Urutan Pangkat Tentara Nasional Indonesia yang Ada di Indonesia

Selah kita mengulas mengenai pangkat Polisi dari terendah sampai tertinggi, kita akan mengulas kembali berbagai hal yang ada dalam TNI dan kepolisian, yaitu tentang pangkat-pangkat anggota yang terdapat pada Tentara Nasional Indonesia. Perlu anda tahu bahwa tentunya ada berbagai tingkatan pangkat yang bisa saja anda dapat saat menjabat sebagai TNI. Tes fisik yang ada dan pendaftarannya yang jauh lebih rumit dari tes fisik masuk Brimob, anda akan menjabat sebagai anggota dengan pangkat yang terendah.

Anda harus mengalami kejadian penanganan konflik yang serupa seperti konflik akibat dari penyebab konflik Poso,  dan juga penyebab konflik Aceh. Konflik-koflik tadi juga menimbulkan dampak untuk TNI sendiri, misalnya penjelekkan image TNI yang dilakukan beberapa orang tidak bertanggung jawab, yang biasanya  merupakan salah satu anggota ormas. Oleh karena itu, peran anda sebagai anggota TNI sangat diperlukan, sebagai pihak sosialisasi yang baik kepada masyarakat, untuk menjelaskan berbagai hal yang bisa mencegah terjadinya konflik. Walaupun bukan merupakan kewajiban TNI, namun alangkah baiknya sebagai sesama bangsa Indonesia mencegah hal buruk yang akan terjadi pada bangsa ini.

Untuk bisa lebih paham mengenai berbagai informasi yang terdapat dalm TNI, perlunya anda lebih dulu mengetahui tingkatan-tingkatan atau jenjang yang terdapat dalam TNI. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai urutan pangkat Tentara Nasional Indonesia yang ada di Indonesia, yang hampir serupa dengan :

Tamtama

Dalam jenjang Tamtama, terdapat tiga pangkat, yaitu Prajurit Dua, Prajurit Satu, dan Prajurit Kepala. Ada sedikit perbedaan dalam TNI Angkatan Laut, yang mengubah nama Prajurit menjadi Kelasi.

  1. Prajurit Dua / Kelasi Dua

Pada pangkat terbawah dalam pangkat TNI, terdapat suatu pangkat dengan naman Prajurit Dua, atau biasa disebut Kelasi Dua pada Angkatan Laut. Pangkat ini ditandai dengan lenana garis merah pada Angkatan Darat dan Angkatan Udara. Lalu untuk Angkatan Laut sendiri ada lencana garis biru. Tanda pangkat ini biasanya dipakai di lenganpada pakaian dinas harian dan upacara, lalu untuk pakaian dinas lapangan sendiri, tanda pangkat juga diletakkan di lengan baju. Anda bisa menemukan banyak sekali polisi yang memiliki pangkat ini untuk menangani konflik seperti penyebab konflik Ambon.

  1. Prajurit Satu / Kelasi Satu

Setelah Prajurit Dua, adaalah pangkat yang bernama Prajurit Satu atau disebut Kelasi Satu di Angkatan Laut. Tanda pangkat dari pangkat Prajurit Satu ini adalah adanya dua garis merah, dan dua garis biru untuk Kelasi Satu. Untuk pemasangan tanda pangkat sendiri tetap sama seperti Prajurit Dua. Anda bisa dipromosikan dari Prajurit Dua ke Prajurit SAtu berkat berbagai aksi anda, seperti penyelesaian penyebab konflik antar suku atau penyebab konflik antar agama, dan penyelesaian masalah yang lain, anda akan berkesempatan untuk dipromosikanjenjang yang lebh tinggi, walapun perkobanan yang dibutuhkan cukup berat.

  1. Prajurit Kepala / Kelasi Kepala

Lalu ada pangkat tertinggi pada jenjang Tamtama yang ebrnama Prajurit Kepala atau Kelasi Kepala pada Angkatan Laut. Motif dari tanda pangkat ini sama dengan pangkat  Prajurit lainnya, hanya saja jumlahnya lebih banyak, yaitu tiga buah. Sama halnya dengan Prajurit Dua dan Prajurit Satu, pemasangan tanda pangkat tetap pada lengan baju pada di pakaian dinas lapangan, atau dinas upacara/harian.

[AdSense-B]

Tamtama Kepala

Lebih tinggi dari Tamtama, terdapat jenjang yang selanjutnya ang sering disebut dengan jenjang Tamtama Kepala, yang berisikan tiga pangkat utama, yaitu :

  1. Kopral Dua

Untuk mengawali jenjang Tamtama Kepala, ada pangkat Kopral Dua. Bentuk dari tanda pangkat ini berbeda dengan pangkat-pangkat yang terdapat pada jenjang Tamtama. Pada Kopral Dua ini terdapat satu buah tanda V berwarna merah. Walaupun begitu, pemasangan tanda pangkat ini tetap sama dengan jenjang Tamtama. Pangkat ini juga bisa turut meredakan masyarakat yang terkena dampak konflik agama.

