Sponsors Link

Strategi Pemenangan Pemilu yang Fair dan Efektif

Sponsors Link

Negara kita adalah salah satu negara demokratis, yang sangat membutuhanmasyarakat. Walaupun dilengkapi dengan angkatan darat terkuat di ASEAN dan militer terkuat di Asia Tenggara, negara kita tidak ada apa-apanya tanpa dukungan dari rakyatnya. Contoh kecil saja dapat kita ambil dari Pemilu, pemilihna umum untuk memilih seorang kepala daerah, entah itu utk daerah kota, provinsi, maupun untuk memilih presiden sekalipun. Banyak sekali persaingan positif yang dikeluarkan oleh calon-calon yang akan kita pilih nanti, seperti mengeluarkan berbagai inovasi dan ide untuk membuat lingkungan daerah tsebut lebih baik lagi dengan usulan yang dikeluarkannya.

ads

Itu tadi merupakan salah satu contoh baik dan merupakan strategi untuk memenangkan pemilihan seara umum. Namun, hal tersebut bisa menjadi buruk apabila tidak diimbangi dengan realisasi. Masyarakat akhirnya berusaha menuntut janji-janji tadi, dan akan berujung pada penyebab pelanggaran HAM vertikal seperti yang bisa kita lihat pada sekitar kita. Untuk mencegah hal itu terjadi, maka anda yang ingin sekali mendaftarkan diri sebagai salah satu calon pemimpin nti harus bisa berusaha untuk memahami berbagai strategi yang ada dan  memilah manakah yang paling sesuai dengan anda. Selain itu, anda juga harus menghindari jalan pintas yang ditawarkan oleh suatu oknum, menggunakan cara yang curang untuk memenangkan Pemilu. Oleh karena otu kami di sini akan membantu anda untuk mengetahui berbagai strategi pemenangan pemilu yang fair dan juga efektif untuk anda. Berikut adalah strategi yang bisa anda aplikasikan :

1. Menyusun Visi Misi yang Sesuai

Strategi yang mestinya anda pikirkan ketika ingin mencalonkan diri sebagai pemimpin daerah adalah menentukan visi dan misi yang sesuai. Apa yang dimaksud dengan sesuai? Dalam hal ini sesuai berarti pas dengan keadaan sekitar target pemilih atau dimana lingkungan daerah tersebut sendiri. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak terjadinya benturan yang bisa menyebakan penyebab konflik horizontal dan penyebab konflik sosial yang bisa saja terjadi di masyarakat akibat dari perbedaan kepentingan. Apabila anda kebetulan mendaftar pada daerah maritim, alangkah baiknya anda membangun visi dan misi yang terkait dengan daerah tersebut, seperti memajukan perikanan daerah dengan membentuk dermaga atau pasar yang mempermudahkan laju ekonomi, dan sebagainya.

Anda harus bisa menyesuaikan visi dan misi, karena di Indonesia terdapat tipe tipe pemilihan umum. Utuk lebih mudahnya, anda paling tidak sudah mempelajari struktur daerah tersebut, dan berpikir di kepala anda apakah visi dan misi yang telah anda ciptakan sebelumnya sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan. Karena, bila dalam visi dan misi anda ada keanehan sedikit saja, maka hal tersebut bisa menjadi pertimbangan bagi masyarakat untuk memilih anda. Ada baiknya kita perlu mempersiapkan segalanya terlebih dahulu, mempersiapkan pondasi yang kokoh dulu untuk bisa menuju kepada strategi selanjutnya. Karena, apabila dari visi dan misi anda ada yang tidak sesuai, maka akan sulit bagi anda untuk menjalankan kebijakan-kebijakan lainnya yang terkait.

Sponsors Link

2. Pembentukan Tim Sukses

Langkah selanjutnya, yangmana juga terkandung dalam metode pemenangan pilkada yaitu membentuk sebuah tim sukses yang bisa mengantar anda menuju jalan kemenangan. Namun, anda bukan hanya memilih keanggotaan tim sukses kemudian langsung meninggalkan begitu saja, anda sebagai calon pemimpin harus bisa melatih kepemimpinan anda di dalam tim sukses anda sendiri. Ada beberapa hal yang perlu anda rundingkan bersama dengan tim sukses.

ads
Sebagai contoh, memilih media kampanya, program-program, memilih target, dan juga ikut serta dalam keorganisasian tim sukses. Tim sukses ini merupakan salah satu hal yang esensial dalam pemilu seperti ini, nantinya anda akan sangat terbantu dengan bantuan dari tim sukses yang berhasil anda bangun. Tentunya hal itu akan berhasil dicapai apabila ada kordinasi yang bersinergi antara calon dengan tim suksesnya. Dan hal itu bukanlah sulit untuk dilakukan, asalkan anda bisa berhati-hati terhadap siapa saja yang nantinya diperbolehkan masuk ke dalam tim sukses. Selain itu, dengan bantuan tim sukses anda juga bisa melebarkan sayap ke partai-partai politik yang ada, yang menurut anda paling sesuai dengan anda, agar bisa mencapai tujuan politik dengan benar dan pas.

