Sponsors Link

3 Tujuan Politik Etis dalam Pemerintahan Sebuah Negara

Sponsors Link

Apa sih tujuan politik etis atau yang juga dinamakan politik balas budi? Seseorang yang berjasa di dalam mencetuskan sebuah terobosan ini adalah Van Deventer. Dia menyarankan kepada Pemerintah Belanda untuk lebih memperhatikan kondisi masyarakat Indonesia. Alasannya karena keuangan dan apapun yang dimiliki oleh Belanda saat ini tidak bisa lepas dari peran masyarakat Indonesia, khususnya yang sudah diberlakukan sistem tanam paksa.

ads

Dari sini kemudian muncul niatan untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia yang selanjtunya dicetuskan istilah politik etis. Politik etis ini bermaksud sebagai bentuk balas budi atas apa yang sudah dilakukan oleh masyarakat pribumi (sebutan masyarakat asli Indonesia).

Politik etis atau politik balas budi tersebut memiliki beberapa tujuan atau yang menjadi fokus Pemerintah Belanda. Lalu apa saja tujannya tersebut? Berikut ini jawabannya.

1. Pendidikan (Edukasi)

Tujuan pertama dari dicetuskannya politik etis adalah untuk membantu meningkatkan SDM masyarakat Indonesia. Belanda memang serius terhadap hal ini dimana mereka membangun banyak sekali sekolah yang diperuntukkan bagi bangsa Indonesia. Meskipun di dalam penerapannya sekolah tersebut kelasnya harus dibagi lagi berdasarkan status sosial dari masing-masing siswa.

Sekolah yang dibangun oleh Belanda bukan hanya jenjang SD, melainkan sampai jenjang SMU dan bahkan sampai mendirikan Sekolah Tinggi teknik dan Pertanian. Adapun untuk mata pelajaran yang diajarkan diantaranya: membaca, menulis, berhitung, ilmu alam, ilmu bumi, dan lain sebagainya.

2. Pengairan (Irigasi)

Tujuan dari politik etis yang kedua adalah berkaitan dengan sistem pengairan atau irigasi. Semua orang tahu bahwa irigasi merupakan sarana yang sangat vital dalam urusan pertanian dan berbagai keperluan sehari-hari. Pemerintah Belanda sudah membangun sistem irigasi di tahun 1885. Salah satunya adalah pembangunan irigasi yang ada di Demak dan Berantas yang mencapai 96.000 bau.

Kemudian di tahun 1902 Pemerintah Belanda juga berhasil membangun saluran irigasi sebanyak 173.000 bau. Dengan adanya irigasi yang baik, maka tanaman semakin subur dan pada akhirnya secara tidak langsung hal ini juga telah memberikan banyak keuntungan bagi Belanda.

3. Perpandahan Penduduk (Transmigrasi)

Lalu apa tujuan yang terkandung di dalam transmigrasi ini? Perlu Anda tahu bahwa tanah yang ada di Jawa yang kemungkinan belum atau tidak diolah menjadi perkebunan, bisa diolah menjadi berbagai hal yang tentunya menghasilkan keuntungan yang besar. Selain itu, tujuannya juga membantu mengurangi kepadatan penduduk di Pulau Jawa.

Sekitar awal abad ke 19, terjadinya transmigrasi yang dilakukan oleh masyarakat Jawa Tengah menuju Jawa Timur karena adanya perluasan perkebunan tembakau dan juga tebu. Sementara perpindahan masyarakat yang berasal dari Jawa menuju Sumatera adalah disebabkan oleh permintaan terhadap permintaan yang besar akan kebutuhan tenaga perkebunan yang ada di Sumatera Utara, khususnya Deli. Sementara untuk perpindahan menuju Lampung adalah karena kebuthan menetap.

Demikian penjelasan dari kami mengenai apa saja tujuan utama politik etis. Bisa kita simpulkan bahwa tujuan tersebut adalah untuk bisa memajukan tiga hal penting dimana Belanda telah memberikan sarana pendidikan, pengairan, dan juga transmigrasi. Sekilas hal ini sepertinya merupakan jasa atau tindakan positif, namun lebih kepada itu di dalamnya memuat unsur kelicikan dimana semuanya akan tetap kembali kepada Belanda.

, ,
Post Date: Wednesday 30th, October 2019 / 08:33 Oleh :
Kategori : Politik