Sponsors Link

4 Tujuan Norma Agama dalam Kehidupan

Sponsors Link

Apa saja norma agama? Sebelum itu Anda harus paham terlebih dahulu apa itu norma agama. Norma agama merupakan salah satu dari norma yang berlaku di Indonesia. Sesuai dengan namanya, norma agama merupakan norma yang isinya tentang peraturan dan pedoman yang berdasarkan ajaran agama. Norma agama merupakan norma dasar yang mengatur seluruh kehidupan manusia yang kemudian diturunkan menjadi norma-norma yang lainnya.

ads

Norma agama merupakan norma yang berasal dari kitab suci sehingga tingkat kebenarannya sudah absoult. Setiap norma memang tujuannya masing-masing, termasuk juga dengan norma agama. Pada dasarnya tujuan dari norma agama adalah agar kehidupan manusia sesuai dengan ketentuan yang diterapkan oleh agama. Selain itu, norma agama juga dimaksudkan agar seseorang mampu terhindar dari hal-hal yang dilarang oleh agama yang bisa menyebabkan hidup menjadi tidak berkah.

Di bawah ini kami akan menjelaskan tentang apa saja tujuan yang dimiliki oleh norma agama. Setelah mengetahui informasi ini diharapkan Anda bisa bisa memahami bahwa tujuan norma agama sebenarnya sama dengan tujuan yang dimiliki oleh norma yang lainnya.

1. Agar hidup manusia aman dan tentram

Tujuan yang pertama dari adanya norma agama adalah untuk membuat kehidupan manusia menjadi aman dan tentram. Perlu Anda tahu bahwa tujuan seseorang memeluk agama adalah untuk memperoleh ketentraman dunia dan akhirat. Jika seseorang menjalankan hidupnya sesuai dengan norma agama, maka sudah tentu kehidupannya akan selalu diselimuti oleh ketentraman dan hati yang damai.

Namun berbeda ketika kehidupan seseorang jauh dari norma agama. Dia hanya akan menjalani kehidupan yang tidak berkah dan hanya akan merugikan dirinya sendiri maupun orang lain. Maka dari itu, norma agama harus benar-benar dijalankan sepenuhnya demi kebaikan dunia dan akhirat.

2. Memperoleh pahala sebanyak-banyaknya

Tujuan kedua dari penerapan norma agama ini adalah agar supaya manusia mampu memperoleh pahala sebanyak-banyaknya dengan menerapkan norma agama sesuai dengan ajaran agamanya. Norma agama menyediakan berbagai macam cara yang bisa dilakukan oleh penganut agama tersebut demi tujuan untuk mendapatkan pahala dan pada akhirnya dia akan memperoleh balasan terbesar, yakni surga.

3. Menciptakan kehidupan yang damai antar sesama manusia

Seperti yang kami jelaskan bahwa setiap norma sebenarnya memiliki tujuan yang tidak berbeda. Untuk tujuan ketiga ini mungkin juga akan Anda temukan pada norma sosial dan norma adat istiadat. Ketiga norma ini jika dijalankan memang akan menyebbakan kehidupan antar sesama manusia menjadi damai dan tentram tanpa adanya konflik.

Menerapkan norma agama pun juga akan mengajarkan toleransi tingkat tinggi antara manusia yang berbeda agama. Jadi, jangan berpendapat bahwa ketika seseorang menjalankan norma agama. Maka orang yang beragama lain tidak perlu dihormati.

4. Menjadi pribadi yang agamis

Tujuan norma agama yang keempat adalah untuk menjadikan seseorang menjadi pribadi yang agamis. Seseorang yang selalu mewarnai kehidupannya dengan aturan-aturan dan perintah di dalam norma agama. Maka orang tersebut akan menjadi seseorang yang agamis dan akan disegani oleh siapapun. Bahkan orang tersebut akan terus dihormati oleh orang beragama lain karena kepatuhannya di dalam menjalankan nilai-nilai agamanya.

,
Post Date: Tuesday 19th, November 2019 / 05:37 Oleh :
Kategori : Hukum