Sponsors Link

Inilah 3 Sumber Norma Kesopanan

Sponsors Link

Norma kesopanan adalah kumpulan dari beragai aturan yang diterapkan di dalam kehidupan masyarakat yang di dalamnya menyangkut cara bertingkat laku maupun bertutur kata. Norma kesopanan berasal dari kebiasaan, adat istiadat, maupun budaya atau tradisi yang dimiliki oleh suatu daerah yang terus berkembang di dalam lingkungan masyarakat sehingga lama kelamaan akan menjadi sebuah norma.

ads

Norma kesopanan juga biasanya dinamakan sebagai sopan santun pada dasarnya bersifat relatif. Ya, terkadang apa yang dianggap tidak sopan di suatu daerah, akan dianggap biasa saja di daerah yang lain. Sebaliknya, apa yang dianggap sopan atau biasa saja di suatu daerah, akan dianggap tidak sopan di tempat lain. Kesimpulannya, norma kesopanan ini berlaku dan menyesuaikan dimana norma tersebut berasal.

Sumber Norma Kesopanan

Lalu apa sih yang menjadi sumber dari norma kesopanan? Perlu Anda tahu bahwa yang menjadi sumber atau dasar di dalam menetapkan suatu norma kesopanan mungkin ada kemiripan dengan norma sosial, yaitu berasal dari pergaulan atau interaksi yang terjadi pada masyarakat. Interaksi yang dilakukan tersebut akan mengarah pada budaya, adat istiadat, maupun tradisi yang berlaku di wilayah maupun daerah tertentu.

1. Budaya

Sumber dari norma kesopanan yang pertama akan kami jelaskan adalah mengenai budaya. Budaya pada dasarnya merupakan hal-hal yang berhubungan dengan akal manusia dan budaya. Jadi, budaya ini berasal dari akal manusia itu sendiri. Jadi, budaya tersebut nanti dapat menghasilkan sebuah perilaku yang mengarah kepada tindakan atau perilaku sopan antar masyarakat.

Akan tetapi, dikarenakan budaya yang ada di daerah satu dengan daerah yang lainnya tidak sama. Hal ini juga berdampak pada tindakan atau perilaku kesopanan yang juga tidak sama.

2. Adat istiadat

Apa itu adat istiadat? Definisi dari adat istiadat merupakan gagasan kebudayaan yang di dalamnya terdapat nilai-nilai norma, budaya, hukum adat, kelembagaan, serta kebiasaan yang sudah lazim dilaksanakan oleh kelompok maupun suatu daerah. Dikarenakan adat istiadat ini juga berkaitan dengan hukum dan juga norma, maka dari sini akan lahir sebuah norma kesopanan yang harus diterapkan dan dijunjung tinggi oleh setiap individu.

3. Tradisi

Tradisi juga dinamakan sebagai kebiasaan yang merupakan suatu tindakan atau perilaku yang sudah dilakukan dalam waktu yang sangat lama dan bahkan masih tetap dilakukan hingga sekarang. Biasanya tradisi juga menjadi sebuah bagian kehidupan dari masyarakat yang nanti akan bersinergi dengan adat istiadat dan kebudayaan. Sama halnya dengan budaya, tradisi yang ada di suatu masyarakat juga biasanya tidak sama dengan di masyarakat yang lain.

Apalagi Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan tradisi. Hal ini kemudian berimbas terhadap nilai-nilai kesopanan yang berlaku dalam masyarakat tersebut. Ada mungkin yang berpendapat bahwa tindakan yang dilakukan bukan merupakan pelanggaran terhadap norma kesopanan. Namun ada juga yang berpendapat bahwa tindakan yang dilakukan sudah masuk kategori pelanggaran norma kesopanan.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan terkait apa saja sumber norma kesopanan yang harus Anda ketahui. Ingat, norma kesopanan pada suatu kelompok masyarakat cenderung tidak sama dengan kelompok masyarakat lainnya. Jadi, Anda harus berhati-hati dan sebaiknya menggali informasi terlebih dahulu tentang daerah tersebut ketika Anda berada di lingkungan baru.

,
Post Date: Monday 25th, November 2019 / 06:23 Oleh :
Kategori : Hukum