  1. Kopral Satu

Selanjutnya adalah pangkat Kopral Satu, yang berada di atas pangkat sebelumnya, yaitu Kopral Dua. Pangkat ini disertai dengan tanda V berwarna merah berjumlah dua buah. Sama seperti pangkat-pangkat sebelumnya, pemakaian tanda pangkat tadi tetap pada lengan baju, pada pakaian dinas upacara atau dinas lapangan.

  1. Kopral Kepala

Pangkat tertinggi dari jenjang Tamtama Kepala adalah Kopral Kepala yang membawahi seluruh jenjang Tamtama di bawahnya. Tidak ada perubahan bentuk dalam tanda pangkat, tetap seperti sebelumnya yaitu tanda V berwarna merah, hanya saja jumlahnya lebih banyak dari yang lainnya yakni tiga buah. Tanda pangkat tadi tetap dipakai pada lengan baju saat menghadiri upacara, atau saat melangsungkan dinas lapangan. Sebagai informasi tambahan saja untuk anda, setelah anda berhasil lolos dalam pendaftaran tentara yang anda inginkan serti syarat masuk TNI Angkatan Laut, syarat Angkatan Udara  ataupun syarat masuk TNI Angkatan Darat Kopassus, yang mana tentunya lebih sulit dari cara masuk Brimob dan syarat pendaftaran Polwan

[AdSense-A] Bintara

Dalam jenjang bintara, terdapat jumlah pangkat yang lebih banyak dari kedua jenjang dibawahnya, yaitu berjumlah 4 pangkat, antara lain :

  1. Sersan Dua

Memasuki jenjang Bintara, terdapat Sersan Dua sebagai pemulainya.Tanda dari pangkat ini adalah sebuah tanda V berwarna emas dengan background berwarna hijau untuk Angkatan Darat, biru tua untuk Angkatan Udara, dan biru muda untuk Angkatan Laut. Tanda tersebut biasanya akan diletakkan di lengan baju pada seragam dinas upacara, dinas harian, dan dinas lapangan.

  1. Sersan Satu

Pangkat yang lebih tinggi dari Sersan Dua adalah Sersan Satu, ditandai dengan tanda pangkat dengan bentuk yang sama, yaitu tanda V berwarna emas. Hanya saja, jumlahanya bertambah menjadi dua. Untuk pemakaiannya tetap, pada lengan baju.

  1. Sersan Kepala

Selanjutnya ada Sersan Kepala yang membawahi kedua pangkat tadi yaitu Sersan Dua dan Sersan Satu. Pangkat ini ditandai dengan tanda huruf V berwarna emas dengan jumlah sebanyak tiga buah. Namun Sersan Kepala di sini bukanlah pangkat yang tertinggi di sini, bukan seperti Kopral Kepala dan Prajurit Kepala.

  1. Sersan Mayor

Inilah pangkat yang tertinggi pada jenjang ini yaitu Sersan Mayor, yang membawahi Sersan Kepala sekaligus seluruh Sersan pada jenjang ini. Ditandai dengan huruf V berwarna emas berjumlah paling banyak, yaitu empat buat.Tanda pangkat tadi dipakai di lengan baju, sama halnya dengan yang lain.

Bintara Tinggi

Dalam jenjang Bintara Tinggi  ini hanya terdapat duaangkat utama, yakni :

  1. Pembantu Letnan Dua

Pangka yang pertama yaitu Pembantu Letnan Dua. Pangkat ini memiliki tugas sama seperti yang tercantum pada namanya. Ditandai dengan pangkat dengan bentuk seperti huruf M, dengan backgrounfd hijau muda untuk Angkatan Darat, biru tua untuk Angkatan Udara, dan biru muda untuk Angkatan Laut. Untuk pemakainnya sendiri ada perbedaan, yaitu pada pakaian dinas upacara dan dinas harian akan diletakkan pada pundak. Lalu untuk pakaian dinas lapangan, akan diletakkan pada kerah baju. Peraturan pemakaian tanda ini akan tetap berjalan sampai dengan Pangkat Kehormatan.

  1. Pembantu Letnan Satu

Setelah Pembantu Letnan Dua ada yang lainnya yaitu Pembantu Letnan Satu. Ditandai dengan tanda bentuk huruf M, namun berjumlah dua buah. Untuk pemakainnya sama dengan pangkat sebelumnya. Untuk bisa meraih ini anda perlu mengikuti segala prosedur kenaikan pangkat yang ada, selain itu ada juga oerlu mengikuti berbagai tes yang berat, yang dapat anda temukan di tes masuk TNI Angkatan Udara dan tes masuk TNI Angkatan Laut.

