Sponsors Link

Sebab Umum dan Khusus Perang Dunia 1 Berdasarkan Fakta Sejarah

Sponsors Link

Perang dunia 1 (PD1) merupakan sebuah konflik global yang berpusat di eropa yang terjadi dari 28 Juli 1914 sampai dengan 11 November 1918. Perang ini merupakan perang yang meletus dan melibatkan semua kekuatan besar di dunia sebagaimana juga sebab khusus perang dunia 2 di eropa  . Perang ini melibatkan dua aliansi yang bertentangan yakni blok sekutu (berdasarkan entente tiga yang terdiri dari Britania Raya, Prancis dan Rusia) serta blok sentral (terpusat pada aliansi tiga terdiri dari Jerman, Austria-Hongaria dan Italia). Saat Austria-Hongaria melakukan serangan, persekutuan ini bersifat defensif dan Itali tidak ikut berperang. Sehingga pada akhirnya aliansi ini melakukan reorganisasi sehingga kemudian menyebabkan Italia bergabung dengan blok sekutu.

ads

Perang Dunia 1 merupakan salah satu tragedi kemanusiaan yang memakan banyak korban jiwa. Lebih dari 70 juta tentara militer teemasuk saat itu 60 juta orang eropa, dimobilisasi dalam perang terbesar sepanjang sejarah. Hampir lebih dari 9 juta prajurit gugur akibat dari penggunaan senjata dengan dampak mematikan tanpa memperhatikan perlindungan dan monilitas bagi mereka yang berada di zona perang. Sebagai konflik keenam paling mematikan di dunia, Perang Dunia 1 tentu membawa berbagai perubahan politik dan revolusi bagi negara negara yang terlibat. Simak juga bentuk pelaksanaan perang dingin .

Sebagai sebuah konflik global, tentu pastilah terdapat penyebab mengapa perang ini bisa meletus. Berdasarkan sejarah, perang dunia 1 didasari oleh penyebab secara umum dan khusus . Berikut akan dijelaskan secara singkat mengenai sebab umum dan khusus perang dunia 1 berdasarkan fakta sejarah. Simak selengkapnya uraian singkat sebagai berikut.

Sebab Umum

Seperti sebuah pepatah lama “Tak ada asap tanpa ada api, tak ada akibat tanpa ada sebab”, begitupula dengan perang dunia 1 ini. Terdapat sebab umum yang mendasari mengapa perang dunia 1 dapat meletus. Sebab-sebab tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Pertentangan Antara Negara Eropa dalam Memperebutkan Daerah Jajahan

Sebagian besar negara-negara eropa berusaha menyebarluaskan Imperialisme. Ini merupakan  sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang dengan cara menaklukan atau menempati wilayah tersebut. Imperealisme inilah yang kemudian membuat negara-negara eropa bersaing untuk mendapatkan daerah jajahan. Dengan memiliki daerah jajahan maka, negara teraebut dapat dengan leluasa memanfaat segala bentuk sumber daya yang ada dinegara jajahan mereka tersebut.

Dalam hal ini, negara eropa akan berusaha menguasai negara jajahan yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah. Seperti salah satunya ialah Indonesia. Namun, kemudian kondisi ini memicu timbulnya persaingan antar negara dalam memperebutkan wilayah yang memiliki sumber daya alam berlimpah. Terdapat banyak keuntungan yang akan diperoleh dengan menguasai wilayah tersebut maka tentunya memunculkan keinginan negara lain juga untuk bisa menguasai wilayah tersebut. Persaingan ini tentunya dapat menimbulkan gesekan dan konflik. Serta juga merupakan salah satu penyeban yang membuat perang dunia 1 meletus. Simak juga latar belakang terjadinya perang bosnia .  

Sponsors Link

2. Adanya Perlombaan Persenjataan 

Kemajuan teknologi terutama di bidang persenjataan membuat banyak negara-negara terutama eropa berlomba-lomba dalam memproduksi dan membuat sistem persenjataan canggih. Tidak hanya canggih namun juga mampu dapat membawa dampak mematikan massal. Kondisi ini lah yang kemudian membuat negara tersebut berusaha menciptakan senjata yang super canggih agar tentunya memberikan efek berupa di takuti oleh negara yang lain. Sehingga tentunya persaingan ini terjadi terutama kepada negara-negara maju seperti Jerman, Rusia, Amerika Serikat, Inggris dan masih banyak lagi negara di daratan eropa. Simak juga dampak perang vietnam bagi vietnam .

