Sponsors Link

Pembahasan Lengkap Wajib Militer Korea Selatan

Sponsors Link

Wajib Militer bagi sebagian orang memang masih terdengar kurang familiar, namun bagi generasi milenial yang menyukai hiburan Korea Selatan, mulai dari serial dramanya hingga K-Popnya (music Korea Selatan) wamil atau wajib militer menjadi hal tak asing lagi. Ini dikarenakan jagad hiburan negeri Gingseng sempat ramai tentang berita wajib militer Korea Selatan yang sedang dijalani oleh para artis dan juga personil boy band ternama, misalnya G-Dragon ‘BIGBANG’.

ads

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang memberlakukan wajib militer bagi warga laki-lakinnya yang mempunyai tubuh sehat serta berusia 18 tahun hingga 28 tahun. Pasca 65 tahun perang Korea berakhir,  wamil atau wajib militer bagi setiap warga laki-laki dilaksanakan selama kurang lebih 2 tahun.

Awalnya, sebelum terjadinya perubahan Undang-Undang pendaftaran militer, usia maksimum pendaftaran wajib militer seorang laki-laki Korea yaitu 30 tahun. Namun setelah dilakukan perubahan dan sekaligus diberlakukan pada 1 Agustus 2018 menentukan jikga batas usia lelaki Korea yang bisa menunda layanan wajib militer dikurangi dua tahun atau menjadi 28 tahun.

Setelah pemberlakuan peraturan tersebut, laki-laki di Korea Selatan yang usianya lebih dari 28 tahun tidak lagi dapat menunda pendaftaran wajib militer dikarenakan alasan seperti dibawah ini, antara lain :

  • Sedang menjalankan sekolah pascasarjana
  • Saudara kandung maih berada di militer
  • Sedang dalam masa kontrak menjadi ambassador tertentu

Alasan Wajib Militer Korea Selatan

Kebijakan wajib Militer Korea Selatan terntunya memiliki landasan atau alasan diberlakukan, alasan yang mendasari setiap warga Korea berjenis kelamin laki-laki harus melaksanakan Wamil ialah sebagai cara mengatasi ancaman militer yang berkelanjutan dari negara tetangga terhadap Korea Selatan dan juga sebagai antisipasi dari serangan sejata nuklir Korea Utara yang secara tiba-tiba bisa terjadi.

Mulanya, konflik antara Korea Utara dan Korea Selatan (disebut dengan konflik Korea) terjadi akibat ancaman militer pada tahun 1950 hingga 1953, konflik ini berakhir dengan cara genjaran senjata, bukan melalui perjanjian damai. Alhasil menjadikan hubungan kedua belah pihak negara tersebut masih bersitegang hingga kini.  Maka itu, dengan adanya wajib militer diharapkan dapat membantu angkatan besenjata Korea Selatan, bila mana diperlukan dalam menghadapi gempuran negara tetangga yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Durasi Wajib Militer Korea Selatan

Wajib militer Korea Selatan mempunyai durasi pelaksanaan, jadi setiap laki-laki Korea akan menjalankan wamil hanya beberapa waktu bukan sepanjang hidpunya. Kendati bisa dibilang durasi wamil tidak terlalu panjang dan tak sebentar, namun demikian bagi sebagian orang wajib militer cukup menghabiskan waktunya, apa lagi bagi selebritis yang memiliki fans banyak.

Durasi pelaksanaan wajib militer di Korea Selatan sangat bervariatif, tergantung dari angkatan bersenjata yang menjadi markas bernaung. Bila dirata-rata waktu yang akan dihabiskan oleh peserta wamil ialah antara 21 bulan hingga 26 bulan . Agar lebih jelas, berikut merupakan penjabarannya :

  • Divisi Angakata Darat miliki durasi waktu 21 bulan
  • Divisi Angakata Udara miliki durasi waktu 24 bulan
  • Divisi Angakata Laut miliki durasi waktu 23 bulan
  • Kepolisian miliki durasi waktu 21 bulan
  • Pemadam kebakaran miliki durasi waktu 23 bulan

Akan tetapi, dari berbagai sumber menyebutkan, baru-baru ini Presiden Korea Selatan Moon Jae In memiliki rencana untuk memangkas waktu pelaksanaan wajib militer di Angkatan Darat yang saat ini berlangsung 21 bulan menjadi 18 bulan pada tahun 2022 mendatang. Hal ini dikarenakan, sebagai salah satu langkah untuk meredakan ketegangan Lintas perbatasan pasca KTT antar-Korea yang diselenggarakan pada April dan Mei 2018 kemarin.

Bila rencana tersebut jadi diterapkan, pengurangan waktu pelaksanaan tersebut akan otomatis berlaku  bagi para peserta Wajib Militer Korea Selatan yang akan masuk di Angkatan Darat pada tahun 2020 mendatang.

Syarat Wajib Militer Korea Selatan

Kendati namanya wajib militer, tidak semua lelaki Korea Selatan bisa mengikuti kegiatan yang diselenggarakan negara ini.  Terdapat aturan-aturan maupun persyaratan yang harus dipenuhi, dan berikut merupakan syarat lelaki yang wajib militer Korea Selatan, antara lain :

  • Mempunyai usia yang cukup, katagorinya yaitu 18 tahun hingga 18 tahun.
  • Sehat rohani dan jasmani.
  • Bukan sebagai orang yang pernah berjasa bagi negara.

Berbeda dengan dampak agresi militer Belandan 1 dan dampak agresi militer 2, terdapat pula syarat bagi beberapa golongan lelaki  yang tidak berkewajiban mengikuti kegiatan ini. Berikut merupakan daftaranya, diantaranya :

  • Lelaki dengan keadaan cacat.
  • Ilmuwan.
  • Kriminal.
  • Lelaki yang mengalami cidera fisik.
  • Serta pencari nafkah utama.
  • Selain itu, orang yang pernah berjasa bagi Korea Selatan juga tak diwajibkan mengikuti wamil. Contohnya yaitu atlet berprestasi di tingkat Internasional, misalanya para pemain Tim nasional Sepakbola Korea Selatan yang berhasil menembus babak semifinal Piala Dunia pada tahun 2002 silam.

Demikian merupakan ulasan mengenai wajib militer Korea Selatan. Bila mana terdapat seorang laki-laki di Korea Selatan yang masuk kedalam kriteria wamil namun mencoba menghindar untuk tidak mau melaksanakan kegiatan wamil, maka pihak pemerintah Korea Selatan telah menyiapkan kurang lebih tiga tahun hukuman penjara.

, , , ,
Post Date: Friday 02nd, August 2019 / 05:11 Oleh :
Kategori : Militer