Perwira Pertama

Setelah dipromosikan dari jenjang Bintara, maka anggota akan masuk ke dalam jenjang baru yang disebut dengan Perwira. Ada tiga jenjang perwira yaitu Perwira Pertama, Perwira Menengah, dan Perwira Tinggi. Agar lebih jelas lagi, mari kita bahas pangkat-pangka yang terdapat dalam Perwira Pertama :

  1. Letnan Dua

Di posisi terakhir ada Letnan Dua, yang masuk pada posisi akhir pada jenjang Perwira Pertama. Pangkat ini memiliki tanda garis berwarna emas berjumlah satu buah, yang nanti diletakkan pada kerah dan pundak pakaian dinas. Biasanya, letnan mengadakan suatu pertemuan dengan masyarakat untuk menyampaikan pesan-pesan dengan tujuan mempererat persaudaraan. Masyakarat yang masih kurang mendapat pengendalian konflik sosial yang baik  bisa menjadi sumber sasaran.

  1. Letnan Satu

Lalu ada Letnan Satu, terletak di atas Letnan Dua. Ditandai dengan bentuk pangkat yang kurang lebih sama, yaitu tanda garis / balok berwarna emas, namun jumlahnya dua.

  1. Kapten

Kapten merupakan pangkat tertinggi pada jenjang Perwira Pertama. Pangkat kapten ini ditandai dengan balok emas berjumlah tiga buah, yang juga memiliki background yang sama dengan pangkat-pangkat di jenjang Bintara dan Bintara Tinggi.

Perwira Menengah

Setelah membahas mengenai Perwira Pertama, kita akan melanjutkan kepadanjang yang berada pada level tengah di jenjang Perwira, yaitu Perwira Menengah. Dalam Perwira Menengah terdapat tiga pangkat utama, yaitu :

  1. Mayor

Merupakan pangkat terendah dalam jajaran jenjang Perwira Menengah, terletak di bawah Letnan Kolonel. Ditandai dengan lambang tunas bunga berwarna emas. Pangkat ini setara dengan Komisaris Polisi pada Kepolisian RI.

  1. Letnan Kolonel

Selanjutnya ada Letnan Kolonel, yang terletak di atas Mayor dan di bawah Kolonel. Ditandai dengan lambang tunas bunga berwarna emas berjumlah dua buah, terletak vertikal.

  1. Kolonel

Di posisi puncak pada jenjang Perwira Menengah ini ada Kolonel yang terletak di atas Mayor adan Letnan Kolonel. Pangkat ini ditandai dengan tiga buah tunas bunga berwarna emas dan setara dengan pangkat Komisaris Besar Polri.

Perwira Tinggi

Setelah menjejaki kedua jenjang sebelumnya dalam keperwiraan, akhirnya tiba saatnya untuk ada pada jenjang yang terakhir dalam Perwira, yang biasa disebut dengan Perwira Tinggi. Masing-masng dari TNI AD, AL, maupun AU memiliki sebutan yang berbeda-beda untuk posisi dalam Perwira Tinggi ini

  1. Brigadir Jenderal (AD) / Laksamana Pertama (AL) / Marsekal Pertama (AU)

Merupakan pangkat yang terendah dalam jenjang Perwira Tinggi, dan memiliki nama yang berbeda pada tiap-tiap sektor Tentara Nasional Indonesia. Ditandai dengan lambang bintang emas yang akan diletakkan pada pundak atau kerah baju

  1. Mayor Jenderal / Laksamana Muda / Marsekal Muda

Di atas pangkat Brigadir Jenderal ada pangkat yang lebih besar yakni Mayor Jenderal yang ditandai dengan dua buah bintang emas.

  1. Letnan Jenderal / Laksamana Madya / Marsekal Madya

Di posisi kedua ada Letnan Jenderal yang letaknya di bawah Jenderal dan di atas Letnan Jenderal. Pangkat ini ditandai dengan tiga buah lambang bintang berwarna emas

  1. Jenderal / Laksamana / Marsekal

Lalu yang tertinggi pada jenjang ini adalah Jenderal. Tanda dari pangkat ini adalah empat buah tanda bintang berwarna emas yang biasanya akan dipakai oleh seorang Panglima TNI.

[AdSense-C]

Pangkat Kehormatan

Merupakan puncak dari pangkat-pangkat lainnya, memiki posisi paling atas dalam segala sektor TNI, dan merupakan pimpinan dari jenjang-jenjang di bawahnya. Seperti halnya dengan jenjang Perwira Tingi, sebutan untuk Pangkat Kehormatanari TNI AD, AL, dan AU juga berbeda-beda.

  1. Jenderal Besar (AD) / Laksamana Besar (AL) / Marsekal Besar (AU)

Pangkat ini merupakan pangkat yang paling tinggi yang tentunya bisa dicapai oleh seorang perwira. Tanda penghargaan luar biasa untuk pangkat ini adalah lambang bintang berjumlah lima buah. Tidak setiap orang bisa mendapatkan pangkat ini, kecuali mereka telah melakukan jasa yang besar terhadap negara. Sebagai contoh, hanya ada tiga orang saja yang pernah memakai pangkat ini, mereka adalah Soedirman, A.H Nasution, dan Soeharto.