Perlombaan ini juga menjadi pembuktian bagi negara untuk mendapat pengakuan dunia sebagai negara dengan sistem persenjataan yang terkuat dan tercanggih. Tentu saja tidak dapat di pungkiri bahwa, claim ini akanbisa memicu timbulnya konflik. Sehingga negara yang merasa memiliki sistem persenjataan cangih bisa sangat mudah terprovokasi dan menyatakan saling perang. Dengan dukungan persenjataan tersebut mereka yakin, dapat meraih kemenangan dengan mudah jika nanti perang terjadi. Tentunya hal inilah yang membuat mengapa perang dunia 1 menjadi sebuah tragedi paling mematikan saat itu.

3. Timbulnya Politik Aliansi (Politik Berkawan )

Dalam hal ini, setiap negara akan mencoba mencari perlindungan dan menjalin kerjasama dengan nota bene negara yang lebih kuat. Sehingga hal ini kemudian menumbulkan adanya kelompok-kelompok negara yang berbeda-beda dalam hal menghadapi kepentingan sima juga dampak konflik yugoslavia . Politik aliansi ini kemudian juga bisa menjadi penyebab umum dari terjadinya perang dunia 1. Negara yang berkonflik dengan negara yang berada dalam aliansi otomatis juga akan berkonflik dengan anggota dari aliansi tersebut. Sehingga dalam hal ini, konflik antar negara akan merembet kepada konflik beberapa negara sekaligus. Tentunya hal inilah yang jemudoan menyebabkan banyanya negara yang terkibat dalam perang dunia 1.

Sponsors Link

4. Terbentuknya Aliansi tiga dan Entente Tiga

Upaya keras negara eropa untuk mempertahankan keseimbangan kemuatan di seluruh eropa memunculkan adanya politik aliansi dan militer yang kompleks di benua ini. Dimulai ketika tahun 1815 membentuk aliansi suci antara Prusia, Rusia dan Austria. Kemudian pada pada tahun 1873 kanselir Jerman memprakarsia terbentuknya Liga Tiga Kaisar, dimana anggotanya ialah Jerman, Austria-Hongaria dan Rusia. Namun aliansi ini gagal karena Austria-Hongaria dan Rusia tidak sepakat mengenai kebijakan Balkan. Sehingga pada tahun 1879 terbentuklah Aliansi Dua yang terdiri dari Jerman dan Austria-Hongaria. Pada tahun 1882 akiansi ini meluas hingga italian dan menciptakan Aliansi Tiga. Simak juga akibat perang dunia 2 .

Untuk melawan kekuatan aliansi tiga pada tahun 1892 Prancis dan Rusia menandatangani Aliansi Prancis-Rusia. Selanjutnya pada tahun 1904 Britania Raya menandatangani perjanjian dengan Prancis yang dikenal dengan Entente Cordiale. Kemudian pada tahun 1907 Britania Raya dan Rusia menandatangani perjanjian Konvensi Inggris Rusia. Meskipun dalam perjanjian tersebut tidak dinyatakan bahwa Rusia-Pramcis dan Britania raya dalam satu aliansi. Namun, penjanjian ini memungkinkan Britania Raya masuk kedalam konflik yang kelak melibatkan Rusia dan Prancis . Belakangan sistem penguncian perjanjian D3 ini dikenal sebagai Entente Tiga.

Sebab Khusus

Selain penyebab diatas, terdapat sebab khusus yang menyebabkan perang dunia 1 meletus sebagaimana latar belakang konflik israel palestina , penyebab itu akan di jelaskan secara singkat di bawah ini :

Terbunuhnya Kaisar Austria Franz Ferdinand 

Penyebab khusu meletusnya perang dunia 1 ialah terbunuhnya  Franz Ferdinand von Habsburg ialah archduke dari Kerajaan Austria-Hongaria dan pewaris sekaligus putra mahkota dari kerajaan Austria-Hongaria.  Ia dibunuh pada 1914 di Sarajevo Gavrilo Princip yang merupakan anggota tanggal hitam kelompok nasionalis Serbia   . Karena hal tersebut kemudian orang Austria menyatakan perang terhadap Serbia.

Itulah tadi sebab umun dan khusus perang dunia 1 berdasarkan fakta sejarah. Tentu saja hal ini, akan semakin menambah pengetahuan kita mengenai sejarah kelam dunia. Sehingga tentunya sebagai generasi abad-21 kita dapat lebih bijaksana dalam menyikapi perbedaan dan persaingan. Serta menjaga upaya perdamaian antar seluruh bangsa di dunia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Saturday 24th, February 2018 / 05:01 Oleh :
Kategori : Internasional