3. Menyusun Berbagai Aksi Sosial

Sebelum memahami berbagai sistem yang ada dalam Pemilu seperti sistem pemilu distrik dan sistem pemilu proporsional, ada baiknya anda mengetahui strategi selanjutnya yang bisa membuat anda bisa lebih dekat dengan masyarakat, yakni membangun dan menyelenggarakanberbagai aksi sosial. Aksi sosial seperti memberi bantuan dan santunan dengan organisasi kesehatan, juga usaha untuk membantu membangun masjid juga merupakan aksi sosial positif yang bisa anda lakukan, asalkan anda melakukannya dengan ikhlas dan bukan untuk mencari muka belaka.

Selain itu, anda juga bisa melepas penat dan stress sejenak dengan menyelenggarakan kampanye berupa pangggung hiburan untuk bersenang-senang bersama dengan calon pemilih. Hal itu juga merupakan hal yang baik bila dilakukan, mengingat mayoritas masyaraka menyukai acara yang terkesan ramai dan menghibur. Namun anda perlu terlebih dahulu berkoordinasi dengan kades atau lurah setempat untuk menyelenggarakan acara tersebut. Tidak sopan bukan bila anda menyelenggarakan acara tanpa izin terlebih dahulu. Jangan sampai kejelekan image anda bisa mengundang konflik seperti yang telah terjadi di penyebab konflik Ambon dan penyebab konflik Maluku.

4. Bertatap muka langsung

Untuk mengurangi tingkat golput yang memiliki keuntungan dan kerugian golput, anda perlu bertemu secara langsung dengan calon pemilih anda melalui kegiatan kunjung desa atau biasa disebut dengan blusukan. Kegiatan hanyalah sebuah silaturahmi untuk melihat keadaan desa yang masih kurang infrastrukturnya, atau daerah yang biasanya memiliki banyak keluhan. Hal itu bisa anda manfatkan sebagai lahan untuk mencari ide sebagai langkah awal realisasi visi dan misi anda. Blusukan tersebut juga bisa menekan jumlah pemilih yang nantinya tergitu akan dampak positif golput setelah melihat wibawa anda sexara langsung di hadapan mereka. Anda tidak perlu memalsukan apapun, lakukanlah kunjungan pada desa atau daerah-daerah kumuh dengan hati yang ikhlasdan tulus, bukan karena hanya mencari sensasi saja.

5. Strategi Kampanye Melalui Media Komunikasi

Untuk menyebarluaskan kampanye anda dengan efektif, anda perlu memanfaatkanberbagai media yang saat ini sudah ada, seperti radio, media sosial, dan juga media cetak. Perlu dana yang besar untuk terjun kepada ketiga media tersebut, namun bisa anda pangkas bila anda hanya berfokus pada satu media saja. Penggunaan baliho sepertinya sudah tidak efektif lagi, karena banyak sekali diluar sana oknum-oknum yang sengaja merusaknya karena iseng atau tidak suka.

Oleh karena itu, anda perlu memanfaatkan ketiga media tadi secara maksimal untuk bisa menyalurkan pribadi anda kepada pembaca atau pendengar. Hal it nantinya akan sangat membantu untuk menyampaikan visi dan misi dengan mudah. Namun perlu anda ingat, pesan yang akan disebarkan nanti tidak memuat hal yang sensitif seperti agama. Karena penyebab konflik antar agama akan menimbulkan dampak konflik agama yang sangat buruk.

Sponsors Link

Itulah tadi kelima strategi untuk memenangkan Pemilu, semoga anda calon pemimpin nanti bisa berhasil untuk mengaplikasikannya dan bisa menjadi seorang peimpin yang selalu peduli dengan keadaan sekitarnya.

, ,
Post Date: Monday 22nd, January 2018 / 10:54 Oleh :
Kategori : Politik