkan negara lain.

  2. Indonesia Tidak Memihak Pada Salah Satu Blok Negara

Bangsa dan negara Indonesia tidak boleh condong untuk mendukung salah satu negara yang dapat menimbulkan pecahnya konflik antar negara. Indonesia bersifat mandiri dengan prinsip dan ideologi yang diciptakan berdasarkan asas dan falsafah hidup bangsa dan negara.

  3. Indonesia Memiliki Kebebasan Untuk Menentukan Nasibnya

Sesuai dengan prinsip sebagaibangsa yang mandiri, negara Indonesia memiliki hak untuk secara bebas menentukan berbagai pilihan bagi masa depan bangsa dan negaranya, tanpa ada kepentingan dan kendali dari pihak lain atau negara lain.

  4. Mengakui Adanya Persamaan Derajat Seluruh Bangsa di Dunia

Indonesia mengakui bahwa setiap bangsa di dunia adalah sama dan setara, tidak dibedakan dan dibatasi interaksinya atas dasar, ras, suku, agama, budaya, dan kelas sosial di tiap bangsa negara yang berbeda.

Sedangkan ciri-ciri politik Indonesia yang aktif, antara lain Indonesia ikut serta dalam mencari solusi dan penyelesaian pada konflik yang terjadi antar bangsa dan negara secara adil dan damai. Artinya, Indonesia di sini selalu aktif dalam memperhatikan permasalahan dunia seperti terjadinya sebuah kejahatan, ketidakadilan dan perang dunia. Namun, tidak boleh memihak dan tetap adil.

Sponsors Link

Selain itu, Indonesia harus aktif mengikuti dan melakukan hubungan internasional. Indonesia pada posisi ini harus tetap menjalin hubungan internasional dengan berbagai negara yang berbeda, untuk menjaga kestabilan dan keamanan dunia.

Salah satu peran aktif adalah dalam menjalankan suatu kerjasama pada tingkat internasional. Demi kepentingan negara dan bangsa Indonesia untuk bertahan sebagai warga dunia dan mendapatkan pengakuan sebagai sebuah negara yang berdaulat, maka kerjasama antar negara harus tetap terjalin. Selain untuk mendapatkan pengakuan, kerjasama juga berguna untuk menjalin keharmonisan antar negara.

Apabila ada konflik yang terjadi antar negara, maka harus diselesaikan dengan cara diplomasi. Misalnya jika terdapat konflik yang melibatkan berbagai kepentingan antar negara di dunia, maka jalan yang ditempuh terlebih dahulu adalah berdiplomasi. Tidak dianjurkan menggunakan cara peran karena dapat menimbulkan konflik yang berkepanjangan dan korban jiwa. Namun, jika cara diplomasi tidak bisa dilewati maka secara terpaksa dilakukan dengan cara perang.

Dalam hal ini pihak-pihak yang dilibatkan antara lain adalah, pemerintah dan kekuatan militer. Keempat hal dari masing-masing sifat dan ciri politik bebas aktif Indonesia.

, ,
Post Date: Wednesday 30th, January 2019 / 07:25 Oleh :
Kategori : Politik